Oleh: sbaskoro | Desember 2, 2007

Kebakaran di Polonia: Kebodohan dan Kelalaian

Kepolisian mengesampingkan adanya indikasi  sabotase menyangkut kebakaran di lapangan terbang Polonia – Medan, namun bagaimana kalau kita sebut saja sebagai kebodohan dan kelalaian pengelola lapangan terbang tersebut.

Saya sebut kebodohan, karena ini sudah kedua kalinya terjadi (peristiwa pertama di tahun 2006). Peristiwa kebakaran di tempat penting seperti lapangan terbang, tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Dari peristiwa kebakaran yang pertama seharusnya sudah ada langkah penting apa saja yang perlu dilakukan  untuk menghindari terjadinya peristiwa yang sama dikemudian hari.

Namun yang menyedihkan pada kebakaran kemarin tidak ada satupun hidran yang berfungsi, di tempat penting seperti lapangan terbang Polonia. Dan berapa banyak alat pemadam kebakaran yang tersedia di dalam gedung? Apakah ada karyawan yang dilatih untuk ikut menanggulangi kebakaran?

Kelalaian adalah bersangkutan dengan sebagian besar orang kita. Menganggap bahwa suatu kecelakaan adalah takdir atau lebih disebabkan oleh faktor alam, maka sering dilupakan begitu saja dan lari dari tanggung jawab. Ini adalah tanggung jawab dari pengelola lapangan terbang Polonia untuk menghindari kejadian serupa tidak terjadi lagi.

Banyaknya pemadam kebakaran yang tersedia di dalam gedung, adanya instalasi penyemprot otomatis apabila ada kebakaran sekecil apapun, pemasangan pendeteksi asap, alarm kebakaran, jumlah karyawan yang dilatih untuk ikut menanggulangi kebakaran dll itu semua sudah menjadi tanggung jawab pengelola kebakaran.

Jadi ini lebih merupakan kebodohan dan kelalaian pengelola lapangan terbang Polonia. Lihat saja nanti siapa yang akan mendapat project untuk membangun gedung ini dan peralatan yang tidak murah di gedung keberangkatan lapangan terbang ini. Dan ini akan dijadikan untuk alasan pemindahan lapangan terbang? Apa korelasinya antara kebakaran dan pemindahan lapangan terbang?

1. Api, api, api …

2. Masya Allah kebakaran lagi di Jakarta

3. Kebakaran lagi …

4. Lagi-lagi kebakaran

5. Pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan diri

6. Pengalaman kebakaran


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: