Oleh: sbaskoro | November 13, 2007

Mempersiapkan diri untuk bekerja atau mencapai cita-cita

Banyak saya baca di blog teman-teman yang lain yang menyangkut pekerjaan. Memang tujuan akhir dari sekolah atau pendidikan adalah untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Seperti pada posting saya yang dulu, hal ini tergantung dari sisi mana dilihatnya. Dari diri kita atau keluarga adalah kita bisa mendapatkan pekerjaan yang baik. Dan dari sisi negara, negara akan mendapatkan generasi muda yang tangguh dan memiliki semangat untuk membangun. Maka dalam proses pendidikan akan ada kepentingan dari negara yang disisipkan dalam kurikulum.

Terlepas dari itu semua, mari kita fokuskan untuk satu saja yaitu yang penting bisa dapat pekerjaan sesuai dengan apa yang kita cita-citakan. Nah, kita harus bisa mengerti betul apa yang kita cita-citakan. Cita-cita tidak hanya berupa profesi apa yang ingin kita lakukan, namun juga apa yang akan kita dapatkan dari profesi tersebut.

Saya dulu tidak bercita-cita untuk menjadi seorang wireline engineer yang kemudian menjadi log analyst. Tapi saya dulu bercita-cita untuk menjadi orang yang berguna. Wah, kok absurd banget ya … Namun itu pun menemui jalannya nanti. Karena kan nggak ada profesi ‘orang yang berguna’.

Karena saya suka utak-atik elektronika, maka di perguruan tinggi saya memilih masuk Jurusan Teknik Elektro di ITS. Apakah saya ingin bekerja di bidang ini? Saya belum menemukan jawabannya. Mulai bergerilya tanya sana-sini dengan kakak kelas atau alumni. Waktu itu belum ada internet yang bisa membuka pintu pandangan seorang mahasiswa tentang apa yang ada di luar sana seperti saat ini. Maka beruntunglah yang jadi mahasiswa sekarang ini ….ūüôā

Salah satu strategi yang saya pakai adalah setiap kali ada kesempatan karya wisata dan kerja praktek, saya pergunakan untuk mengumpulkan data sebanyak mungkin tentang pekerjaan apa yang bisa saya dapatkan. Kesempatan yang paling berharga sebenarnya adalah pada saat kerja praktek. Karena pada saat itu saya bisa mempelajari banyak tentang perusahaan ini, dan bagaimana suasana pekerjaan di sana.

Waktu itu saya mendapatkan kesempatan untuk kerja praktek di PT. INTI Bandung dan Schlumberger Thailand. Pada saat saya kerja praktek di sana, saya usahakan untuk menunjukkan kesungguhan kerja dan kemampuan kerja saya. Waktu di Bandung tidak ada masalah karena komunikasi dengan bahasa Indonesia dan banyak berhubungan dengan alumni. Namun yang agak berat ketika di Thailand, saya harus benar-benar mengeluarkan kemampuan saya untuk berbahasa Inggris. Bahasa Inggris belepotan, tapi yang penting kepercayaan diri. Kalau nggak tahu, ya tanya lagi supaya ngeh apa yang mereka mau. Walhasil dari evaluasi di Schlumberger Thailand mereka mau recruit saya setelah lulus. Padahal waktu recruiting untuk internship nilai saya dibawah yang disyaratkan. Tapi dengan berbekal diplomasi karena pengalaman di organisasi, maka dikasih kesempatan juga.

Setelah selesai kerja praktek, saya coba untuk selalu kontak mereka. Terutama tentang progress kuliah saya dan kapan akan lulus. Pada saat itu saya juga masih hunting lowongan sebagai cadangan. Pada akhirnya saya punya dua pilihan setelah lulus, bekerja untuk sebuah perusahaan minyak di Sumatera dengan gaji Rp 850.000 atau di Schlumberger dengan gaji $3.300. Itu tahun 1991, jadi gaji untuk dalam negeri sudah cukup OK dan dollar masih dengan kurs sekitar Rp 3.000.

Saya kembali melihat lagi cita-cita saya, yaitu untuk menjadi orang berguna. Nah karena waktu itu saya bertujuan untuk bisa membantu orang tua dan keluarga yang lain maka saya ambil Schlumberger, hm… ya karena gaji yang jauh lebih besar¬†dan saya juga memiliki kesempatan untuk go international.

Di Schlumberger saya sudah 15 tahun, dan alhamdulillah saya bisa mewujudkan cita-cita itu. Bukan berarti bahwa itu tidak ada suka-dukanya, itu akan saya sharing nanti aja. Kalau nggak begitu nggak membuat penasaran.

Salam …


Responses

  1. Terima kasih atas seringnya mas SB w/Yūüôā

  2. Kembali pak Aris … salam buat Danny

  3. mas sbaskoro, ada saran tdk buat kerja praktik di perusahaan minyak. Soalnya saya tdk ada kerabat yg bkerja di prusahaan minyak. Pdahal saya harus segera KP. Trimakasih ya mas atas infonya…..

  4. @dhamas,
    untuk kerja praktek (internship) di perusahaan minyak atau perusahaan servis minyak sebenarnya tidak sulit dan juga tidak terlalu gampang. Masing-masing perusahaan punya target sendiri-sendiri untuk memberikan kesempatan kerja praktek.
    Pada umumnya mereka memiliki rencana untuk merekrut mahasiswa yang ikut kerja praktet, tetapi tergantung hasil evaluasi dari para mentor di akhir masa kerja praktek.
    Untuk internship di Schlumberger secara online bisa check di http://www.slb.com/content/careers/needs/interns.asp? dan untuk yang lain-lain salah satunya bisa dicheck di http://www.job-search-engine.com/keyword/oil-internship

  5. adakan kemungkinan untuk mahasiswa bahasa inggris untuk kerja praktek di perusahaan ini.

  6. terimakasih untuk informasinya pak bas….pak saya sangat ingin untuk kerja di Schlumberger,saya tamatan D3 elektro,sekarang lagi melanjutkan S1,yang insyaallah rampung agustus tahun ini.saya bekerja sambil kuliah pak,di perusahaan pemeliharaan pembangkit listrik,vendornya PLN.saya mohon bantuan bapak,kira2 apa langkah yang harus saya lakukan untuk bisa mengapai cita2 saya itu pak…
    terima kasih pak

  7. @risa,
    kemungkinan itu selalu ada. Yang penting adalah ada usaha untuk menghubungi perusahaan yang kamu mau. Dan sampaikan dengan jelas apa yang akan kamu capai dalam kerja praktek tsb.

    @taufik,
    langkah selanjutnya adalah untuk mengikuti tahap seleksi yang diadakan oleh Schlumberger. Biasanya recruiter akan datang ke kampus. Atau bisa juga untuk apply secara on-line di http://www.slb.com/content/careers/index.asp?
    Yang jelas persyaratan IPK atau GPA sekarang semakin ketat. Jadi usahakan untuk mendapat IPK/GPA yang memadai.

  8. salam kenal bapak,
    saya lulusan dari ITS (sept 2007), pada saat saya baru lulus kemarin saya sangat menantikan recruitment schlumberger di kampus saya (walk in interview), karena tiap tahun slb biasanya datang 2 kali yakni pada saat menjelang wisuda… namun entah kenapa, hingga saya tulis email ini, saya belum mendapat kabar dari teman2 saya di ITS mengenai recruitment slb (saat ini posisi saya di jabar), padahal saya sangat menantikannya sebagai kesempatan.
    beberapa hari yang lalu saya menemukan informasi bahwa di ITB akan diadakan career days dan salah satu perusahaan yang “buka stand” di sana adalah slb, saya senang tapi sekaligus khawatir, karena saya tidak tahu apakah dalam career days tersebut, slb mengadakan walk in interview atau hanya melampirkan lowongan yang belum tentu jurusan saya ada (saya lulus dari T. Lingkunan).
    Mohon infonya, mungkin bapak tahu mengapa sudah setahun ini slb tidak mengdakan walk in interview seperti sebelum2nya di ITS

    Terimakasih
    -IKA-

  9. owh.mas saya dari mesin FTUI nih,ada kemungkinan ga ya buat kerja d SLB?

  10. kueke,
    jelas ada asalkan memenuhi syarat yang diminta. Coba saja daftarkan on-line baik utk internship maupun employment di :
    http://www.slb.com/content/careers/index.asp?

    Ok, selamat mencoba and good luck …

  11. ika,
    kalau nggak salah sekarang ini ada pergantian recruiter di Schlumberger Indonesia, mungkin karena itu ITS belum terjadwalkan utk recruitment. Mungkin bisa saja mampir ke ITB, apabila recruitment di sana terbuka utk lulusan non-ITB. Atau bisa juga daftarkan online dgn alamat di atas.
    Selamat mencoba and good luck …

  12. mas saya dr t.telekomunikasi stt telkom, ada kemungkinan saya bisa bekerja di slb? apa bidang ilmu saya dibutuhkan jg dsn?

    regards..

  13. pak sbaskoro ,saya faisal jur. D3 teknik elektro ITS smster 4 . Saya ingin KP ke schlumberger atau perusahaan migas lainnya. apakah ada peluang untuk D3 ? dan tes apa saja dlm sleksi KP trsbut? trus kalo di perusahaan migas dapat semacam fasilitas atau pengganti biaya atau uang saku apa tidak?karena rata2 pertambangan kan brada di luar pulau,dan seandainya k sana pazti btuh biaya besar dan saya hanya orang biasa yang dengan ekonomi pas2 an. trima kasih .mohon di balaz

  14. Mas saya new bie nih, kebetulan ga sengaja baca postingan ini.
    kebetulan minggu depan saya ada interview technician maintenance di schlumberger untuk D3,
    mohon informasinya berapa std gaji disana untuk posisi ini.

    mohon dibalas pm disini .: anwar.setiawan08@gmail.com
    terimakasih.
    anwar

  15. Mas Bas, salam kenal dr saya,saya jg alumni pens its 2003,saat ini selain udh kerja di cikarang..tp ini jg lg proses recruit di schlumberger sbg technician,infony sbg training dl.utk posisi ini kira2 brp salarynya ?thanks

  16. > Anwar & Andy
    Sorry lama saya nggak visit blog ini.
    Utk salary terus terang saya nggak punya informasi utk itu. Bisa ditanyakan nanti waktu interview utk salary range-nya. Yang jelas di Schlumberger apabila beprestasi (rating A & B) dan konsisten, serta berani melakukan hal yg baru, kesempatan utk maju terbuka lebar. Yg penting hard working, focus dan visionary. Salam sukses …

  17. salam knal pak..saya alumni ppns its angktn 05..sbntar lgi taken contract with slb..yg mau saya tanyakn gmana prospek krja d slb,,tntang karir and kesjahteraan??untk pluang kluar negeri besar kah pak??

  18. Salam kenal pak bas… saya sudah diterima kerja di slb tapi dengan status sebagai karyawan outsourcing sebagai admin procurement dan akan masuk setelah lebaran nanti. Saat ini saya masih dalam proses resign di perusahaan lama. Yang ingin saya tanyakan, apakah ada peluang karyawan outsourcing menjadi karyawan tetap? Bagaimana prosedurnya dan berapa lama biasanya baru bisa diangkat menjadi karyawan tetap.

  19. Asdarjie, salam kenal juga …
    Kemungkinan itu ada, asalkan performance ada selalu bagus atau bahkan masuk kategori ‘outstanding’. Di Schlumberger orang bisa berkarier dgn baik tanpa batas, asal ada kemampuan dan kemauan.
    Utk berapa lama itu tergantung penilaian manager anda. Anda harus aktif menanyakan ke manager ttg performance anda. Sehingga bisa dijadikan masukan utk meningkatkan kinerja anda.
    Semoga membantu.

  20. mazr … utk kerja di luar negeri, peluang itu selalu ada. Yg saya tahu ada 1 anak Poltek Perkapalan yg sekarang bekerja di Stone House – UK. Kalau anda memiliki prestasi bagus dan performance appraisal selalu antara A-B (nanti anda akan tahu ini, berhubungan dgn SLP-3), maka peluang itu terbuka lebar. Selamat bergabung dgn SLB dan selamat bekerja …

  21. Terima kasih pak atas sarannya. Masukan dari bapak akan sangat bermanfaat bagi saya

  22. Selamat siang.
    saya Andri, mahasiswa teknik mesin ITS.
    Saya akan kerja praktek semester depan.
    Saya apply di website resmi sclumberger namun tidak pernah ada balasan.
    Bagaimana cara apply magang di schlumberger?
    terima kasih

  23. salam kenal bapak..
    saya ridho, mahasiswa teknik elektro UNAND (SUMATERA BARAT) semester 6
    saya ingin bertanya ..,
    1.bagaimana cara membangun kerjasama dg SLB untuk ngadain acara job fair d kampus saya pak???
    2. apa saja syarat kerja praktek di SLB?
    trimakasih pak sebelumya….

  24. salam kenal pak,,, saya Schlumberger Vacation Trainee 2011, Nama saya Andy pak, senang bisa kenal dengan Bapak Sbaskoro. Saya dari Politeknik Negeri Malang angkatan 2009, doakan pak oktober depan bisa lulus dan ingin mengikuti jejak bapak di Schlumberger. Bulan Juli-Agustus kemaren saya jadi vacation trainee di Well Services Duri berharap mulai oktober depan bisa jadi Field Specialist. Mau tanya pak,,, rencana A sementara ini, seketika setelah lulus D3 ini ingin langsung masuk, tapi target ingin di luar negeri, saya ingin di Timur Tengah pak,,, saya sudah menguasai Bahasa Inggris cukup baik, sekarang sedang progress mempelajari bahasa prancis & bahasa arab,,, apa itu pengaruh ya pak,,, mohon saran dan komentarnya dari sang senior,,, Terima Kasih,,,

  25. Pak… kapan jalan2 lagi ke Manggar Base – Balikpapan

  26. salam kenal pak bas..
    Saya mahasiswa jurusan tek. geofisika UPN Veteran Jogja dan masih smester tiga..nanti saya berencana untuk mengajukan internship di schlumberger oleh karena itu saya mencari informasi dari jauh2 hari..yang mau saya tanyakan :

    1. akhir2 ini berapa syarat IPK minimun untuk bisa di terima KP disana pak?
    2. selain itu apakan ada requirement lainya?

    terima kasih

  27. I’ve been surfing on-line greater than 3 hours today, yet I never found any fascinating article like yours. It is pretty price enough for me. Personally, if all site owners and bloggers made excellent content material as you did, the web will probably be a lot more helpful than ever before.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: