Oleh: sbaskoro | Februari 17, 2008

Mempersiapkan rumah menghadapi banjir

Berita banjir sudah bukan hal yang baru di Jakarta dan sekitarnya. Mungkin kita sudah tidak bisa berharap banyak terhadap sistem yang ada untuk bisa menanggulangi banjir.

Banyak hal yang diluar jangkauan kita untuk bisa berperan serta menghadapi banjir. Yang penting kita menjaga lingkungan rumah selalu bersih, saluran air selalu lancar dan dibersihkan secara teratur dari endapan.

Selain itu kita bisa mempersiapkan rumah agar lebih tahan menghadapi banjir. Tahan disini dalam arti apabila banjir datang tidak akan menyebabkan banyak kerusakan, karena kita telah mengantisipasinya. Lantai dasar diisi dengan perabot yang lebih tahan terhadap air, stop kontak dipasang di atas garis banjir.       

Buatlah gudang darurat yang aman, kalau tidak memiliki rumah tingkat anda bisa manfaatkan ruangan di bawah atap (attic) sebagai tempat penyimpanan. Tapi perlu dicek terlebih dahulu apakah kerangka langit-langit kuat untuk menahan beban.

Untuk informasi lain anda bisa lihat di simulator banjir di website berikut :  http://www.floodresilienthome.com/flood.asp


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: