Oleh: sbaskoro | Desember 7, 2007

Dua minggu yang sibuk

Dua minggu ini saya harus mengunjungi beberapa tempat, jadwal padat dan cukup melelahkan. Tanggal 26-27 November pergi ke Aksai untuk mengikuti progress training yang kita lakukan untuk klien di sana, yaitu AGIP KPO. Schlumberger memiliki program training yang disebut NExT. Dari feedback yang didapat mereka sangat puas dengan program training yang diberikan, terutama dengan kualitas instructor-nya. Perjalanan pulang dari Aksai ke Almaty harus melewati Astana karena tidak ada pesawat langsung.

Perusahaan minyak sekarang lagi  gencar-gencarnya melakukan training untuk para karyawan, terutama bagi mereka yang baru bergabung. Industri minyak saat ini kekurangan petro technical engineer (PTE) untuk bisa menopang kegiatan peningkatan produksi. Jurang (gap) antara PTE senior yang ada dengan yang baru bergabung cukup jauh, ditambah pula dengan perusahaan minyak dan perusahaan jasa minyak saling berebut untuk bisa mendapatkan PTE yang sudah berpengalaman. Perusahaan minyak berusaha untuk bisa memanfaatkan momentum harga minyak yang cukup tinggi sekarang ini.

Kemudian tanggal 29 November – 1 Desember pergi ke Aktobe. Tujuan utama sebenarnya untuk mengikuti perkembangan team saya yang di sana, tapi ternyata business segment yang sama dari China akan ada project dengan perusahaan China CNPC di Aktobe. Maka saya harus tinggal ekstra satu hari untuk itu.

Team yang ada di Aktobe terutama untuk support aktivitas di sekitar Aktobe dan Uralsk. Mereka adalah perusahaan lokal, beberapa perusahaan asing kecil dan perusahaan dari China. Tahun depan kita akan fokus terhadap perusahaan dari China. Saya juga harus melakukan audit untuk kantor yang ada di Aktobe.

Perjalanan pulang ke Almaty pesawat ditunda 8 jam karena faktor cuaca. Ini biasa terjadi di sini pada musim dingin, karena turunnya salju yang lebat atau adanya kabut. Untung teman-teman yang pulang ke Beijing bisa mengejar pesawat berikutnya, pesawat ditunda karena kebanyakan penumpang adalah orang-orang China dari Aktobe.

Dan tanggal 3-4 Desember harus pergi ke Atyrau, dan kali ini pesawat ditunda 2 jam. Kepergian saya kali ini karena ada Grade-11 control. Grade-11 control adalah salah satu tahapan penting dalam promosi seorang engineer atau geosaintis di Schlumberger. Kali ini ada satu orang dari team saya yang mengikuti proses ini. Dan saya diminta untuk membantu melakukan review pada modul personnel.

Grade-11 di Schlumberger adalah pada saat karyawan memilih atau ditentukan nantinya untuk mengikuti tahapan management atau tahapan technical. Dan pada proses control ini kita juga bisa melihat siapa yang memiliki potensi untuk menjadi manager di masa depan.

Pada saat akan pulang ke Almaty, sekali lagi pesawat ditunda dan kali ini selama 5 jam. Denah perjalanan bisa dilihat di bawah ini. Setiap penerbangan rata-rata selama 2,5 – 3 jam.

cag-trip.jpg


Responses

  1. Canggih pak…
    Dah 2 ari ni saya bacain post bapak satu2…hehe..
    Makin dibaca, makin ngiler saya pgn ngikutin jejak bapak…keknya enak betul bisa kerja pindah2 negara menjelajahi T4″ baru diluar sana, udah gitu, dapat duit, skaligus jadi pahlawan devisa buat R.I

    Bulan lalu saya dah di interview schlumberger oleh Bu Kris dan satu lagi Bapak (saya lupa namanya) untuk posisi Field Specialist/ Technician, tapi sampai skarang blum ada lagi kabarnya. Kira2 kl interview pertama mpe pengmuman nunggu berapa lama ya pak? Trus kl ga lulus ada surat penolakannya ga pak?

    Oiy pak, mau tanya, kl buat nembus perusahaan minyak, skill apa yang paling bisa ngasih nilai lebih bwt pelamar? kl untuk jurusan saya, D3 Instrument & control, apa saja yg mesti saya kuasai supaya bisa tembus ke Schlumberger? Misalnya software apa yg dipakai schlumberger, dsb,

    Maaf pak, saya kebanyakan nanya, terima kasih sebelumnya.

    -Yanzen-


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: