Oleh: sbaskoro | Februari 10, 2008

Pengalaman bekerja di Nigeria (1)

Nigeria bagi saya sudah tidak asing lagi. Pertama kali menginjakkan kaki di negara ini pada saat penugasan sebagai wireline field engineer Schlumberger Wireline pada tahun 1992-1995 dan pada saat itu saya masih bujangan. Penugasan untuk kedua kalinya adalah pada tahun 2004-2006, kali ini sebagai manager untuk data processing dan interpretasi Schlumberger DCS dan saya sudah berkeluarga dengan tiga anak. 

Negara yang terletak di sebelah Barat benua Afrika ini adalah bekas kolonial Inggris, merdeka pada tanggal 1 Oktober 1960. Pernah terjadi perang saudara dengan tujuan mendirikan negara baru yang disebut Republik Biafra. Perang ini berlangsung selama tiga puluh bulan antara 1967-1970, dan berpusat di daerah kaya minyak di selatan Nigeria. 

Nigeria adalah sebuah Negara federal dengan ibu kota pertama di Lagos dan memiliki 36 negara bagian. Ibu kota Nigeria dipindahkan ke Abuja pada tanggal 12 Desember 1991. Alasan pemindahan ibu kota karena Lagos sudah terlalu  padat dan sangat semrawut. 

Populasi di Nigeria saat ini sekitar 140 juta penduduk. Sebagian besar terkonsentrasi di bagian selatan, mulai dari Lagos hingga Port Harcourt. Ini berhubungan dengan banyaknya industri migas di sekitar Níger Delta. Selain minyak, negara ini sebenarnya cukup kaya dengan hasil perkebunannya seperti kelapa sawit dan karet. Namun industri migas mendapat perhatian jauh lebih besar daripada agroindustri. 

Produksi minyak di Nigeria pada saat ini sekitar 2,2 juta bopd. Nigeria mempunyai objektif untuk memiliki produksi 4 juta bopd pada tahun 2010 dan meningkatkan cadangan minyaknya menjadi 40 miliyar barrel. Semua itu ditunjang oleh kegiatan deep offshore yang dimulai dari sekitar awal tahun 1994.

Saya pertama kali datang ke Nigeria pada bulan September 1992, dan ditempatkan di Port Harcourt. Pada saat itu Schlumberger memiliki base lain di Warri. Tahun pertama saya banyak melakukan pekerjaan untuk Mobil (MPN), dengan lapangan minyak di lepas pantai Eket (dekat Qua Iboe Terminal) yang merupakan negara bagian Akwa Ibom. 

Bekerja dengan orang Nigeria tidaklah mudah. Pada umunya mereka keras kepala dan pandai berdebat. Saya melihat karena mereka merasa bisa brevaza Inggris dan ditambah dengan rasa percata diri yang berlebihan sehingga lebih mengarah ke stubborn. Yang paling efektif untuk membuat mereka bekerja adalah dengan melakukan pekerjaan bersama. Dengan demikian mereka merasa merupakan bagian dari team dan sekaligus secara tidak sadar sebenarnya mereka kita supervise. Apabila kita hanya main perintah, mereka akan melakukan pekerjaan tapi kualitasnya dipertanyakan.  

Pada waktu di lapangan, saya memiliki 3 orang crew. Satu sebagai crew chief dan yang dua adalah operador. Suatu saat terjadi perkelahian antara dua operador di atas rig floor. Ini kejadian yang sangat memalukan. Sekembalinya dari pekerjaan, kedua operator ini diberi peringatan keras dan dipisahkan.  

Mereka berasal dari dua suku yang berbeda, dan perbedaan suku masih sangat mudah menyebabkan konflik di Nigeria pada waktu itu. Di Nigeria ada beberapa suku yang dominan seperti Hausa-Fulani (muslim), Igbo (kristiani) dan Yoruba (campuran muslim dan kristiani). Pernah nonton film “Tears of the Sun” yang dibintangi oleh Bruce Willis dan Monica Belucci? Setting dari fim ini adalah perang saudara antara Igbo dan Fulani. Misi Lt. Waters (Bruce Willis) adalah menyelamatkan orang-orang Igbo dari kejaran tentara Fulani, menuju ke perbatasan dengan Kamerun. 

Orang Nigeria tidak memiliki bahasa pemersatu (lingua franca) seperti Bahasa Indonesia di Indonesia. Tetapi mereka memiliki bahasa pemersatu sehari-hari tidak resmi yaitu pidgin English. Dan bahasa resmi mereka adalah Bahasa Inggris. 

Tahun berikutnya saya ditugaskan untuk AGIP (NAOC) di daerah rawa-rawa. Apabila waktu di Mobil sering menggunakan helikopter, di AGIP kita sering menggunakan speed boat. Pekerjaan di Mobil banyak dilakukan di atas jack-up rig, dan di AGIP di atas swamp barge. 

Kebetulan swamp barge yang menjadi tempat kerja saya berasal dari Indonesia, dengan nama Bintang Kalimantan. Banyak tulisan yang ada dalam barge memakai Bahasa Indoneisa dan Bahasa Inggris. Barge ini dioperasikan oleh perusahaan drilling Forasol. 

Pada tahun 1995 saya dipindah-tugaskan ke Shell (SPDC). Kali ini lebih banyak di darat, dan cukup menarik karena bisa main ke desa terdekat. Namun suatu saat penduduk sekitar protes, dan camp site di blok selama satu hari. Kami terjebak di dalam, dan syukurlah akhirnya SPDC turun tangan untuk menyelesaikan masalah. 

Pada tahun 1992-1995 saya tidak banyak ketemu orang Indonesia. Namun di Schlumberger sendiri ada 4 orang Indonesia termasuk saya pada waktu itu. Saya memiliki teman orang Indonesia yang bekerja sebagai mekanik di perusahaan Aero Contractor. 

Tahun 2002 bulan April saya kembali ke Nigeria di kota yang sama. Pada waktu itu saya dipindah-tugaskan dari Azerbaijan. Kali ini saya datang bersama keluarga.

Responses

  1. Pak,
    Salam kenal, boleh minta informasinya mengenai lowongan kerja dan referensinya sebagai electrical engineer di Nigeria.

    Terimakasih

    Catur Janhari

  2. Catur,
    saya sudah tidak di Nigeria lagi. Kalaupun saya di sana, saya hanya bisa membantu utk memberi informasi lowongan pekerjaan dengan searching lewat website. Coba check di sini:

    http://www.oilcareers.com/regions/736/NIGERIA_electrical.asp

    • Salam kenal Pak, masih aktifkah di blog ini?
      Saya ada tawaran kerja di nigeria untuk jadi Country sales manager FMCG. Kira2 berapa rate gaji di sana untuk posisi itu saat ini (2012)?berapa biaya hidup di nigeria untuk single dan family 1 anak?adakah sekolah yang bagus di nigeria?
      Terima kasih untuk tanggapannya

  3. Salam Kenal pak.

    Saya Arief dari Malang.
    malang kan terkenal akan buah apel dan tempe malangnya.

    giman cara nembus pasar export ya pak?

    Karena produk dan rasanya mudah di terima dan manfaat.

    Bapak mau Coba?

  4. Salam kenal Pak,
    Kami mendapat tawaran utk bekerja di Nigeria. Bagaimana keadaan Nigeria, khususnya Lagos? Amankah utk ditinggali?

    Terima kasih.

  5. ratihIF92,
    salam kenal juga.
    Lagos menurut saya relatif aman, namun tentunya kita harus selalu waspada. Sebaiknya cari tempat tinggal di daerah Victoria Island.

  6. Pak ijin bertanya
    Kl kondisi kota Portakot itu gimana ya pak ?
    apakah relatif aman spt jakarta atau gimana ?

  7. Trima kasih utk jawabannya Pak. Kalo boleh bertanya lebih lanjut, penerbangan apa yg menghubungkan jakarta-lagos?
    Trims

  8. ratihIF92,
    saya dulu pernah coba berbagai penerbangan. Mulai dari yang lewat Eropa, South Africa dan Dubai. Menurut saya yang paling praktis dan nyaman adalah pakai Emirates lewat Dubai.

  9. saya mendapat panggilan kerja d lagos, victoria island nigeria

    yg mau saya tanyakan, apakah tempat tersebut aman

  10. Salam kenal Pak,

    Saya mendapat tawaran utk bekerja di Nigeria.
    melalui jasa PT Tri_link Indonesia utk posisi sebagai Piping Supervisor.Rencananya tanggal 13 bulan ini interviewnya. Saya tidak pernah bekerja di LN sebelumnya, tapi saya coba iseng2 utk melamar ini, eh malah dipanggil utk interview. Cuma yang menjadi kendala sekarng, saya punya anak 3 yang masih kecil2 di Batam, apakah bagus buat kelurga saya, atau saya pergi sendiri aja, namun mengingat berita2 miring, apa saya harus mengurungkan niat saya, apalagi ini baru pertama tawaran kerja di LN buat saya, apa harus disia2kan? Mohon pencerahannya Pak
    Bagaimana keadaan Nigeria sebenarnya sekarang, amankah utk ditinggali?saya juga tidak tahu mau ditempati dimana, karena belum interview!

    Terima kasih.

  11. Pak, saya lulusan elektro kontrol, sangat ingin bergabung dengan dunia wireline, slickline…sekarang saya sudah 27 tahun, bekerja di government sungguh menjemukan saya, kira2 saya bisa ndak memulai karir baru untuk wireline engineer? kebetulan sekarang apply ke sana

  12. halo pak, salam kenal.
    saya lg kerja di qatar. udah agak bosan di mideast, trus dapat tawaran di saipem nigeria, di port hartcourt…. mohon info terakhir mengenai keamanan di sana, khususnya dari pak shyguy yg juga di portharcourt. trimakasih

  13. hallo pa, salam kenal
    saya tertarik dengan cerita bapak ttg pengalam kerja bapak di Nigeria, kebetulan saya sekarang ini sedang proses penerimaan kerja di Technip Offshore Nigeria Ltd.
    apakah bapak tau lokasi dan nama perusahaan tersebut?
    bagaiman menurut pandangan bapak ttg penwaran ini, karena saya sebelumnya blm ada pengalaman kerja di LN. terimaksih pak sebelumnya

    • Golda,
      Hati-hati dengan penawaran kerja oleh perusahaan international yg tidak memiliki perwakilan di Indonesia atau tidak memakai perusahaan head hunter ternama. Lebih-lebih apabila penawarannya hanya lewat e-mail dan berasl dari Nigeria. Technip adalah perusahaan besar, tapi Technip Offshore Nigeria LTD terus terang saya belum pernah dengar.
      Lebih baik berhati-hati daripada nanti kecewa karena tertipu. Sayang saya nggak bisa bantu banyak, sekarang saya ada di Perancis.
      Coba check di search pakai Google nama perusahaan ini, dari apa yang saya baca kok kurang meyakinkan.
      Salam.

      • Ass Wr Wb,
        Salam kenal Pak Baskoro, nama saya Mursid Kuswardhono dari Teknik Perminyakan UPN “Veteran” Yogyakarta. Saya saat ini sedang bekerja di Petrocina untuk Company man. Saya lewat Oil Carrier melamar di StatOil Nigeria dan di panggil lewat email dan dinyatakan di terima. Saya sdh tanda-tangani suratnya a/n Philip Parmar Head Of HR StatOil Nigeria. Hanya saya ragu2 apakah hal itu betul atau tidak? Tapi saat ini saya masih di Papua dan akan day off pada awal oktober, jadi saya belum sempat memberikan copy pasport ke Lawyer mereka yg katanya akan mengurus keperluan saya termasuk STR visa. Bagaimana hal ini menurut Mas Baskoro. Mohon kalau tidak keberatan ke alamat email saya saja di: koeswardono@yahoo.co.id. Mohon nasehatnya dan terima kasih

  14. Salam perkenalan
    Pak saya mechanic apakah bapak tahu agen yang di Indonesia yang merekrut untuk bekerja di Intels Nigeria LTD.

    Terima kasih.

    Salam

  15. Salam kenal, suami saya sedang bekerja ∂ï daerah Lagos Nigeria untuk beberapa tahun. Saya baru memiliki satu orang putera. Pertanyaan saya,apakah aman jika saya dan anak tinggal bersama dengan suami ∂ï Lagos Nigeria?apakah daerah tersebut cukup aman untuk kami melakukan rutinitas spt membeli kebutuhan untuk sehari hari atau κε rumah sakit?mohon jawabannya trimakasih

    • Bu Nina, kalau boleh tahu suami Ibu bekerja di Lagos di daerah mana?
      Untuk disekitar Victoria Island relatif aman, utk berita ttg Nigeria bisa dilihat di
      http://www.oyibosonline.com/. Salam …

  16. Pak, saya saat ini masih mahasiswa, sy mau tanya bagaimana bekerja di bagian dcs?? dari segi salary dibandingkan wireline jauh??
    Trima kasih

  17. salam kenal pak .kemarin saya pernah ada panggilan di saipem nigeria tapi hanya penipuan klo boleh bisa bagi info lowongan safety disana pak saya sangat tertarik sekali pengalaman saya di safety oil and gas Pt Nippon steel batam..terimakasih tolong di respon

  18. Bapak, saya ada panggilan kerja dari Chevron-Nigeria. Bagaimana saya bisa mengecek kevalidan panggilan tersebut? Mohon arahan. Terimakasih.. rezapradityayudha@hotmail.com

    • Reza,
      Coba lihat reply saya utk sdr Surya.
      Apakah prosesnya jelas dan tidak kelihatan terlalu mudah.
      Kalau mereka sudah mulai minta uang di awal, ini yang akan memicu kecurigaan.

      Salam,

  19. saya dapat tawaran kerja di STATOIL, LAGOS. Dengan nama nama head hunter FIDELITY RECRUITMENT LIMITED
    269 Green Lanes, Palmers Green
    London, N13 4XE, United Kingdom
    Email: job@fidelityrecruitmentsuk.com
    Tel: +447045712662
    Fax: +447092982164
    apakah ini headhunter bonafid atau tidak?


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

