Oleh: sbaskoro | Februari 17, 2008

State of Fear : the challenge for global warming theory

Barusan saja saya selesai baca buku Michael Crichton yang berjudul “State of Fear”. Buku ini sudah saya beli setahun yang lalu, tapi baru sempat menyelesaikannya hari ini.

Menulis cerita techno-thriller adalah keahlian Michael Crichton, dia juga menulis “Jurassic Park” (science fiction) yang kemudian difilmkan oleh Steven Spielberg.

Dalam buku “State of Fear”, Michael seakan-akan menantang teori pemanasan global (global warming theory). Tidak semua glacier meleleh seperti apa yang telah digembar-gemborkan oleh enviromentalist, di Eslandia dan Norwegia glacier bertambah luas dan lapisan es di Antartika bertambah tebal.

Buku ini menuai banyak kritikan namun juga menerima penghargaan. Salah satu penghargaan berasal dari American Association of Petroleum Geologist (AAPG), dengan “Geosciences in the Media” award. Penghargaan dari AAPG mendapat kritik keras, karena dianggap sebagai promosi terselubung dari industri minyak.

Michael Crichton, dengan latar belakang pendidikan di Harvard, melakukan study selama 3 tahun untu menulis buku ini. Terus terang buku ini cukup menarik untuk dibaca.

Menurut saya, setidak-tidaknya buku ini mengajak agar kita tidak menelan mentah-mentah teori pemanasan global. Beberapa waktu terakhir ini terjadi anomali dengan iklim di bumi. Beberapa tempat yang biasanya cukup panas, mengalami iklim dingin dan bahkan beberapa tempat mengalami turun salju yang biasanya tidak pernah terjadi sebelumnya.

Untuk skala Jakarta, kita tidak seharusnya berdalih bahwa banjir yang terjadi ini merupakan siklus tahunan atau lima tahunan, seakan-akan dengan jawaban seperti sudah cukup untuk melarikan diri dari tanggung jawab.

Jakarta seharusnya melakukan investasi di bidang penelitian sehingga bisa menjawab permasalahan banjir dengan tepat. Selain permukaan air laut yang naik, permukaan tanah di beberapa daerah di Jakarta juga mengalami penurunan. Jadi ada dua permasalahan yang harus dihadapi oleh Jakarta.

Nah ini merupakan pekerjaan rumah yang berat untuk Fauzi Bowo. Seharusnya dia melibatkan para ahli yang bisa membantu untuk mengatasi permasalahan ini. Dari dulu hanya dibahas masalah Banjir Kanal Timur, apakah hanya itu solusi yang tepat? Kemajuan di bidang komputer harusnya juga dimanfaatkan untuk bisa mensimulasikan banjir di Jakarta. Dengan begitu bisa diketahui kira-kira langkah apa yang harus dilakukan untuk bisa menanggulangi banjir di Jakarta.

Ah ngelantur, dari “State of Fear” menjadi masalah banjir di Jakarta. Untuk melihat lebih jauh, banyak bahasan yang menarik untuk “State of Fear”. Tinggal ketik di google: State of Fear, maka banyak website yang membahas buku ini termasuk di Wikipedia.

200px-michaelcrighton_stateoffear.jpg


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: