Oleh: sbaskoro | Januari 15, 2008

Tahu Tempe Siapa Punya?

Makanan tahu tempe sudah tidak asing lagi di Indonesia. Namun keduanya sekarang sedang mengalami kesulitan untuk diproduksi. Makanan tahu tempe siapa yang punya?

Tahu mungkin lebih dikenal dibanyak negara dengan sebutan ‘tofu’ (dari Cina?), tapi tempe saya pikir adalah khas Indonesia. Apabila tempe nanti diklaim negara lain, apa yang akan kita lakukan?

Nah, kalau sudah begitu nanti akan kalang kabut. Senyampang masih belum, seharusnya pemerintah memikirkan bagaimana bisa mempertahankan makanan khas Indonesia ini tetap eksis. Lagipula tempe merupakan makanan sebagian orang Indonesia, dari lapisan bawah sampai atas.

Tahu mempunyai banyak jenis produk turunan, seperti tahu Sumedang, tahu Kediri (tahu takoa), tahu petis, tahu gimbal, tahu susur, tahu pong, tahu bacem, tahu campur, semur tahu, tahu tek, tahu isi, tahu guling, terik tahu, batagor dll.

Tempe juga memiliki banyak jenis, mulai dari tempe gembus, tempe koro, tempe bacem, tempe mendoan, kering tempe, tempe penyet, terik tempe, mungkin oncom juga bisa masuk kategori ini.

Apakah menurunkan bea masuk kedelai dari 10% menjadi 0% merupakan solusi yang tepat? Mengapa tidak kita beri insentif untuk para petani kedelai? Ini tentunya merupakan solusi ‘short cut’, bukan pemecahan masalah terbaik untuk jangka panjang.

Semoga solusi terbaik nanti bisa diterapkan, dan kita tidak perlu kehilangan makanan khas tahu tempe. Setiap kali ke Semarang, saya selalu mencari tahu petis dan tempe mendoan di Simpang Lima. Atau kalau pulang ke Yogya, saya selalu minta terik tahu-tempe dengan sambal terasi yang pedas.

Hmm enaknya makanan tahu tempe ….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: