Oleh: sbaskoro | November 6, 2007

Lagi-lagi kebakaran

Berita kebakaran kembali mengisi media massa. Kali ini terjadi di Kompleks TNI AD Matraman, tepatnya di Kesatrian VIII. Empat rumah terbakar dan diperkirakan kerugian mencapai Rp 400 juta. Menurut berita penyebab kebakaran dikarenakan hubungan pendek listrik (korsleting).

Pada tanggal 1 November yang lalu terjadi kebakaran di Wijaya Kusuma (Grogol – Petamburan, 6 rumah, penyebab tidak diketahui, tapi dari diperkirakan karena banyak barang yang mudah terbakar seperti kardus menumpuk) dan Semeru Raya (Grogol -Petamburan, 3 rumah, karena hubungan pendek listrik).

Dari data yang ada di Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, sampai saat ini telah terjadi 746 kali kebakaran dengan total kerugian sebesar Rp 145.424.510.000. Apa yang bisa kita perbuat untuk menghindari bencana kebakaran ini?

Silakan lihat di posting saya yang lalu “Pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran, serta penyelamatan diri”. Dari 3 kejadian di atas, dua diantaranya karena listrik. Maka saya akan tekan kan sekali lagi tentang bahaya lsitrik.  Ketahuilah daya yang terpasang untuk rumah anda, setelah itu bagilah dalam beberapa cabang. Misalnya di rumah anda ada 2200Watt daya terpasang, maka ada circuit breaker 10 Amp terpasang. Bagilah menurut kebutuhan masing-masing. Biasanya untuk dapur dan ruang servis membutuhkan listrik terbesar karena ada lemari es, mesin cuci, setrika dll. Pembagian arus ini juga membantu untuk mencari jaringan listrik yang bermasalah jika ada kabel atau peralatan yang rusak.

Untuk rumah lama, pastikan untuk di cek ulang instalasi listrik yang ada. Apalagi apabila rumah ini masih memakai instalasi untuk jaringan 110V.  Dan gantilah kabel yang terkelupas dengan yang baru.

Pencegahan lebih baik …..

Baca posting lainnya yang berkaitanan:

1. Pengalaman kebakaran

2. Api,api, api …

3. Masya Allah kebakaran lagi di  Jakarta

4. Kebakaran lagi

5. Pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan diri

6. Kebakaran di Polonia : Kebodohan dan Kelalaian


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: