Oleh: sbaskoro | Oktober 30, 2007

Rumah yang aman

Dari banner di blog ini saya sebutkan rumah yang aman, nyaman dan membahagiakan. Kata aman ini tidak hanya berhubungan dengan tidak akan pencuri yang masuk, tetapi aman juga bagi penghuninya. Masih ingat tentang peristiwa terbakarnya seluruh anggota keluarga karena terjebak dalam rumah? Pintu untuk keluar terbakar api, dan jendela ditutup oleh teralis besi. Pelajaran apa yang bisa kita dapat dari sana?

Pada beberapa kesempatan untuk mempresentasikan tentang QHSE (Quality, Health, Safety, Environment) di kantor, saya selalu menekankan bahwa kesadaran kita tentang QHSE harus dibawa pulang. Keluarga sangat membutuhkan perlindungan dari kepala keluarga yang memiliki kesadaran tentang QHSE. Kecelakan di rumah tangga sebenarnya cukup sering terjadi, hanya karena tidak ada pendataan maka hal ini terabaikan.

Kembali pada peristiwa tragis di atas, kita bisa mencoba mencari tahu mengapa kebakaran tersebut terjadi. Dan juga mengapa ketika terjadi kebakaran, tidak ada anggota keluarga yang sempat bereaksi dengan cepat. Dengan selalu bertanya mengapa (keep asking why) kita akan lebih banyak belajar dari peristiwa.

Penyebab kebakaran bisa berasal dari kompor yang meledak, hubungan singkat kabel listrik, kabel listrik yang memanas karena beban yang terlalu besar, atau dari lampu penerangan yang memakai minyak tanah (teplok, sentir, petromaks) serta bisa juga karena lilin dan obat nyamuk bakar. Adakah sistem peringatan dini terpasang seperti smoke detector. Apabila masih sempat untuk memadamkan kobaran api, tersediakah pemadam kebakakaran atau peralatan lain yang bisa dipakai untuk memadamkan listrik ditempat yang strategis. Dan jika harus menyelamatkan diri, adakah pintu atau jendela darurat yang bisa dilalui? Apakah setiap anggota keluarga mengetahui cara menyelamatkan diri yang benar?

Banyak hal yang bisa kita persiapkan untuk melindungi keluarga kita dan membuat rumah kita bisa lebih aman. Saya memprihatinkan sering terjadinya kebakaran didaerah yang padat penduduknya. Sadarkah mereka akan potensi bahaya ini? Untuk berikutnya kita bisa diskusi lebih jauh tentang pesiapan apa aja yang perlu dilakukan untuk mencegah kecelakaan di rumah dan menghadapi kondisi darurat. Salam ….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: