Oleh: sbaskoro | Februari 10, 2008

Pengalaman bekerja di Nigeria (2)

Orang-orang banyak yang heran karena saya mau menerima penawaran untuk kembali ke Nigeria. Saya bilang bahwa pada tahun 1992-1995, Nigeria tidak terlalu buruk bagi saya. Hanya pada saat evakuasi pada tahun 1994, ketika terjadi huru-hara yang meluas setelah kemenangan Moshood Abiola di batalkan oleh militer. Dan Sani Abacha menjadi presiden Nigeria pada saat itu.

Namun di tahun 2002 keadaan Port Harcourt jauh lebih semrawut. Ini disebabkan banyaknya kegiatan di Warri yang dipindahkan ke Port Harcourt. Warri menjadi kota dengan akses terbatas karena kota ini berdekatan dengan daerah rawa Niger Delta yang merupakan markas Movement for the Emancipation of the Niger Delta (MEND). Kelompok ini menuntut agar pemerintah Federal Nigeria memberikan kompensasi yang layak untuk rakyat di daerah tersebut karena mereka merasa hanya dieksploiatasi saja dan tidak ada pembangunan yang nyata disana.

Daerah tersebut merupakan daerah yang kaya minyak. MEND sering melakukan sabotase produksi minyak, yang kadang bisa membuat produksi minyak menurun sekitar 250 ribu bopd.

Dengan posisi saya sebagai manager di data processing dan interpretation, saya bisa melihat industri minyak di Nigeria lebih luas. Ketika saya sebagai field engineer, hubungan terbatas dengan klien tertentu.

Saya lihat bahwa kegiatan industri minyak di Nigeria saat ini banyak dikonsentrasikan ke laut dalam karena dengan alasan keamanan. Di darat, rawa dan laut dangkal sering terjadi gangguan keamanan.

Nigeria adalah negara yang sangat beruntung dengan memiliki Niger Delta. Kandungan minyak terdapat mulai dari daratan, rawa, laut dangkal dan laut dalam. Shell SPDC dan AGIP NAOC banyak memiliki lapangan minyak di darat, rawa dan laut dangkal. Chevron, Shell SNEPCO dan ExxonMobil banyak memiliki lapangan minyak di laut dangkal dan laut dalam.

Eksplorasi laut dalam di Nigeria sangat aktif. Bisa disebutkan di sini misalnya : Chevron dengan Agbami field dan Aparo field, Shell SNEPCO dengan Bonga field (memiliki struktur yang sama dengan Aparo field), Bolia field, Bobo field dan Etan field, ExxonMobil dengan Erha field dan Uge field, Total dengan Akpo field dan Usan field, Agip NAE dengan Abo field, Petrobras dengan Erinmi field dan yang terdalam adalah pada saat Devon mengebor Opukiri 1X dengan kedalaman laut 2766 m.

Pada saat kami di Nigeria, sempat melakukan kumpul-kumpul dengan teman-teman Indonesia yang lain. Selain dari Schlumberger ada 5 keluarga, ada keluarga lain dari Indomie, Shell, Total dan karyawan di Franks, Weatherford dan Willbross. Pertemuan sering kami lakukan, bahkan sempat ambil bagian pada saat pemilu tahun 2004. Dan menyumbang untuk beberapa bencana yang terjadi di Indonesia.

Makanan Nigeria favorit kami adalah suya dan pepper soup (terutama goat pepper soup atau kambing sop pedas). Makanan utama orang Nigeria adalah eba atau gari yaitu ketela pohon yang dibuat seperti ketan, atau lemet yang tanpa rasa. Kemudian dimakan dengan egusi sop yang kental berminyak. Mereka juga suka makan talas yang mereka sebut yam. Seperti gari, yam dilumatkan seperti ‘mesh potato’. Dan minuman khas yang tidak beralkohol saya suka adalah ‘chapman’, ini semacam cocktail campuran dari beberapa minuman diberi jeruk dan ketimun. Minuman tradisional yang beralkohol mereka sebut kai-kai, ini sama dengan tuak di Indonesia.

“No wahala” adalah kalimat yang popular di sana, yang artinya no problem atau tidak ada masalah. Ini hampir sama dengan kalimat “hakuna matata” dari bahasa Swahili yang berarti “tidak ada masalah disini” atau disingkat “no problem”.

Di  Port Harcourt kami tinggal di dalam camp. Banyaknya fasilitas membuat kami menikmati kehidupan di camp, seperti kolam renang, lapangan tennis, lapangan squash, gym, dan club house. Beberapa bulan sebelum kami pindah ke Kazakhstan, kondisi di Nigeria semakin memburuk pada akhir 2006. Bahkan anak-anak pergi sekolah harus dikawal oleh security.

Keadaan politik dan situasi keamanan yang tidak menentu sangat mempengaruhi produksi minyak di Nigeria. Yang paling rawan adalah di daerah dekat rawa-rawa yang menjadi markas MEND. Bahkan sering terjadi penculikan yang pada akhirnya mereka meminta uang tebusan.

Situasi keamanan yang buruk di Port Harcourt mendorong beberapa perusahaan (termasuk Schlumberger) untuk melakukan evakuasi. Terutama pada saat beberapa karyawan Schlumberger diculik, namun syukurlah akhirnya mereka dibebaskan setelah 22 hari disekap oleh para penculik.

Sekarang kebayakan para pekerja asing ditempatkan di Lagos, dan hanya orang yang benar-benar diperlukan ditempatkan di Port Harcourt. Port Harcourt masih merupakan pusat kegiatan industri minyak di Lagos.

Lapangan terbang di Port Harcourt yang sedang dipugar dan katanya akan selesai dalam 4 bulan sampai kini setelah setahun lebih masih juga belum bisa dipergunakan. Untuk sementara lapangan terbang di Oweri yang dipergunakan, dan untuk alasan keselamatan Schlumberger mempergunakan pesawat terbang charter dan menggunakan fasilitas markas angkatan udara yang berada di dalam kota Port Harcourt.

Keadaan yang ada di Nigeria, seakan-akan membenarkan adanya “the curse of oil“. Negara yang kaya akan minyak ini seakan-akan tidak menikmati apa yang dihasilkan oleh bumi mereka. Kota Lagos yang memiliki daratan dan beberapa pulau, bisa mewakili kesemrawutan yang ada di negara ini. Kemacetan ada dimana-mana, dan jika malam gelap gulita. Sebenarnya kota ini memiliki jembatan yang membuat saya kagum ketika pertama kali datang ke Nigeria tahun 1992. The Third Mainland Bridge diresmikan oleh presiden Babangida pada tahun 1990. Jembatan ini menghubungkan antara daratan Ikeja dan Victoria Island, dengan panjang sekitar 11.8 km.

Daerah yang tidak mengandalkan minyak seperti Cross River State dengan ibukota Calabar, memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Itu menurut anak buah yang berasal dari daerah tersebut. Daerah ini mengandalkan pemasukan dari pariwisata seperti TINAPA dan Obudu Cattle Ranch.

Semoga Indonesia belajar dari apa yang terjadi di Nigeria, dan tidak terjebak oleh “the curse of oil”.


Responses

  1. salam kenal Pak..
    saya anto bekerja di dubai..
    kebetulan ada tawaran dari mantan bos, untuk pindah ke nigeria, prodeco di daerah freezone onni, dengan paket yang sangat menarik.
    saat ini apakah situasi cukup aman bagi kita orang indonesia disana?
    bagaimana biaya hidup disana? makanan indoensia? masyarakat indonesia, masjid, dsb.
    sebelumnya terima kasih banyak.

  2. @anto,
    Salam kenal juga ..
    Kalau daerah freezone yang Anto maksud mungkin di Onne port. Mengenai keamanan, apabila tidak bawa keluarga ‘it is managable’. Yang penting harus selalu low profile dan pergunakan common sense kalau bepergian. Jangan memakai barang mahal, seperti handphone atau PDA, jam mahal. Hindari bepergian sendiri di malam hari.
    Daerah Onne dulu beberapa kali di blok oleh vilager untuk minta kompensasi.
    Biaya hidup agak tinggi kalau mau beli barang import, tapi di sana ada Indomie🙂. Dulu ada banyak orang Indonesia di Franks (casing company), Weatherford (completion company), dan beberapa di Total dan Schlumberger.
    Untuk mesjid dulu saya pernah coba yang ke dekat Eleme junction. Di sini kotbah pakai 3 bahasa yaitu Hausa, Arab dan Inggris. Dan ada juga yang di dalam Air Force base.
    Port Harcourt kebanyakan orangnya beragama Kristen dan Katolik. Hampir di setiap kampung mereka punya gereja sendiri.
    Kalau airport di Port Harcourt sudah jadi no problem, tapi kalau belum berarti another 1-2 hour to Owerri air port di utara Port Harcourt.
    Semoga membantu.

  3. O ya betul pak..daerah Onne port.
    Saya sekarang masih mikir-mikir, diambil ngga ya..mengingat situasi keamanan disana.
    Saya sendiri belum punya anak, jadi kesana hanya dengan istri. Bos saya orang Kanada, dia sudah disana dengan keluarganya (istri dan 2 orang anak). Dia bilang sih di camp sendiri aman, tapi di luar kurang aman.

    kalau orang nigeria-nya sendiri wellcome tidak dengan orang indonesia?

    thanks informasinya yang sangat berharga.

    Anto

    • HI Mas Anto ,Sharing saja saya pernah menjalani bekerja di Nigeria tepatnya di daerah Ikeja – Agidingbi -Lagos. sebenernya sama saja dengan negara kita cuman beda pengalaman saja, didaerah 2 tertentu yang seperti disebutkan Mas Baskoro – Apapa – Under the Bridge – dan daerah Port yang lainnya- ya sama dengan kita kalau di Tanjung Priuk dan Tanjung perak . Orang orangnya ya sangar 2 biasa – di Lagos orang baik baik – sebaiknya senyum saja bila kebetulan berpapasan – sebut kalau Pagi Ekaso – selamat Pagi Ekaro – Selamat SIang – dan Ekale – selamat Sore dan malam …yang lain ya paling = Baoni – Apa kabarmu — Dadani ..aku baik baik saaja

      BIla ada kejadian pemaksaan ingin meminta uang ya sampaikan saja saya tidak banyak membawa uang – jika ada 10,000 Naira ya kasih saja 500 Naira – sudah cukup senang

      Jadi saya sarankan pergi saja ke Nigeria – Asyik kok hidup disana – sudah banyak makanan indonesia dab benar apa kata Mas Baskoro Indomie paling top – bentar lagi Mie sedap juga ada – dan makanan 2 yang lain lho…..datang saja ke ITPC – Perdagangan Indonesia ada di VI (Victoria Island)

      Ada Teman 2 buaannyaaakkk ….Pekerja Indomie (Dufil) , WIngs Coorporation – SOklun -Good Mama – Mie sedhaap…Jasjus dll
      Pokonya banyak deh teman 2 kita ada 500 an orang deh

      Demikian Sharing saya …moga moga bisa memberi semangat

  4. Pak mengenai kondisi terakhir disana bagaimana ya ?apakah msh spt itu atau tidak ? khususnya untuk di kota Portakot, oh iya bagaimana biaya hidup di kota itu ?

    saat ini sy msh di jkt n kebetulan saya br dapat tawaran untuk ke Portakot, Nigeria. Mohon infonya pak

    thx

  5. harriansyah,
    pada dasarnya Port Harcourt lebih tidak aman daripada Lagos. Awal bulan ini baru terjadi penculikan terhadap 2 orang Perancis di Onne, pinggiran kota Port Harcourt.
    Kalau memang akan pergi ke sana, usahakan agar selalu waspada dan keep low profile.
    Untuk referensi informasi coba check di sini : http://www.oyibosonline.com/

  6. Trims infonya pak, sy jg baca berita di antara bulan ini ada terjadi penculikan.

    Jadi deg2an ni. Thx linknya pak

  7. Masih di Nigeria, Pak? saya ada offering utk bekerja di sana & akan ditempatkan di Port Harcourt. Ada YM pak? so bisa ngobrol lebih jauh ttg Nigeria. YM ID saya:maverick_reloaded. Monggo di-add🙂

    Thx a lot

  8. Satrio,
    saya sudah meninggalkan Nigeria 2 tahun yang lalu. Untuk mengikuti situasi di Nigeria coba check di website http://www.oyibosonline.com/
    Yang saya dengar para pemberontak MEND telah mendeklarasikan ‘perang minyak’ terhadap pemerintah Nigeria.
    YM saya subaskoro, kalau masih perlu informasi lain.

  9. pak kalau di delta state bagaimana? saya mau pindah sekeluarga apa aman? biaya hidup apa mahal?mengenai makanan apa cocok untuk lidah orang indonesia?

  10. isrichawari,
    Delta State setahu saya sebenarnya merupakan daerah yang paling rawan, terutama disekitar Warri. Maka dari itu banyak kegiatan business pindah dari Warri ke Port Harcourt.

    Dan sekarang Port Harcourt pun menjadi relatif tidak aman. Jika anda akan bekerja di sana, sebaiknya datang sendiri dahulu untuk melakukan penjajagan awal sebelum membawa keluarga.

    Mengenai makanan, saya pernah mencoba eba atau gari (dari ketela pohon, semacam lemet), yam (dari ubi talas), bekicot sungai, pepper soup dan suya (semacam sate tapi dagingnya tipis dan pedas). Beras lokal yang biasanya berasal dari Ijaw, tidak terlalu enak. Biasanya dulu kita beli beras import. IndoMie sangat terkenal di Nigeria, ada 2 pabrik di sana.

    Mengenai harga, relatif mahal. Teruatama untuk barang-barang import.

  11. halo pak sbaskoro,

    saya ingin nanya sedikit diluar jalur ini pak.. kalau kerja sampai keluar negri itu gimana caranya yah pak? saya jg bekerja dioil services disalah satu perusahaan disini (indonesia).. memang belum sampai satu tahun tapi saya punya target juga untuk bisa kerja worldwide..

    dishare dong pak gimana jalur2nya, ^_^

    thx

  12. Fathan,
    sebenarnya nggak terlalu susah:
    1. pilih perusahaan yang memiliki usaha di luar negeri atau multinational company
    2. memiliki experience yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut
    3. good communication skill dan open minded
    4. energetic and outspoken/extroverted
    5. like the challenges and take more responsibility

    kalau sekedar mau kerja point 1-2 cukup, kalau mau career 3-4-5 akan memnbantu.

  13. ohh jadi memang lebih gampang melalui perusahaan multinational yah.. dan mereka memiliki jalan buat yang mao go internasional… begitu bukan pak maksudnya?

    wah kebetulan saya diperusahaan nasional tuh pak, cm kerja sambil cari2 jg si yg multinational hehe..

    apa ada lowongan pak buat anak baru? hihi

    thx ya pak sbaskoro

  14. Fathan,
    opportunity tentunya masih ada selama memiliki experience yang mereka butuhkan.
    Kalau boleh tahu di service company mana dan di bidang apa?
    Salam ..

  15. di elnusa drilling services.. saya DE buatu proyek2 IPM pak cuma tahun depan saya mao ditarik jadi MWD…

    ngga pak baskoro, saya cuma bercanda.. skrg belum punya modal apa2, nanti aja dan skrg masi belajar2 dulu

  16. Salam kenal Pak Baskoro,

    Apa benar di Port Harcourt sekarang ini sangat2 tidak aman buat para pekerja oil pak, karena saya kemungkinan akan kesana bulan depan.

    Masih ragu2 karena pertimbangan keamanan dan berita2 yg saya baca di oyibos.com. Mungkin bapak punya informasi yg lebih update lagi.

    Mohon pencerahannya.

  17. salam kenal pak baskoro

    saya anak baru kemaren sore (fresgraduate)
    s1 teknik mesin
    kebetulan saya ada panggilan untuk kerja di Technip Offshore Ltd (nigeria) dan dari pihak company meminta saya untuk mengurus DPR (DEPARTMENT OF PETROLEUM RESOURCES ) sertificate yang biayanya sekitar $300.00(USD). peryanyaan saya adalah apa benar apabila kita ingin bekerja di nigeria memerlukan DPR sertificate? apa bila bener,siapa yg harus mengurus??? informasi dari bapak saya lulusan chevron,seharusnya yg mengurus itu pihak company yg mendatangkan pekerja asing? saya takut ini semacam sindikat penipuan. mohon penjelasannya pak (icuk_as@yahoo.com)

  18. shyguy,
    seperti apa yang saya sebutkan sebelumnya, bahwa masih ada beberpa teman saya yang bekerja disana. Namun dengan pengamanan yang ketat.
    Saya pikir kalau mau kesana, hanya perlu ekstra hati-hati.

    Hadi,
    sewaktu saya di Nigeria, semuanya sudah diurus oleh perusahaan. Kalau mereka membutuhkan engineer seharusnya mereka yang membayar. Dan pada umumnya untuk ke Nigeria kita pakai business visa dulu, dan baru mengurus working permit ketika sudah sampai di sana. Mungkin Hadi perlu telusuri lebih jauh perusahaan ini sebelum berangkat ke Nigeria.

  19. Halo Pak Baskoro,

    Pa kabar nih Pak ?

    Saya skrg sudah di PH , dah 5 minggu.
    Saya cuma mau kasih update kondisi disini skrg yg mungkin dapat berguna buat rekan2 yang akan kesini nantinya.

    Skrg sudah lebih aman dibanding sbelum2nya, karena smua Company memberikan pengawalan extra ketat kepada smua expat2nya, jadi hampir 90% aman, yg lagi berkembang justru penculikan orang2 lokal katanya si karena mreka ini tidak dijaga ketat sama tentara, jadi lebih mudah nyuliknya, kalau yg dijaga ketat agak mustahil menculiknya karena pengawalan yg berlapis2. Tapi selama 5 minggu disini pun saya juga belum mendengar adanya org lokal yg diculik di skitar kantor ataupun camp.

    Overall situasi disini skrg lebih kondusif dan aman, asalkan kita nya ikut security policy yang diberikan oleh kantor kita bekerja…

    Salam,
    Shyguy

  20. halo pak Baskoro

    saya br saja lulus (freshgraduate), S1 Arsitektur. ingin menanyakan apakah memungkinkan untuk kerja pada bidang minyak? kira2 posisi apa yang bs saya ajukan waktu memberikan lamaran. ingin mencoba bidang selain arsitektur. terima kasih pak Baskoro.

  21. dear all,
    saya lg kerja di qatar, kontraktor oil n gas dan dapat tawaran di saipem, port hartcourt. Skrg lagi mikir2 mo diambil apa nggak ya? Utk Mr. Shyguy, boleh minta alamat email or skype?

  22. Pak Silalahi salam kenal,

    Saya juga dapat tawaran untuk bekerja di Port Hartcourt. Bisa minta email bapak??

    thanks

  23. hallo pak Baskoro…
    saya mau tnya masalah lokasi kerja yg aman. kbetulan saya dapat tawaran kerja di NNPC daerah NIGERIA dan projectnya In Eket, Akwa Ibom State- oil rich South-South Region of Nigeria. Kira-kira daerah sana aman g’ ya pak…?

  24. Salam Pak Baskoro,
    Saya sekarang bekerja di Indonesia, minggu kemarin saya mendapat tawaran kerja dari Independen consultant untuk kerja kontrak 2 tahun di Shell Petroleum Development Company dan bahkan sudah dikasih “contract terms” juga. Saya sangat tertarik atas penawaran ini. tapi yang saya aneh kenapa bukan dari pihak Shell Nigeria langsung yang memberitahukan penawaran ini. Mohon pencerahannya dari Bapak atau yang lain bagaimana solusinya saya sedangkan waktu untuk saya menyatakan saya setuju apa tidak tinggal 1 minggu.

    rgds,
    Alkhemi

  25. salam pak baskoro,
    saat ini saya dapat tawaran kerja dari chevron nigeria, di daerah Lekki peninsul, lagos.
    yang ingin saya tanyakan, bagaimana situasi kondisi keamanan di sana, soalnya ini merupakan pengalaman pertama bagi saya dapat kesempatan kerja diluar negeri

    regard,

    Kunkel

  26. hilluuwww pak baskoro,
    waahh senangnya baca pengalaman kerja pak Baskoro, jd semangat lho.
    sy mau tanya pak…adakah good restaurant nigeria di jakarta?
    saya suka coba2 kuliner.
    if u dont mind…thanks for the info.

  27. Dear Pak,

    Thanks forinfonya..saya searching dari inet dan mendapat banyak info dari bapak. Untuk pertanyaan saya, brapa kira2 biaya untuk makan siang dan malam disana pak?

    mengingat kurs saat ini 1 Nigeria=60 rupiah Indonesia.

    mohon pencerahannya pak, thanks

    • Isybel,
      Biaya makan di sana relatif murah, hampir sama dgn di Indonesia. Bahkan kalau suka makan Indomie, di Nigeria ada pabriknya. Makanan yang saya suka adalah suya dan goat pepper soup.
      Salam.

  28. Dear pak baskoro,

    salam kenal, bulan february 2012 ini saya berencana untuk berangkat ke Nigeria untuk bekerja di salah satu perusahaan minyak di sana tepatnya di daerah Uyo. kira-kira daerah itu rawan ngga ya pak?trus apa yang harus dilakukan untuk dapat berbaur dengan orang – orang disana?

    Please advise me

    Terima kasih

    Regards

    • saat ini sdh posisi on job di nigeria yah ?
      kalau boleh tau , bgmn proses recruitment sebelum ke nigeria terutama proses pembuatan visa . thanks

  29. Mohon info pak, saya baru 1 bulan bertunangan dengan salah seorang ekspat di port hartcourt, saat ini dia bekerja pada perusahaan tinapa dia seorang IT Engineer, dan akan mengakhiri kontrak kerjanya pada tgl 27 April 2012 ini, namun beberapa hari ini saya sulit sekali menghubungi dia. Memang saya tahu situasi disana sangat buruk sekali. Apakah memang jaringan internet dan telepon disana begitu buruknya sehingga terkadang sulit sekali bagi kami untuk berkomunikasi. Mohon infonya bila tidak keberatan, karena saya sangat mengkhawatirkan keadaan dia disana. Terima kasih.

  30. Mohon info pak,tanggal 1 maret 2012 saya mendapatkan email dari agip oil company di negeria yang isinya adalah penawaran untuk bekerja di agip oil company nigeria,, tapi saya belum tahu prosedurnya bagaimana cara mengurus administrasi dan sebagainya,dan bagaimana sebenarnya propil dari agip oil company tersebut,,mohon dibantu pak,,Terima Kasih

  31. salam kenal pak,
    saya melamar pekerjaan ke perusahaan Shel Petrolium Departement Company ( SPDC ) melalui imternet dan saya di terima dan surat kontrak di kirim via email. apakah ini benar pak ? mohon petunjuk.

    regards,
    surya

    • Surya,
      Apakah ada proses interview sebelumnya?
      Pada umumnya sebelum kita mengirimkan surat kontrak, kita akan memastikan terlebih dahulu apakah profil yang tertulis di CV benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Interview biasanya dilakukan 2 kali, pertama oleh recruiter kemudian oleh user atau bagian yang membutuhkan karyawan baru.
      Lalu ekspektasi gaji apakah memang sesuai dengan yang ditetapkan oleh perusahaan. Apabila semuanya Ok, akan diikuti dengan medical check-up dulu sebelum seseorang diterima dalam perusahaan.Apabila dinyatakan fit, baru akan dikirimkan atau diberikan surat kontrak.
      Proses yang anda tulis kelhatan begitu cepat, sehingga agak janggal apabila ini benar dilakukan oleh SPDC. Lebih baik anda berhati-hati.

      Salam,
      S.Baskoro

      • salam pak baskoro,
        proses nya memang 2 kali, pertama saya mendapatkan balasan dari recruiter yang meminta cv saya untuk di kirim kan ke :

        SHELL RECRUITMENT

        Reply only to
        Client code /VIC/SPDC/ vol. 2012/13

        ATTN: SIR

        SHELL PETROLEUM DEVELOPMENT COMPANY

        You are here by notified that your qualifications and experiences were found suitable for the requirements of Shell Petroleum Development Company Nigeria.

        For verification and screening you are to submit your most recent resume through our e-mail; jobs@shellrecruitmentdepartment.com

        And also indicate your present and expected salary.

        Faithfully,
        Shell Recruitment Unit.

        cv saya kirim sesuai alamat email tetapi saya tidak cantumkan salary yg di minta sesuai lowongan yg saya lamar.
        setelah lebih kurang dua minggu saya terima email lagi dimana letters contrack di lampirkannya di file attachment ):

        ( ini copy email berikutnya )

        SHELL PETROLEUM DEVELOPMENT COMPANY
        P.O.Box 263
        Shell Industrial Area
        Rumuobiakani
        Port Harcourt
        Nigeria
        Tel: +2347044906730

        ATTEN. Surya Yunus,

        Congratulations, That Your Qualification And Experiences has been Found Suitable For Employment With Shell Nigeria Limited.

        We Hereby Attached An Advance Copy Of The Contract Terms For Your Perusal. On Your Satisfaction With The Contract Terms You Are Expected To Sign It And Send It Back To Us Immediately Via E-Mail Attachment.

        Also, You Are To Attach In The Contract Terms A Copy Of Your Most Recent Passport- Photograph For Us To Forward To Your Employer Shell Nigeria Limited For The Release Of Your Employment Letter.

        However Once We Are Through With The Signing Of The Contract Terms And Employment Letter, An Immigration Lawyer Who Will Be Contracted To Assist And Guide You On The Immigration Procedures.

        His Primary Assignment Is To Make Sure Your Workers / Resident Permit, Cable Visa And Expatriate Quota Approval Are Granted Without Delay.

        The Services Of The Immigration Lawyer Has Already Been Taken Care Of By Your Employer, In Other Words You Are Not Suppose To Pay Him For His Services.

        Your Consistency Will Be Highly Needed In Order For You To Meet Up With The Stipulated Date Of Resumption.

        You Are to Furnish the Immigration Lawyer with Documents That Will Be Required by the Nigerian Immigration Service In order For Them to Grant These Approvals on Time.

        As Soon As Your Resident/Workers Permit, Cable Visa And Expatriate Quota Approval Is Granted Here In Nigeria It Will Be Faxed To The Nigerian High Commission In Your Location Who Will In Turn Invite You For An Interview For A Str Visa.

        A Copy Of The Approval From The Nigerian Immigration Service Will Also Be Faxed To Your Employer Shell Nigeria Limited In Order For Them To Start Making Arrangements On How To Pay You Your First Month Entitlements That Will Cover Your Flight Tickets And Other Miscellaneous Expenses Incurred In The Course Of Your Traveling.

        The Contract Signing And Immigration Matters Is Suppose Not To Take More Than Two Weeks, Since We Are Working With A Limited Time.

        Best Regard,
        Mr. Tony Samuel
        (Human Resources Manager)

        jadi bagai mana menurut pendapat pak baskoro?

        salam,
        surya

      • Surya,
        Lebih kita bicarakan privately.
        E-mail saya subaskoro@yahoo.com

        Salam,
        SB

      • Hello Surya,
        Bagaimana kelanjutannya?
        Saya lihat sampai yang kedua ini mereka tidak meminta uang dan bahkan mereka akan melibatkan Konsulat Nigeria utk pengurusan STR visa anda.
        Kelihatannya ini benar, tapi sebelum meutuskan utk berangkat ke Nigeria, coba kontak juga Konsulat RI di Lagos atau mungkin sekarang sudah di Abuja.

        Salam,

  32. Salam kenal, how u dey? Suami saya orang nigeria, sy pengen tanya pak apakah banyak orang indo yang punya suami niger tgl dsn? …. Yang saya heran kenapa orang nigeria sendiri tidak suka tinggal di negara mereka sendiri. …

  33. salam kenal ya pak.
    ada rencana dari kantor suami untuk di tempatkan di Lagos. Nigeria. Yang ingin saya tanyakan bagaimana dengan kehidupan di sana, untuk kita orang asia dengan 2 anak ( 6 dan 13 th) apakah aman ? dan juga apakah banyak masyarakat indonesia di Lagos? bagaimana dengan kehidupan beragama khususnya untuk kami yang muslim, apakah ada mesjid atau pengajian untuk anak-anak? bagaimana dengan sekolah untuk anak-anak ? Dan juga mengenai bahan makanan , apakah disana ada toko makanan asia semacam china town ? maaf ya pak kalu banyak tanya…..🙂
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih ya pak.
    wassalam
    erni.

    • Erni,
      Lagos situasinya lebih aman dibandingkan dengan Port Harcourt dimana kami pernah tinggal. Cukup banyak orang Indonesia di sana, bahkan dulu ada yang bekerja di Indomie Nigeria, Wings Group dan perusahaan pharmacy. Ada juga yang bekerja di sektor migas seperti TOTAL, Chevron, Schlumberger dll. Orang Nigeria dari suku Fulani dan Hausa adalah muslim dan banyak di utara dan sekitar Lagos, juga Yoruba sekitar 30% muslim. Sekolah internasional cukup banyak di sana, ada American dan British system bain yg mengikuti IB atau pun A level.

      Juga banyak makanan Asia, bahkan Indomie sangat banyak ..🙂 Ok, semoga lancar utk perjalanan ke sana. Sebaiknya segera menghubungi KBRI setibanya di sana. Semoga bermanfaat … wassalam, S.Baskoro

  34. Nama saya Firman, saya dapat tawaran dari Shell Petroleum Development Company. Tapi koq domain emailnya tidak pakai shell.com or sejenisnya. Mohon masukannya kira-kira penipuaan atau tidak? Dan kalau bukan penipuan, kira-kira range salary untuk level foreman atau supervisor berapa yah? Terimakasih banyak sebelumnya.

  35. Salam kenal pak subaskoro
    Perkenalkan saya victor dari indonesia
    Saya kerja di bidang garment indonesia
    Dan saya mempunyai perusahaan manufaktur baju pakain yang biasa disuplai ke kota onitsha dan kano
    Saya mempunyai banyak kenalan igbo di pasar onitsha, negara bagian anambra

    Sejak 1 tahun yang lalu, the fed bank central amerika mempunyai rencana menaikan suku bunga
    Akibtanya membuat nilai tukar rupiah terdepreasiasi dari level 11,000 hingga sekitar 14,500
    Dan memnyebabkan nilai tukar naira drop dari 180 ke level 270 naira/$
    Dan lucunya bank central nigeria tetap mematok di level 198naira/$

    Akibatnya skr bank sentral nigeria menghentikan semua aktivitas transaksi $, baik pembukaan rekening $ maupun pengiriman usd. Dan saya dan beberapa teman saya selaku ekportir barang ke nigeria tidak dapat menenrima usd dari negara nigeria…
    Dan aktivitas bisnis kami semua terganggu

    Apakah pak subaskoro mempunyai link di nigeria?
    Yang membutuhkan investasi di nigeria ataupun apakah pak subaskoro mempunyai teman/kenalan yang membutuhkan naira di nigeria, sebab partner bisnis saya mempunyai banyak naira dan mereka tidak bisa memgirimkan ke indonesia..
    Mungkin teman bapak mengimpor komoditas dari nigeria , dan mengirimkan $ dari indonesia dan terkena rate mahal, dan terkena biaya pengiriman juga, sedangkan saya mempunyai banyak naira di nigeria dengan rate bagus dan tanpa biaya kirim…

    Dan apakah bapak subaskoro masih mempunyai kenalan orang indonesia yang tinggal di onitsha , ini akan sangat membantu urusan saya dan teman bapak
    Atau jika teman bapak adalah importir komoditas dari nigeria saya join bisnis dengan beliau

    Mohon bantuan informasi dan link,
    Terimakasih banget

  36. Salam kenal Bapak. Saya dapat panggilan kerja oleh Total Nigeria dan saya harus mengirimkan agreement letter dalam minggu ini. Tapi yang membuat saya ragu adalah apakah ini benar atau sejenis penipuan. Email pengirimnya adalah: Total Nigeria . Setahu saya kalau domain email perusahaan besar mudah diingat seperti schlumberger.com, chevron.com dll. Mohon advicenya pak.
    Trims.
    Edriandi

  37. Email pengirimnya :paulodekina@ng.total.mail.net.tf. Pada agreement letter disebutkan bahwa visa akan dibuatkan setelah sampai di Nigeria.

  38. Maaf sebelumnya, sy ingin konsultasi, sy menerima email balasan dari NAOC, sy masih bingung ini nyata atau penipuan apakah bisa saya dibanti. Bila anda bersedia saya akan kirimkan emailnya untuk dipelajari. Terima kasih. Yusran


Tinggalkan Balasan

Kategori

