Oleh: sbaskoro | Januari 13, 2008

Belajar ski di Chimbulak – Kazakhstan

Hari ini kami ke ski resort Chimbulak, dan ini akan menjadi pengalaman saya pertama main ski. Tapi untuk anak pertama saya, Ditya, ini kedua kalinya. Kami sudah membeli peralatan ski untuk anak saya, sedangkan saya menunggu uji coba hari ini.

Perjalanan menuju Chimbulak dibarengin dengan turunnya salju. Perjalanan dari Almati ke Medeo (ice skating ring) disiram oleh salju yang agak lebat, tapi menurut teman saya yang sudah sampai di lokasi Chimbulak bilang tidak turun salju.

Untung kami mendapat tempat parkir yang cukup dekat dengan restoran. Setelah memilih meja untuk tempat kumpul, saya antar Ditya ke lokasi ski. Kami pilih tempat yang landai untuk pemula. Ditya mencoba beberapa kali, dan terjatuh beberapa kali juga. setiap kali dia terjatuh, saya berlari kecil kearahnya dan membantu untuk bangun.

Setelah beberapa saat, kelihatan ada kemajuan cara Ditya main ski. Kemudian saya mau mecoba untuk pertama kalinya. Dengan rasa percaya diri, saya sewa satu set peralatan ski dengan seharga 4000 tenge (sekitar USD35). Ini untuk pemakaian sampai ski resort tutup, yaitu jam 5 sore.

Saya sudah beli celana khusus untuk ski, supaya tidak dingin dan basah dan sepasang sarung tangan ski. Setelah saya pakai dan coba jalan, ala mak ….. saya terpeleset bruk! Pertama kali jatuh, saya belum tahu cara berdiri yang benar. Kemudian saya coba lagi beberapa kali untuk sekedar meluncur. Setelah agak stabil, saya beranikan untuk naik ke tempat yang lebih tinggi, tapi daerah yang lebih landai.

Di sana ada beberapa orang yang belajar memakai instruktur. Saya ikuti saja gerakannya, sebab saya nggak  ngeh dengan perintahnya karena pakai bahasa Rusia. Yang penting saya lihat teknik dasarnya. Saya coba untuk kontrol belok kiri dan kanan, juga cara memperlambat luncuran.

Setelah yakin bahwa saya akan bisa di slope yang agak curam, saya coba meluncur ke sana. Pertama kali terasa gamang, tapi akhirnya saya tekadkan. Pertama kali hanya meluncur agak miring dari ujung kiri ke ujung kanan, setelah itu saya coba turun dengan agak zig-zag. Nah ini dia, saya masih bingung untuk ngeremnya, akhirnya meluncur tak terkendali dan jatuh … tapi no problem karena sudah biasa jatuh ..🙂 dan tahu cari berdiri yang benar.

Akhirnya saya coba beberapa kali sampai jam 4, dan badan sudah terasa capek. Kami pulang jam 5 sore, salju akhirnya turun agak lebat di Chimbulak. Saya kemudikan mobil dengan kecepatan yang aman, dan alhamdulillah sampai rumah dengan selamat. Dan minggu depan akan kami coba lagi, agar kesempatan belajar ski di sini tidak tersia-siakan.

Photo di bawah ini adalah waktu kami ke Chimbulak tahun lalu Maret 2007, kali ini tukang photo-nya sibuk belajar ski ….🙂

chimbulak-2007-a.jpg  copy-of-dsc00997.jpg  dsc00992.jpg


Tinggalkan Balasan

Kategori

