Oleh: sbaskoro | Februari 8, 2008

Servis DVD-Video player Panasonic NV-VP32 error F09

Minggu ini saya mempraktekan hobby lama saya yaitu utak-atik elektronika. Hari Senin saya mendapati dual player Panasonic NV-VP32 (bisa utk DVD dan VHS) lagi ngadat. Saya coba on-off, display tetap menampilkan F09. Coba cari reset button juga nggak ada, DVD tray juga nggak bisa dibuka. Saya lepas stekernya dan pasang lagi, F09 masing nongkrong di display …😦

Rasa ingin tahu saya mulai menggelitik, maka mulailah saya bongkar player tersebut. Tray DVD terkunci, maka saya lepas mekanik DVD untuk bisa membebaskan DVD Dora milik Putri. Kemudian saya lihat ada dua ballpoint di dalam VHS player. Ini pasti kerjaannya si Putri.

Kemudian saya taruh player tsb di atas meja makan, karena ada lampu yang lebih terang. Tahap trouble shooting dimulai, saya perhatikan bagian power supply. Mata saya langsung melihat ada 2 elco yang atasnya ‘crack’. Lalu saya buat catatan, dari pengamatan yang lain PCB kelihatan OK – tidak ada yang gosong karena ada komponen yang overheating.

Kesimpulan pertama, 2 elco inilah penyebabnya. Lalu power supply saya lepas, dan 2 elco ini saya copot dengan solder. Elco dengan nilai 1000uF -10V ini perlu diganti. Saya ambil foto bagian power supply untuk menunjukkan lokasi elco yang bocor dan juga elco yang ‘crack’.

Masalahnya saya nggak tahu dimana saya harus beli komponen ini di Almaty. Besok paginya saya tanya orang kantor kemungkinan ada yang tahu. Vasily bilang kalau 2 tahun yang lalu dia pergi ke toko komponen radio di persimpangan antara jalan Seifullina dan Abai.

Jam makan siang saya coba ke tempat tersebut, dan serasa menemukan harta karun saya merasa gembira sekali karena toko tersebut masih ada. Malah ada 3 toko yang saling berdampingan. Kemudian saya tunjukkan elco yang bocor tsb, dan saya dapat gantinya dengan 1000uF-16v. Saya pikir dengan working voltage yang lebih besar, nanti akan bisa bertahan lama.

Malam setelah pulang kantor, saya langsung pasang 2 elco tersebut. Dan kemudian saya tancapkan ke listrik, dan ….. display F09 sudah tidak di sana lagi. Player sudah berfungsi seperti sedia kala. Putri langsung minta diputarin CD Kisah Para Nabi. Alhamdulillah, hobby lama saya masih berguna juga …🙂

ps-new-elco.jpg  elco-crack.jpg

Lokasi elco bocor      Elco yang ‘crack’


Responses

  1. emang tinggal dmana bro? sampai bingung cari toko komponen.

    salam


Tinggalkan Balasan

Kategori

