Oleh: sbaskoro | Oktober 14, 2008

Ikutan BG Energy Challenge 2008 di Kazakhstan

Tahun ini merupakan ketiga kalinya Schlumberger ikut berpartisipasi dalam acara BG Energy Challenge. Acara ini merupakan gabungan antara kegiatan team work serta uji fisik dan mental.

 

Kali ini acara diadakan di Borovoye, di luar kota Astana, 220 km ke arah utara. Naik bis kira-kira 3 jam perjalanan. Pesertanya terdiri 36 team dari berbagai perusahaan minyak dan servis di Kazakhstan, perusahaan media, bahkan Air Astana (perusahaan penerbangan Kazakhstan) dan Delloite juga PWC (financial consultant). Dan kebetulan competitor Schlumberger seperti Halliburton, Baker Hughes dan Weatherford tidak ikut serta. Sehingga partisipasi Schlumberger dalam acara ini diapresiasi oleh perusahaan minyak.

 

Tujuan dari acara ini adalah pengumpulan dana untuk National  Paralympic Committee of Kazakhstan, dan kali ini terkumpul dana sebesar $108 ribu. Dari tahun ke tahun, peserta acara ini meningkat dan demikian pula dana yang terkumpul.

 

Acara ini banyak menggantungkan pada ketahanan fisik (lari, bersepeda, berenang), penggunaan GPS dan strategy. Untuk pencatatan waktu menggunakan electronic timing SPORTident.

 

Sayangnya acara ini bersamaan dengan bulan puasa, dan hari pertama saya dan seorang teman dari Pakistan bertahan untuk puasa. Akibatnya kami berdua cepat merasa kelelahan dan saya mendapatkan kram kaki (setelah lari dan bersepeda sejauh kira-kira 12 km), dan teman saya nggak bisa menyelesaikan satu tantangan panjat tali sehingga kami kehilangan point. Dan sebelumnya kami telah kehilangan point di salah satu stand karena nggak bisa menjawab pertanyaan yang konyol .. he he he … protes tapi nggak diterima.

 

Untuk event 1-2 kami banyak kehilangan waktu, dan bertengger di urutan ke 34 dari 36. Pada malam harinya kami berkompetisi berdayung dan berenang. Empat teman saya berdayung dan saya ‘nekat’ ambil berenang, kira-kira 100 m. Masya Allah, ternyata berenang di air bertemperatur 6-7 derajat Celcius terasa membekukan badan, hampir saja saya menyerah kalau bukan karena mendengar teriakan teman-teman yang menyemangati dari tepi danau.

 

Anyway, dari hasil event ke 3 posisi naik sedikit ke 31. Karena ternyata ada beberapa team yang nggak ‘nekat’ untuk berenang di air dingin. Pada saat perjalanan pulang dari danau ke kamp, badan terasa menggigil (walau sudah minum banyak teh hangat) dan kaki sempat kram keduanya.

 

Keesokan harinya kami lebih siap (mental dan fisik, saya dan teman Pakistan memutuskan untuk tidak puasa pada hari itu), di event ke 4 kami mencapai posisi ke 18. Dan untuk event terakhir, membuat pompa pralon dan mencari lokasi air yang terkontaminasi, kami mencapai posisi ke 7. Hasil akhir kami menduduki posisi ke 20 dari 36. Lumayan …. Yang penting tujuan utama untuk ‘having fun’ tercapai .. J

 

Photo-photo silakan lihat di Flickr.


Responses

  1. untuk infonya ok…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: