Oleh: sbaskoro | Desember 16, 2007

Bisnis orang Indonesia di sekitar Kaspia

Sekitar laut Kaspia beberapa tahun ini menjadi perhatian dunia internasional karena memiliki banyak sumber minyak dan gas. Sebut saja beberapa negara yaitu Azerbaijan, Kazakhstan, Turkmenistan dan Uzbekistan. Terlebih Kazakhstan yang menjadi lebih populer setelah film dengan tokohnya Borat.  Apakah ada orang Indonesia yang tertarik berbisnis kemari?

Yang saya tahu ada dua orang yang telah berbisnis di daerah ini, yaitu Aburizal Bakrie (yang baru saja dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia tahun 2007) dan Hashim Djojohadikusumo (pemilik grup Tirtamas).

Bakrie lebih fokus di Uzbekistan dengan bisnis yang berhubungan dengan hotel dan telekomunikasi. Hotel Bumi di Tashkent dulu adalah Le Meridian Tashkent, namun sekarang saya dengar sudah berubah nama menjadi Le Grande Plaza Tashkent. Saya pernah menginap sekali di sini tahun 2003, dan mencicipi masakan orang Indonesia di hotel ini. Untuk telekomunikasi memakai nama Bakrie Uzbekistan Telecom LLC (BUZTEL), bisnisnya di bidang telephone seluler. Dan menurut berita Buztel telah diakuisisi oleh VimpelCom dengan harga USD 60 juta pada Januari 2006. Lalu apa yang tersisa? Saya belum tahu.

Sedangkan Hashim Djojohadikusumo (yang akhir-akhir terkait dengan berita benda-benda antik dari museum Radya Pustaka Solo) menjadi seorang raja minyak di Azerbaijan dan Kazakhstan. Dengan bendera Nations Energy (berkantor di Kanada), Hashim melakukan investasi di Kazakhstan. Apa yang dia lakukan di sini benar-benar suatu pekerjaan yang hebat.

Di Kazakhstan, Nations Energy membeli JSC Karazhanbasmunai tahun 1997. Lapangan minyak Karazhanbas diketemukan pada tahun 1970, dan produksinya terus menurun hingga mencapai 4,900 bpd tahun 1999. Dan ketika diusahakan oleh Nations Energy, produksinya bisa mencapai rata-rata 41 ribu bpd pada tahun 2005. Sumur-sumur baru di bor, production optimization dan menambah fasilitas produksi sangat membantu dalam menggenjot produksi di lapangan minyak Karazhanbas. Namun lapangan minyak ini baru saja berpindah tangan ke perusahaan China CITIC akhir tahun 2006 dengan harga USD 1.91 milyar.

Nations Energy masih memiliki asset di Azerbaijan, yaitu lapangan minyak Mishovdag dan Kelameddin. Lapangan minyak ini terletak sebelah timur Baku dekat kota kecil Ali Bairamli. Lapangan minyak tersebut dioperasikan oleh Karasu Operating Company, dan saya pernah mengunjungi kantor Karasu pada tahun 2002. Tahun 2003 Nations Energy membeli lapangan minyak ini dari Mocrief Oil International, dan masih dioperasikan oleh Karasu. Sekali lagi Nations Energy berhasil meningkatkan produksi minyak di lapangan tua ini.

Produksi sebelumnya sekitar 2800 bpd dan dapat ditingkatkan menjadi 4150 bpd di tahun 2005. Ini berkat banyaknya sumur baru yang dibor dan investasi sebesar USD 9 juta untuk meningkatkan fasilitas waterflooding (ini investasi terbesar untuk fasilitas  lapangan minyak onshore di Azerbijan selama ini). Prestasi ini jauh lebih bagus dari competitor yang memiliki lapangan minyak dekat daerah tersebut yaitu Shirvan Oil. Namun terdengar kabar bahwa Karasu akan dijual, tapi belum tahu siapa yang bakal memilikinya nanti.

Selain lapangan minyak Mishovdag dan Kelameddin, Nations Energy juga memiliki lapangan minyak Padar dan Kharami yang dioperasikan oleh Kura Valley Operating Company. Padar dan Kharami (masih pda tahap eksplorasi) diperkirakan memiliki reserve yang lebih besar daripada Mishovdag dan Kelameddin.

Apakah Hashim akan melakukan hal yang sama di Indonesia? Sepertinya dia lebih dulu akan menyelamatkan usaha kakaknya, Prabowo Subianto, yaitu perusahaan Kiani Kertas yang terlilit utang Bank Mandiri.

sumber: website, kontan-online.com


Responses

  1. Wajah baru, mas! Saya mampir karena melihat link di blog indonesia. Ceritere menarik.

  2. Apa khabar pak Aris…
    Daerah Kaspia banyak menyimpan sumber minyak dan gas. Petronas sudah invest di Turkmenistan dan Uzbekistan. Daerah ini sekarang relatif aman, kapan Pertamina invest ke sini ya?

  3. mas Baskoro, salam kenal… denger2 pertamina mau ya… cuman terlambat kali… please email saya di be_i@yahoo.com mas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: