Oleh: sbaskoro | November 8, 2007

Tinggal di Almaty

Almaty atau dulu dikenal dengan nama Alma Ata, pernah sebagai ibu kota Republik Kazakhstan sebelum dipindah ke Astana. Kota ini dekat dengan Pegunungan Tien Shan (dengan puncaknya sekitar 7000 m) yang diyakini oleh orang China sebagai Pegunungan Kahyangan tempat semayamnya para dewa. Beberapa puncaknya selalu diselimuti oleh salju abadi.

Pemandangan dari kantor menghadap ke penggunungan ini. Benar-benar pemandangan yang sangat indah. Kantor saya di Almaty merupakan tempat yang paling bagus dibanding dengan kantor saya dulu di Baku dan Nigeria. Almaty sedang melakukan pembangunan besar-besaran. Mereka sedang sibuk mempersiapkan Olimpiade Winter Asia 2011. Ski resort di Chimbulak dan Tabagan, juga ice skating ring di Medeu sedang dperbaiki.

Biaya hidup di sini bisa dikatakan sangat mahal. Kami tinggal di apartemen 3 kamar yang sewanya adalah $4,000 per bulan (untung nggak bayar sendiri). Biaya hidup dua kali dibanding Jakarta. Yang benar-benar kami nikmati adalah pemandangan yang indah di Almaty, baik pada saat ada salju dan pada saat musim semi.

Transportasi bisa dikatakan cukup bagus. Mereka memiliki bus umum dan trem hampir ke berbagai jurusan dengan tarif sekali naik 40 tenge (sekitar Rp 3000), subway sedang dibangun tapi belum juga selesai. Tapi berhati-hatilah kalau mau nyetir mobil sendiri. Kebanyakan orang kaya baru yang kalau nyopir seenak perutnya, kecelakaan sering terjadi. Banyak mobil mewah berseliweran, mulai dari Bentley, Porche, Rolls Royce dll. Minyak dan property merupakan pusat perputaran uang terbesar. Dengan penduduk yang hanya sekitar 17 juta jiwa dan memiliki produksi minyak kurang lebih 1,3 juta barel per hari, merupakan negara yang cukup makmur. Ditambah dengan tambang uranium terbesar ketiga dunia juga cadangan gas dan CBM yang cukup berlimpah.

Kazakhstan sekarang sedang giat-giatnya membangun. Mereka memiliki strategi jangka panjang yang disebut Kazakhstan 2030, wah sama dengan Indonesia nih. Nah mari kita lihat hasilnya, siapa yang benar-benar akan mencapai target di tahun 2030. 

img_0568.jpg

Pemandangan dari jendela kantor di Almaty


Responses

  1. Saya mampir ke sini gara-gara lihat judul Almaty. Teman sekantor barusan pulang ngadopsi dari Almaty. Makanya tertarik dan mampir. Thanks untuk emailnya. Kalau anda di SLB, mungkin kita punya banyak mutual friends. Terakhir saya ketemu Danny J di Houston.

    Tabik.

  2. Salam kenal pak Baskoro,

    Saya lisa, saya ada rencana kerja di kazakhstan, mohon bantuan pencerahan bagaimana cara apply business visa kazahstan, karena sepertinya di indonesia tidak ada kedutaan kazakhstan.

    bpk boleh ym saya di cm_mou@yahoo.com

    terimakasih sebelumnya🙂

  3. Lisa,
    Salam kenal juga.
    Kedutaan Kazakhstan terdekat dari Indonesia yang saya tahu adalah di Kuala Lumpur – Malaysia. Saya pernah apply visa untuk orang tua dan mertua ketika berkunjung ke Almaty. Kantornya di daerah Ampang Ilir, prosesnya juga cukup cepat hanya 2 hari.

    Untuk apply business visa, Lisa harus minta letter of invitation dari perusahaan/employer yang ada di Almaty, dan minta dicantumkan kalau visa Kazakhstan akan di apply di konsulat Kazakhstan di Kuala Lumpur (misalnya). Kalau Lisa familiar dengan Dubai, bisa juga apply di sana.

    Semoga membantu.

    • salam pak baskoro, saya mau tanya untuk komunitas atau beberapa info WNI yang tinggal di Almaty untuk kperluan bisnis. terimakasih

  4. Pak Baskoro,

    Hanya mau memastikan, jika suami saya akan ke Kazakhstan, berarti dia harus khusus datang dan urus visa directly ke KL (mungkin tinggal di sana 2 harian)?

    Apa bisa apply visa on arrival di Kazakhstan?

  5. erry,
    untuk orang Indonesia nggak bisa apply visa on arrival. Kita harus apply di Kedutaan Kazakhstan seperti di KL, Dubai, Istanbul atau kota lain yang ada Kedutaan Kazakhstan.

    Perusahaan yang mengundang harus membuat letter of invitation untuk kita dan harus disebutkan dimana visa tersebut akan diambil. Kita bisa bekerja di Kazakhstan dengan business visa, tapi menurut aturan maksimum hanya 3 bulan. Setelah itu harus apply working permit untuk setahun, dan tiap tahun diperpanjang.

    Proses untuk apply working permit sekarang semakin rumit. Untuk Indonesia yang tidak tergabung dalam Apostille Convention ( http://www.hcch.net/index_en.php?act=conventions.status&cid=41#mem ), ijazah harus dilegalisir oleh notaris publik, Deplu, Dephumham (Kumdang), dan karena di Indonesia tidak ada Kedutaan Kazakhstan maka kita harus ke negara yang dimana ada KBRI dan Kedutaan Kazakhstan. Nah yang terdekat adalah Kuala Lumpur – Malaysia.

  6. Assalamu’alaikum mas Baskoro

    Thanks mas atas informasi sekilas tentang Kazakstan, saya ada offering job disana.

    Informasi mas sangat berguna sekali buat saya.

    Ada perkumpulan orang Indoensiakah disana?

  7. Assalamu’alaikum pak Baskoro,

    saya juga terima kasih atas ifo di atas.
    kebetulan saya juga ada offering job di kazakhstan, tetapi di daerah aktau.

    mungkin pak Bas bisa cerita sedikit mengenai daerah aktau, tepatnya di kuryk. karena saya lihat lewat googlemap, daerahnya cukup terpencil.

    Sepertinya mas Ary di atas juga dapat offer kerja di sana ya? siapa tahu kita bisa sama2 kesana pak, paling tidak ada 1 orang teman indonesia lah

    Salam,
    Aditya

  8. Aslkm,
    pak mhn info ttg biaya hidup di kzakh terutama di atyrau, apakah ada sekolah dasar internasional disana (di atyrau). apakah international oil & gas company disana biasa menyediakan kompleks perumahan. berapa banyak org indonesia disana pak? koq kayaknya jauh dari ibukota pak. seperti apa transportasi disana.

    wass,
    ilmi ikhsan

  9. Hello pak Baskoro, salam kenal, nama saya sinta, saya baru tiba di almaty, 3 hari yang lalu beserta suami dan anak2, boleh saya bersilahturahmi suatu hari ? mengingat baru kali ini saya pindah negara sulit menemukan orang2 indonesia.

    thanks
    sinta

    • Hello bu Sinta, kami tidak lagi berdomisili di Almaty. Kami sudah pindah ke Pau – Perancis sejak Januari 2010.
      Namun apabila ada yg bisa saya bantu dari sini, dgn senang hati kami lakukan.
      Sekarang tinggal dimana dan kerja di perusahaan apa? Mungkin saya bisa bantu informasi lain.
      Ada beberapa orang Indonesia kerja di Atyrau, Aktau dan Astana. Teman-teman Indonesia yg di Almaty sudah pada pindah, mungkin ada pendatang baru termasuk keluarga Ibu.
      Dulu saya lapor ke KBRI di Tashkent – Uzbekistan. Sekarang sudah ada KBRI di Baku – Azerbaijan juga.
      Ok, enjoy Almaty … salam

  10. Selamat pagi Pak Baskoro, bagaimana cara termudah untuk medapatkan visa Kazakhstan Pak? saya sudah mencoba melalui email ke berbagai pihak, tapi tidak berhasil. Pembuatan visa nya biasanya berapa lama ya Pak? Terimakasih Pak.

    • Shabrina, sekarang Indonesia sudah memiliki KBRI di Astana – Kazakhstan. Bisa ditanyakan langsung ke sana, coba check di web ini: http://www.kbri-astana.kz/id/
      Dulu saya mengjukan aplikasi di Konsulat Kazakhstan di Malaysia (daerah Ampang Ilir) atau di Dubai.
      Semoga membantu, salam …

  11. Selamat malam Pak Baskoro, perkenalkan nama saya Aldy Pratama Pak. Saya ketua acara Geology Students Competition yang diadakan oleh mahasiswa Teknik Geologi ITB, dimana Bapak menjadi pembicara dalam seminar Unconventional Energy yang diadakan di Museum Geologi. Salam kenal Pak.
    Saya ada rencana untuk pergi ke Almaty, saya ingin bertanya mengenai transportasi yang paling murah dan aman dari bandara Almaty menuju ke pusat kota kira2 apa ya?
    Terimakasih Pak.

    • Aldy,
      Sewaktu saya di Almaty dulu saya selalu pakai mobil kantor. Untuk taksi kalau tidak salah sekitar USD 20 atau sekitar 3000 Kzt. Coba check juga web ini, kalau mau mencoba pakai bus http://www.toandfromtheairport.com/kazakhstan.html cost-nya sekitar 50 Kzt. Kalau nggak salah ini ke terminal dekat Central Mosque atau Zeloni Bazar.

      Dari sana terus mau menginap dimana? Ada acara apa di Almaty? Dulu saya ikut mendirikan SPE di Almaty. Kapan mau berangkat ke Almaty? Sekarang cuaca sudah mulai dingin tapi belum turun salju. Bawa baju dingin secukupnya. Kalau mau jalan-jalan dalam kota Almaty enak naik bus, tapi kalau terpaksa harus naik taksi tawar saja 250 Kzt untuk jauh dekat.

      Semoga membantu dan selamat jalan-jalan juga hati-hati. Indonesia sekarang sdh memiliki KBRI di Kazakhstan, sayangnya bukan di Almaty tetapi di Astana (ibu kota Kazakhstan yang baru) http://www.kbri-astana.kz/id/ . Salam …

  12. Baik pak terimakasih infonya. Iya pak saya mengajukan visa melalui kedutaan besar Indonesia yang berada di Astana. Saya berangkat dari Jakarta 26 Oktober Pak, tiba di Almaty 27 Oktober. Saya berkesempatan mempresentasikan poster saya pada konferensi EAGE (European Association of Geoscientist and Engineering) KazGeo 2012 disana. Saya dibiayai oleh panitia untuk menginap di Rixos Hotel (venue konferensi). Itu di pusat kota kan ya Pak hotelnya? Tempat yang menarik untuk dikunjungi di Almaty apa saja ya Pak? Terima kasih Pak, Salam.

    • Aldy,
      Ok, beberapa tempat yang menarik adalah Kok-Tobe: ini adalah sebuah bukit dekat Almaty. Untuk ke sana bisa naik cable car dekat jalan Dostyk (dulu saya tinggal dekat terminal cable car ini). Republic Square, dekat dengan Istana Presiden dan Museum Nasional.

      Yang agak jauh adalah Cimbulak, di sini ada ice skating ring dan kalau naik lagi ada station ski. Ada juga Almaty Big Lake, ini berbatasan dengan Kyrgystan.

      Kalau mau coba makan masakan Kazakh-Uzbek, ada restaurant yang dulu langganan kami adalah Kishlak di jalan Seyfullin. Have a nice time in Almaty …

  13. Salam kenal pak….saya mau tanya…kalo kota Atyrau itu seperti apa kotanya pak….? Suami ada penawaran di sana dgn status family residance…tapi msh bingung…bagus atau tdk utk diambil…mengingat kami sudah senang tinggal di Doha….blm ada bayangan sama sekali dengan kota itu…kira2 sekolah utk anak2 bagus nggak ya pak…? Terima kasih….mohon bantuannya..

    • Ita,
      Sorry baru bisa balas sekarang.
      Atyrau kalau utk pembandingnya mungkin seperti Balikpapan, tapi Balikpapan utk saya lebih bagus.
      Kalau dibanding Doha, jelas Doha jauh lebih bagus.
      Atyrau adalah kota minyak, banyak perusahaan minyak berkantor di sini: Chevron, ExxonMobil, ENI dll utk oil services: Schlumberger, Baker Hughes, Halliburton dll.
      Dulu kota ini kalau musim dingin dan hujan, sangat berlumpur alias becek – karena saluran air di pinggir jalan tidak berfungsi dengan baik.
      Ketika saya meninggalkan Kazakhstan, sedang banyak pembangunan di Atyrau – mungkin sekarang sudah lebih baik.
      Beberapa mall sudah ada, dan airport sedang diupgrade.

      Untuk international school sangat mahal, kalau tidak dibayar oleh perusahaan akan sanga terasa. Jadi pastikan apakah sekolah anak ditanggung oleh perusahaan

      Semoga membantu.

  14. Salam, P. Baskoro, saya ingin menanyakan apa itu LOI/Letter of Invitation, karena saya sering mendengar tapi belum jelas. Terima kasih.

    • Wibowo,
      LOI adalah surat yang dikeluarkan oleh perusahaan atau institusi yang mengundang anda datang ke Kazakhstan.
      Ini semacam sponsorship letter, namun akan disebutkan apa saja yang akan ditanggung oleh perusahaan/institusi tsb selama anda tinggal di Almaty atau Kazakhstan,

      Salam,

  15. yth. pak baskoro
    prkenalkan, nama sy farin. sy baru saja mbaca tulisan2 bpk ttg almaty, pd 10nov 2013 lalu. sy sndiri bekunjung le almaty pd awal oktober 2013 lalu, slama 4 hri saja. kmungkinan besar calon suami sy akan bkrja di sana. jdi kedatangan kami mnjadi smacam tur & orientasi singkat utk melihat lihat sikon di almaty.
    ada bbrp hal yg ingin sy tanyakan kpd bpk. sy brharap smoga bpk brkenan mnjwab & mmberikan info2, brdasarkan pwngalaman hidup bpk slama di kazakhtan dan negara2 -Tan lainnya (kawasan cntral asia & skitarnya).

    1) bapak mnyebutkan bhw biaya hidup di almaty cukup mahal, lbh tinggi dr jkt. mnr bpk, brp angka ideal gaji yg sebaiknya qta peroleh, agar bisa hidup nyaman – aman di almaty, dan bisa menabung utk kbutuhan darurat & jk panjang ?
    lalu, jk tdk bisa mdptkan angka ideal, brp angka gaji minimal yg sebaiknya qta peroleh utk bisa bertahan hidup di almaty?

    2)

  16. ** prtanyaan lanjutan dari farin ***

    2) mnr pak baskoro, brp angka ideal utk gaji yg sebaiknya qta peroleh utk bisa hidup aman-nyaman di almaty serta bisa mnabung utk dana darurat & kbutuhan jk pnjang ?
    brp angka minimal utk gaji yg hrs qta peroleh utk bisa sekadar memenuhi
    kbutuhan hidup dasar di almaty ?

  17. Pak boleh saya tanya saya kan tinggal dbintan mau bekerja dkazakstan selain d KL bisa tidak klo apply visanya dsingapore ,

    Terimaksih

  18. selamat siang..
    saya mau tanya tentang lowongan kerja di kazakhstan..
    dimanakah saya bisa mencari lowongan kerja di kazakhstan?
    apakah ada info yang bisa di bagi ke saya.
    terimakasih sebelumnya
    izmuphobia89@gmail.com


Tinggalkan Balasan

Kategori

