Oleh: sbaskoro | November 18, 2007

Peranan Ikatan Alumni

Sungguh menarik perhelatan pemilihan Ketua Ikatan Alumni ITB yang baru lalu, dan sangat impresive dalam jumlah pihak yang terlibat. Mulai dari panitia, tim kampanye dan pemilih yang mencapai 9000 orang dari berbagai daerah di Indonesia. Walaupun saya bukan alumni ITB, tapi saya begitu tertarik untuk mengikutinya. Setiap blog dan website kandidat saya tengok. Blog Betti Alisjahbana menurut saya yang paling intuitif untuk dikunjungi, dengan latar belakang warna merah yang merupakan warna favorit wanita. Saya pikir ini sudah selayaknya, karena berbisnis di dunia IT, maka malu kalau websitenya memble.

Setelah itu punya Boyke yang cukup mudah ditelusuri untuk mengerti tentang dia, tim kampanye (ada Budi Rahardjo, blogger aktif) dan visi-misi IA ITB. Untuk yang lain, seakan sangat dipaksakan untuk menyajikan banyak informasi. Tapi mungkin karena itukah Hatta Rajasa dan Triharyo mendapat suara terbanyak pertama dan kedua? Hmm… saya pikir lebih banyak tergantung kepada profil kandidat. Dan untuk Zaid seakan-akan hanya ingin ikut memeriahkan saja. Saya coba search profile tentang dia, tapi nggak ketemu dan masih misterius bagi saya. Secara keseluruhan gawe teman-teman ITB ini sangat mengesankan. Yang pada akhirnya mengantarkan Hatta Rajasa sebagai Ketua IA ITB periode 2007-2011, yang saat ini menjabat Mensesneg.

Pemilihan Ketua IKA ITS tahun lalu (2006)  sempat tertunda setahun karena adanya bagian ART yang multitafsir. Majunya Kristiono untuk kedua kalinya waktu itu mengundang kontroversi, ini berbenturan dengan bagian ART yang multitafsir tadi. Maka dari itu untuk tahun 2006-2007 dibentuklah Kelompok Kerja untuk menjalankan roda organisasi IKA ITS. Dinamika organisasi dalam pemilihan Ketua IKA ITS ini menunjukkan adanya rasa memiliki dan kepedulian untuk memajukan organisasi.

Dan pada tgl 9/11/2007, terpilihlah Dwi Sutjipto (Dirut PT Semen Gresik) sebagai Ketua IKA ITS periode 2007-2011. Lain halnya dengan ITB, ITS melakukan pemilihan dengan sistem one man one vote oleh peserta yang hadir di kongres. Pada saat itu Dwi Sutjipto mengumpulkan 106 suara, sedangkan pesaingnya Soetopo Kristanto (Dirut PT Jaya Konstruksi) mendapat 44 suara.

Agustus lalu, UI juga baru saja memilih Ketua ILUNI (Ikatan Lulusan Universtitas Indonesia) untuk periode 2007-2010. Dan kali ini terpilih Sofyan A. Djalil, yang sekarang ini menjabat sebagai Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Universitas Gadjah Mada memiliki ikatan alumni yang dinamakan Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA). KAGAMA memiliki organisasi yang cukup kuat, pada umumnya tersebar di jajaran Pemda. Ketua KAGAMA sekarang adalah Djoko Kirmanto, yang saat ini menjabat Menteri Pekerjaan Umum.

Dengan adanya ikatan alumni dari setiap almamater diharapkan dapat melakukan kegiatan dari, untuk dan oleh alumni; dari alumni untuk almamater dan dari alumni untuk negara. Semoga fanatisme di dalam masing-masing ikatan alumni akan lebih medorong profesionalisme alumni dari setiap almamater, bukannya untuk meng-kapling lapangan pekerjaan hanya untuk alumni dari almamater tertentu.

Dulu ada Badan Kerja Sama Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (BKS Ikaptisi), yang pernah diketuai oleh alm. Koesnadi Hardjasoemantri. Masih aktifkah badan ini? Dengan demikian ikatan alumni bisa berperanan secara intra dan inter almamater, yang bersinergi untuk kepentingan nasional. Negara ini membutuhkan banyak alumni yang perduli akan nasib bangsa, bukan hanya untuk kepentingan primordial.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: