Oleh: sbaskoro | Desember 16, 2007

Mobil dan musim dingin

Sewaktu di Jakarta, saya nggak perlu pusing-pusing untuk memikirkan mobil di musim dingin. Di Almaty mengingatkan saya pada waktu penugasan di Belanda. Setiap musim dingin saya harus memastikan bahwa di dalam air wiper ada anti-freeze. Itu saja yang perlu saya lakukan waktu di Belanda, untuk air pendingin mesin sudah selalu saya isi dengan anti-freeze coolant.

Di Almaty karena kondisinya lebih ekstreem maka saya perlu ganti ban musim dingin. Sebenarnya mobil yang saya beli sudah 4WD, yaitu Audi A6 Quattro (ini mobil second-hand lho). Pemilik lama memberi ekstra 4 ban musim dingin yang masih cukup bagus. Untuk mobil 4WD rata-rata mereka tetap pakai ban yang untuk musim panas, tapi demi keselamatan saya pakai ban musim dingin juga.

Waktu saya mau ganti ban musim dingin, oleh bengkelnya di bilang penuh. Saya harus daftar dulu dan kembali satu minggu lagi … hah… Akhirnya teman kerja bisa mencarikan bengkel yang hanya perlu menunggu dua hari. Rasanya memang berbeda, setelah ganti ban musim dingin mobil terasa benar-benar menggenggam jalan. Dan perasaan lebih percaya diri untuk membawa mobil ke gunung weekend ini.

Di Almaty untuk cuci mobil juga ngantri, kadang harus booking untuk keesokan harinya. Di musim dingin yang mencapai -8 derajat Celcius, mereka pakai air hangat, dan ongkosnya agak mahal sedikit dibanding musim panas.

Beberapa hari lalu ada badai salju, banyak mobil yang tergelincir dan ada yang ditinggalkan di kantor karena nggak berani ambil resiko. Anak buah ada yang mengalami kecelakaan ringan. Schlumberger sendiri gencar pasang poster keselamatan “Driving during winter”. Pada umumnya kecelakaan mobil meningkat di musim dingin karena kondisi jalan yang licin dan pandangan yang kurang jelas.

Anywhere, anytime, drive safely!


Tinggalkan Balasan

Kategori

