Oleh: sbaskoro | November 13, 2007

Proses bukan hasil akhir …

Apa yang kita dapatkan hari ini bukanlah hasil yang baru kita kerjakan kemarin atau bulan lalu. Semuanya itu melalui proses yang panjang, melalui segala kegiatan hidup dan interaksi yang ada dalam masyarakat. Yang kemudian terjadi proses internalisasi dan menjadi bagian dari diri kita masing-masing.

Dalam menjalani proses tersebut kita harus dalam keadaan sadar, bukan hanya terhanyut atau terbuai oleh perjalanan hidup. Sadar dengan apa yang terjadi disekitar kita, sadar dengan apa yang telah kita lakukan dan sadar apa yang akan kita lakukan.

Kesadaran bahwa apa yang kita dapat juga merupakan proses bersama dengan orang lain perlu kita miliki. Sehingga kita bisa menghargai bahwa proses untuk mencapai sesuatu perlu adanya kebersamaan, perlu adanya team work, perlu adanya saling menghargai, empati dan tepo seliro. Pada akhirnya orang lain tidak akan iri dengan apa yang telah kita capai, karena mereka pun membantu dalam proses pencapaian itu. Dan mereka menyaksikan usaha kita dalam menuju tangga kesuksesan itu.

Lain halnya orang yang mementing hasil akhir, biasanya mereka orang yang egois. Yang tidak mau bercapai-capai berproses dan enggan untuk beinteraksi dengan yang lain. Jalan singkat yang mereka cari, tidak peduli dengan orang lain. Merekalah yang merusak pranata hidup ini, yang merusak keharmonisan karena keakuannya yang begitu besar.

Marilah kita ajarkan anak-anak kita untuk beproses dan beinteraksi, marilah kita ajak orang-orang disekitar kita untuk berproses dan berinteraksi. Sehingga kita bisa saling menghargai usaha kita masing-masing dan saling menjaga untuk bisa mewujudkan keharmonisan.

Salam ….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: