Oleh: sbaskoro | November 3, 2007

Nothing to lose ….

Ingat film Dances with Wolves yang dibintangi oleh Kevin Costner? Film ini berlatar-belakang saat perang saudara di Amerika, dan dengan lakonnya seorang letnan bernama John Dunbar.  Dia mengalami luka di kaki yang menurut dokter harus diamputasi. Mendengar hal ini, dia nekat mau bunuh diri dan menunggang kuda di daerah pertempuran. Tindakannya ini justeru memberi semangat teman-temannya untuk menggempur musuh, yang akhirnya membawa kemenangan dipihaknya. Kenekatan, nothing to lose, mengantarkan John dunbar menjadi seorang pahlawan.

Ada contoh lain dari suatu ‘kenekatan’. Ketika salah satu partai besar berkuasa di republik ini, ada banyak orang yang dulu kerjanya nggak jelas kemudian jadi anggota DPRD bahkan ada yang sempat menjadi ketua DPRD. Mereka tak ada beban moral dan tak tahu malu, yang penting bisa mencapai dan menikmati hidup yang lebih baik.

Dulu para pahlawan kita berkorban tanpa pamrih, demi kemerdekaan bangsa ini. Sikap tanpa pamrih inipun suatu kenekatan dalam bentuk lain. Dengan niatan baik dan tujuan yang mulia, dan kesadaran bahwa dia tidak akan mendapatkan imbalan yang seimbang; ini yang membedakan antara mereka para pahlawan dan contoh di atasnya.

Nothing to lose, itulah sikap tanpa beban dan tanpa pamrih .. namun dengan tujuan dan niatan yang baik itu yang membedakan antara para patriot bangsa dan para pengkhianat bangsa.

Hmmm, bener nggak ya pendapat ini?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: