Oleh: sbaskoro | Februari 14, 2008

Sekilas tentang lapangan pekerjaan di industri minyak & gas

Bagi mereka yang masih membutuhkan informasi tentang lapangan pekerjaan di industri minyak & gas dapat dilihat di website berikut : http://www.petrostrategies.org/Learning%20Center/People_Who_Work_in_the_Oil_and_Gas_Industry.htm

Di situ bisa dilihat bahwa pekerjaan di industri minyak & gas tidak melulu berhubungan dengan drilling rig atau lokasi yang terpencil.


Responses

  1. Salam kenal,

    Pingin nanya ya. Apa sih bedanya kerja di service company ama oil company sendiri?

    Luthfi.-

  2. @Luthfi,
    Salam kenal juga.
    Oil company adalah pemilik lapangan minyak dan sumur produksi. Sedangkan oil service company, adalah perusahaan yang menjual jasanya ke oil company. Seperti Schlumberger yang menjual service logging, cementing, completion, field study, well testing dll.

  3. Wess… Mas SB sdg OL ya rupanya.

    Kalo kerjanya bagaimana mas? Dengar2 dari orang katanya kalo yg kerja di oil company lebih “nyante”. Ga tau sih bener apa engga.

    Terus mereka itu kalo merekrut yg freshgrad, yg diliat apanya ya? Apakah mereka liat orang2 yg tough, assertive, ato hal lain?

    (sori kebanyakan nanya)

  4. @Luthfi,
    Yang jelas di oil company untuk pekerjaan lebih fokus pada satu asset. Misalnya mereka berhubungan dengan lapangan minyak tertentu.

    Sedangkan untuk service company lebih banyak yang harus ditangani. Sehingga di oil company terkesan lebih santai, dan di service company diharapkan bisa membagi pekerjaan sesuai denga kebutuhan masing-masing oil company.
    Saya pernah dalam seminggu harus melihat data dari tiga sumur minyak yang berbeda, dengan jenis reservoir yang berbeda.

    Untuk recruitment tergantung dari jenis pekerjaan yang akan ditangani, dan dicoba untuk link & match antara job profile dan personal profile. Untuk pekerjaan lapangan (field engineer) dibutuhkan orang yang assertive, talkative, leadership etc. Dan untuk pekerjaan kantor, dibutuhkan orang yang bisa konsentrasi dan duduk didepan komputer cukup lama, accomplishe the job in quite room, dll

    Pada umumnya renumeratio untuk field engineer lebih besar dari pekerja kantor, karena berhubungan dengan resiko yang mereka hadapi.

  5. Salam kenal pa baskoro

    Saya fachri dari jakarta. Kebetulan abang saya mendapat tawaran kerja di Nigerian National Petroleum Corporation. Pihak company meminta ke abang saya untuk mengirim sejumlah uang untuk proses administrasi. Terus terang ini agak aneh untuk saya. Masa kita ingin melamar kerja untuk mendapatkan uang, koq sekarang harus kirim uang dulu.
    Yang ingin saya tanyakan bagaiman sebenarnya keadaan perusahaan itu? apa memang harus kirim uang begitu ya pak?

    Please advise

    Terima kasih ya pak sebelumnya.
    Kalo ingin reply tolong ke email saya ya pak. trims

    Fachri

  6. Fachri,
    Jangan percaya dengan hal itu. Ini yang biasa disebut dengan Nigeria 419 scam. banyak sekali modusnya, mulai dari iming-iming kerja, kerja sama di business minyak, sharing harta warisan dll.

    Bisa dicheck di beberapa website sbb:
    1. http://home.rica.net/alphae/419coal/
    2. http://www.snopes.com/crime/fraud/nigeria.asp
    3. http://www.quatloos.com/scams/nigerian.htm

  7. malam Pak.
    saya ingin bertanya tentang industri petrolium di Indonesia. apakah di Indonesia pengolahan minyak mentah hanya boleh dilakukan oleh Pertamina? apakah ada perusahaan yang lain yang mengolah bensin?
    terimakasih.

    Peggy

  8. Peggy,
    setahu saya di Indonesia hanya Pertamina yang memiliki pengilangan minyak. Kegiatan ini ditangani oleh Pertamina Unit Pengolahan. Sedangkan untuk perusahaan yang bisa mengolah bensin, Shell juga melakukannya. Mereka mendapatkan bahannya dari pengilangan yang dikelola oleh Pertamina, kemudian dilanjutkan dengan processing untuk menghasilkan bensin Shell Super dan Shell Super Extra.

  9. Met malam pak dan salam kenal,

    Saya seorang wiraswasta pemasok barang di perusahaan oil dan gas pada bidang Oil Spill Response Equipment, seperti Oil Boom, Oil Skimmer, Temporary Storage Tank, dll. Kebetulan saya mempunyai keagenan untuk peralatan2 tersebut dari USA.
    Permasalahan yang ada saat ini adalah kebijaksanaan di Pertamina ataupun BP MIGAS mengharuskan barang (Oil Boom) tersebut interconnectable dengan area sekitar, padahal dengan demikian dapat membuat suatu perusahaan KPS-KPS ataupun Pertamina tidak ekonomis dalam pembelanjaannya. Ini sudah terbukti dan terjadi berulang kali. Sementara itu, fungsi serta kegunaannya sama saja, yang berbeda hanya brand.
    Kemudian saya berfikiran, ini monopoli dan membuat lokal manufacture tersebut merasa besar serta menaikkan harga seenaknya saja pada setiap penawarannya. Perbedaannya hrg dengan product saya mencapai +/- 200% an.
    Mohon pendapat bapak mengenai hal tersebut ? apa dan bagaimana membuat suatu opini terhadap end user mengenai hal tersebut ?
    Terima kasih.

    Doddy

  10. Pak Doddy,
    Ini biasanya ditangani oleh bagian marketing. Kadang harga mahal is OK kalau servicenya memang handal, atau service purna jual suatu product sangat memuaskan.
    Anda bisa membuat presentasi kepada perusahaan minyak tersebut kalau product anda akan menekan biaya operasi mereka. Kalau masih belum berhasil, mungkin anda harus cari partner untuk menembus pasar yang ada diawalnya.

  11. Salam kenal bapak,
    Saya ingin sekali bekerja di oil and gas company, terutama untuk bidang drilling seperti schlumberger, namun saya dari teknik lingkungan, apakah masih ada peluang untuk bergabung dgn oil comp di bidang drilling??? selain itu untuk dapat lolos pada tes schlumberger menurut saya cukup sulit, apakah bapak punya tips untuk saya?
    terimakasih

  12. selamat malam pak,
    saya freshgraduate dari PTN jurusan akuntansi. Saat ini saya menerima kontrak diperusahaan oil and gas selama 3 bulan. Dengan gaji <Rp. 2 juta. Yang saya tanyakan, apakah hal tersebut wajar untuk industri oil dan gas.

    yang kedua, saya ada kesempatan untuk bekerja di industri customer goods dan gaji yang ditawakan cukup besar (bagi freshgrad).

    Yang kembali saya ingin tanyakan, sebaiknya saya memilih yang mana?? Satu sisi, di tempat perusahaan oil dan gas tersebut saya merasa nyaman dalam bekerja dan sesuai dengan impian bidang kerja saya.

    Terima kasih ya pak =)

  13. ika,
    untuk recruitment Schlumberger pada umumnya mencakup disiplin ilmu yang cukup luas. Kecuali untuk segment seperti Data & Consulting Services (DCS) recruitment focus pada geoscientist.
    Jadi, coba saja untuk apply dan mengenai persyaratan dan test umumnya adalah: GPA (IPK) masuk dalam kategori yang diminta, out-spoken, fit sesuai dengan test kesehatan yang diminta, biasanya ada test tertulis dan wawancara. Utk tips lolos test, wah itu yang sulit. Masing-masing orang mempunyai kelebihannya masimg-masingūüôā.

    Diana,
    kalau masih dalam masa kontrak gaji biasanya masih cukup kecil. Lagipula akuntan memang bukan merupakan pekerja inti dari oil & gas company, lain hanlnya dengan consulting company seperti PWC, KPMG atau perbankan.
    Apakah Diana sudah tanya apakah setelah 3 bulan, akan ada pengangkatan sebagai pegawai tetap dan memiliki paket kompensasi yang lebih bagus?
    Itu mungkin langkah pertama yang harus Diana lakukan dulu sebelum mengambil keputusan lebih jauh. Kalau memang paket konpensasi akan lebih bagus dan memiliki karis yang lebih bagus, kenapa tidak utk tetap kerja di oil & gas company.
    Kalau tidak, bisa ambil pekerjaan yang kedua sambil tetap mencari pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan keinginan Diana, baik dari segi paken kompensasi ataupun lingkungan kerjanya.

    Semoga sukses utk ika dan Diana ..

  14. salam kenal pak,
    saya bekerja dibank pak kurang lebih 3 tahun…
    akhir2 ini saya mulai jenuh dengan kerjaan saya saat ini..saya mulai pingin pindah haluan kerja ke Oil company…
    yang saya pertanyakan apakah saya masih bisa melamar ke Oil company dengan experience yang saya punya soanya saya sendiri lulusan dari Teknik elektro..
    dan apa aja sih persiapan menjadi pekerja di Oil company ini..

    terima kasih sebelumnya…

  15. Pak saya numpang nanya, kalau saya mau ajukan tugasakhir tentang “survey pemboran berarah” baiknya ajukan kemana ?
    Service company, atauOil company ya

    tolong dibalas ke email saya

  16. pak saya mau tanya sedikit…..kalau lulusan IT bisa gak masuk untuk bekerja diperusahaan minyak??dan sebenarnya basic skill apa saja yg harus kita miliki untuk kerja dilapangan?…..terima kasih

  17. salam kenal dan sukses pak sbaskoroūüôā

    saya mahasiswa semester akhir ingin melakukan penelitian skripsi di sclumberger tntang GIS, artinya posisi sumur minyak, tingkat produksinya dan perawatan sumur minyknya yg kemudian di visualisasikan dengan peta di GIS. kira2 cocok/ tidak sclumberger untuk kasus penelitian saya ini pak? sedikit sekali informasi sclumberger yg saya peroleh. sebenarnya ia ini perusahaan apa sih?, yg ia tangani itu apa aja?

    terimakasih pak sbaskoro untuk informasinya..

  18. saya hanya tamatan SMA.
    saya bisa di bilang org g mampu..
    mau kuliah aj saya g bisa.
    karena saya jadi tulang punggung keluarga saya.

    begini pak sbaskoro

    kebetulan rumah saya dekat PT.industri minyak dan gas.
    saya bingung mau ngelamar kerja apa?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: