Oleh: sbaskoro | November 16, 2007

Kebakaran lagi ….

Bulan November belum selesai, bencana kebakaran terjadi lagi di Jakarta hari ini 16/11/2007. Kali ini di derah Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat. Sepuluh (10) rumah yang terbakar, dan diduga dari hubungan pendek listrik (korsleting) yang berasal dari teko listrik seorang warga. Kebakaran terjadi pagi hari pukul 08.00 saat para pemilik rumah sudah pergi bekerja.

Kebakaran hebat juga terjadi kemarin (15/11/2007)  di perkampungan Taman Gayung, Kebonsari, Surabaya, menghanguskan 70 rumah semi permanen. Dan pada saat kebakaran terjadi sebagian besar pemilik rumah tidak ada di tempat. Petugas pemadam kebakaran kesulitan mencapai lokasi karena berada di perkampungan padat. Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti.

Sejak posting Lagi-lagi Kebakaran tertanggal 6/11/2007, terlah terjadi 17 kebakaran lainnya. Dari 746 kebakaran menjadi 763 kebakaran sampai hari ini. Jadi rata-rata hampir 2 rumah terbakar tiap harinya di Jakarta.

Apa yang bisa kita ambil hikmahnya?

1. Kebakaran di rumah bukanlah kebakaran karena bencana alam, tapi lebih karena kesalahan manusia. Jadi sejauh manakah kita telah berusaha untuk mencegah kebakaran di rumah? Lihat posting saya Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran, serta Penyelamatan Diri tanggal 1/11/2007

2. Kebakaran biasa terjadi di daerah padat, dan umumnya ditempat tersebut kondisi perekonomian saudara-saudara kita yang pas-pasan. Dengan kebakaran tersebut maka akan memperberat beban ekonomi mereka. Sehingga akan menambah angka kemiskinan di masyarakat kita.

3. Kebakaran di Surabaya memakan rumah lebih banyak karena petugas pemadam kebakaran kesulitan mencapai lokasi karena terbatasnya akses. Penataan lingkungan yang aman, termasuk kemudahan akses untuk mobil pemadam kebakaran dan ambulance perlu dipikirkan. Semoga dengan dipercepatnya pembangunan rusuna (rumah susun sederhana) akan bisa mengurangi kejadian seperti ini.

4. Kesadaran tentang keselamatan adalah suatu perilaku, untuk menanamkan kesadaran ini harus terus ada usaha untuk mengingatkan. Baik dari Pemerintah, instansi terkait dan juga masyarakat sendiri.

Sumber: detik.com/www.jakartafire.com/MetroTV

Baca posting lainnya yang berkaitanan:

1. Pengalaman kebakaran

2. Api,api, api …

3. Masya Allah kebakaran lagi di  Jakarta

4. Lagi-lagi kebakaran

5. Pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan diri

6. Kebakaran di Polonia : Kebodohan dan Kelalaian


Responses

  1. Terima kasih informasi nya pak, kebetulan saya lagi cari bahan presentasi untuk Fire & Emergency Plan. tulisannya saya jadikan referensi yah..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: