Oleh: sbaskoro | Januari 13, 2008

PSP vs DS

Akhir tahun ini saya janji untuk dipakai membelikan mainan baru untuk anak-anak. Mereka telah punya Game Boy Advance (GBA) sebelumnya, tapi game ini terasa membosankan .. lho kok saya yang complain :-).

Sewaktu di KL, kami jalan-jalan ke Bukit Bintang (BB) Plaza. Ada beberapa counter yang jualan game portable ini. Setelah saya tanya, apa yang mereka rekomendasikan antara PSP atau DS. Kebanyakan menyarankan PSP.

Kemudian sebelum memutuskan untuk membeli, saya buat tabel apa yang dapat dipakai sebagai parameter pemilihan. Di bawah ini parameter yang saya pakai:

1. Grafik : PSP lebih kelihatan detail dan lebih menarik

2. Kompatibilitas : DS hanya dapat memakai cartridge keluaran Nintendo (bisa dipakai untuk main game GBA, ada slot untuk cartridge GBA), sedangkan PSP bisa pakai Universal Media Disk (UMD) atau Memory Stick Duo (untuk ISO format). Dari sini saya sudah mulai condong ke PSP, karena kita bisa simpan game, lagu, film dan photo dalam Memory Stick Duo. Ini tergantung kapasitas memory stick duo dan besarnya file game, sisanya bisa dipakai untuk simpan lagu atau film.

3. Wireless : Wireless DS hanya dapat untuk game sharing (peer to peer, ad hoc mode wireless), sedangkan untuk PSP bisa untuk game sharing dan browsing internet. Lagi-lagi PSP lebih unggul di sini.

4. Jenis game : PSP lebih banyak pilihan game-nya, dan lebih menarik. Itu menurut saya .. lho lagi-lagi saya intervensi

5. Peripheral : PSP bisa dihubungkan ke monitor, dengan koneksi banyak pilihan pakai Composite AV cable, Component AV cable atau S-Video. Pernah lihat brosur yang bilang ada HDMI connection juga, tapi apakah perlu?

6. Battery : Banyak yang bilang DS battery-nya lebih lama, karena pakai cartridge. Untuk PSP pakai UMD battery-nya agak boros, tapi kalau pakai Memory Stick Duo akan relarif sama. PSP juga mengeluarkan battery yang bisa lebih lama 20% (standard 1800 mAh vs 2200 mAh).

Kelebihan dari DS adalah touchscreen di salah satu screen-nya. Akhirnya pilihan jatuh ke PSP, saya sudah coba wireless website browsing (di rumah pakai LinkSys router, dengan security WPA-PSK set-up). Dan juga game sharing no problem, dicoba dengan game Tekken.

Nah nanti kalau mau browsing di hotspot tinggal pinjam PSP anak-anak … :-). Kelemahan PSP adalah device input (keyboard) tidak terlalu nyaman.

Responses

  1. gimn cara menkoneksikan internet ke psp ?
    terimakasih

  2. @docrin,
    koneksi PSP ke internet bisa dilakukan melalui WiFi atau wireless network. Dan WiFi di PSP perlu diaktifkan. Pastikan setting untuk akses ke wireless router sesuai dengan security setting di router.
    Misalnya kalau wireless security diset pakai WPA-Personal (PSK), maka di PSP juga pakai setting yang sama. Yang saya alami koneksi kadang nggak stabil pada saat awalnya, jadi kadang-kadang perlu diulang-ulang untuk bisa connect ke wireless.

  3. maap saya kutang mengerti ttg hal-hal yg berhubungn dgn “koneksi”. jd pertanyaan saya simpel saja, ” kalo pengen browsing lewat hotspot melalui PSP apakah harus bli alat” koneksi pendukung yg lain lg atau cm berbekal PSP saja, tingal setting aja gtu”?
    makasi

  4. @gus,
    nggak perlu beli alat tambahan.
    Simple aja, hidupkan WiFi di PSP. Kemudian pastikan apakah hotspot itu free atau harus memasukkan userid dan password.
    Kemudian tinggal pastikan bahwa network setting nya (di bwah group Network) sudah sesuai dengan yang ada di hotspot tsb.

  5. minta tolong klu ada yg tau perbandingan grafis ps2 pake kabel av sama kabel component.trimz

  6. bos mau tanya di tempet guwa kan wireleesnya pake password.

    klo pake laptop ntar di mintain autentifikasi sehingga guwa masukan kode karyawan ama password guwa sehingga isa jalan.

    tapi klo pake psp gak dimintain autentifikasi jadi ndak isa jalan

    jadi masukin username ama passwordnya dimananya yah bos

    secara pengisin WPA Key ama Proxy guwa dah bener

    tapi masukin password ama username buat jalanin internetnya dimana yah bos.

    thx.

    tolong di email ke nana555_shop@yahoo.com

  7. Mas, kalau internetan pakai psp bisa nge-download file-file lain, seperti aplikasi hp/pc nggak, atau bisanya cuman buat browsing aja ??? Tlng mohon dibalez ke: juventini_klub@yahoo.co.id

  8. Anan,
    saya perlu pinjam PSP anak saya dulu. Sekarang mereka liburan, nanti kalau udah kembali saya akan coba dulu.

  9. pak.psp yang bisa internet jenis yang mana??

    THX

    • deyerick,
      silakan lihat di posting saya terakhir “Browsing Internet di PSP”.

  10. Mas..gimana cara setting di psp

  11. Settingan internet di psp..gimana cara nya?

  12. maz gmna cara brows intrnt lwt psp. q lom dong2 jew.ples djwb zaaaaaa

  13. trus klo gak tau passwordnya gmn mas? padahal wirelessnya kenceng..

  14. cara melihat batre psp yg asli gmn mas?

  15. Mas psp yg pling2 bgus buat internetan itu modelnya apa ya?
    tlong blsnya kemail saya aja ( neriads12is2@yahoo.com )
    trims.

  16. sisi

  17. mas saya coba wifi-an dengan PSP saya di kampus, tapi malah timbul error 80410D04, itu kenapa ya mas??

  18. bisa minta tolong step by step setting untuk internet di psp 2001?
    saya sudah berhasil untuk buat koneksi na, tapi internet browser na blm bisa dgunakan… thx

  19. mas bagaimana cara hidupkan/ memancing game nya kembali ketika ngebleng……ps porteble


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

