Oleh: sbaskoro | April 3, 2008

Semakin dilarang, semakin membuat penasaran

Lahirnya UU ITE akan membuat orang semakin terbatas untuk akses ke website yang berbau asusila. Dan sudah jadi rahasia umum, kalau semakin dilarang akan membuat orang semakin penasaran.

Saya jadi ingat waktu kecil dulu, ketika acara TV hanya disiarkan oleh TVRI. Setiap malam minggu ada film akhir pekan, yang selalu mencantumkan peringatan “Hanya untuk 17th ke atas”. Dan saya sudah harus masuk kamar dan tutup pintu. Kadang penasaran juga ingin mengintip. Padahal film itu tidak ‘seseram’ film-film p**** yang ada di website.

Usaha untuk menutup akses ke website asusila memang tidak akan 100% efektif. Ini seperti halnya ketika kita mengunci rumah dan kendaraan, masih saja selalu ada orang yang kecurian. Mengunci rumah akan mempersulit orang untuk  mengambil barang yang bukan miliknya. Ini juga seperti halnya antara orang pembuat virus computer dan pembuat antivirus computer. Nothing is perfect, but we should try to do the best!

Namun setidak-tidaknya telah ada usaha untuk mencegah dekadensi moral yang semakin meraja-lela. Usaha ini juga harus dibarengi dengan pendidikan moral di sekolah dan rumah, serta melibatkan peran orang tua dalam mendidik anak mereka  dan juga menjadi suri tauladan yang baik bagi anaknya.

Banyak orang protes, karena merasa mereka bisa mengontrol diri. Tapi pada kenyataannya banyak anak-anak di bawah umur yang ketagihan akses laman esek-esek. Dan tentunya mereka tidak peduli hal itu, karena sekarang ke-aku-an sudah lebih menonjol daripada berpikir untuk saling menjaga.

Dan memang sudah sifat manusia, semakin dilarang akan semakin penasaran …


Responses

  1. yaaa…. itulah orang kita. Memang pemerintah kita selalu menggunakan kata/kalimat perintah, contoh : Jangan. Kata jangan berarti melarang kita untuk berbuat. Kenapa pemerintah kita tidak menggunakan kalimat yang lebih halus, misal: bisakah kita tidak….., atau kenapa sih kita tidak mengedepankan solusi? atau sebuah alternatif ide?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: