Oleh: sbaskoro | November 26, 2007

Holopis kuntul baris

Waktu kecil saya sering pergi ke rumah kakek di desa Jetis, Sengon. Desa ini terletak agak jauh di selatan Pandan Simping, jalan raya Yogya-Solo. Bagi mereka yang beragama Katholik, tentunya akan tahu apabila disebutkan tempat jiarah Sendang Sriningsih. Setelah di pasar desa Panggil, sebelum menyeberang tanggul Kali Pasir, belok ke arah kanan.

Saya paling senang ketika musim tembakau tiba. Rumah kakek menjadi sangat sibuk, di segala penjuru rumah menjadi penuh bau daun tembakau. Proses pengepakan daun tembakau kering adalah prosess terakhir sebelum dikirim ke BAT, yang pada waktu itu adalah rekan bisnis kakek saya.

Pada saat pengepakan atau pengepresan, diperlukan beberapa orang untuk mengoperasikannya. Alat ini sangat manual, dan sangat tergantung pada kekuatan orang yang melakukannya. Pada saat terakhir, ketika tumpukan daun tembakau kering mulai padat, tenaga yang dibutuhkan semakin besar. Pada saat ini orang-orang itu pada teriak “Holopis kuntul baris!”.  Teriakan ini berulang-ulang, sampai pada saat pekerjaan berakhir.

Teriakan ini ternyata bertujuan sebagai pemicu semangat. Dahulu teriakan ini sering terdengar ketika orang-orang bergotong royong dan menyelesaikan pekerjaan yang agak susah dan dibutuhkan usaha yang lebih. Makna dari kata-kata tersebut adalah “saiyek saeka praya”, atau berarti bersama-sama menuntaskan pekerjaan atau tugas. Darimana kata-kata itu? Ada yang bilang berasal dari bahasa Belanda dan ada juga ada yang bilang berhubungan dengan konglomerat Spanyol, namun yang jelas ini sudah bagian dari milik Bangsa Indonesia.

Sejauh manakah jiwa gotong royong masyarakat kita sekarang?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: