Oleh: sbaskoro | Juli 16, 2010

ITS dalam ekspedisi Spirit Majapahit Indonesia-Jepang dan Atlantic Challenge International di Canada

Setelah mass media diramaikan oleh kesuksesan team Sapu Angin dari Teknik Mesin ITS dalam kancah Shell Eco-marathon Asia di Sepang – Malaysia, sebenarnya ITS juga terlibat dalam 2 event yg berhubungan dgn kebaharian. Petualangan mereka juga tidak akan kalah seru …

Yang pertama adalah team ‘Spirit of Majapahit’, yang telah diberangkatkan dari Tanjung Priok pada tgl 10 Juli yang lalu. Ekspedisi ini terselenggara berkat kerja sama antara Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA-ITS) Jakarta Raya, serta Japan Majapahit Association.

Awak kapal tidak hanya terdiri dari mahasiswa ITS, tetapi gabungan dari beberapa mahasiswa dari PT lain juga yang telah lolos dari proses rekruitmen. Mereka harus memiliki ketrampilan yang diperlukan dalam ekspedisi tsb seperti mampu berenang dgn baik, pengetahuan kebaharian, pengetahuan navigasi laut, P3K dan juga wawasan kebudayaan ttg Indonesia, menguasai salah satu kesenian serta mampu berkomunikasi dalam bahasa asing.

Kapal tsb akan akan singggah terlebih dahulu ke Brunei Darussalam. Lalu kapal akan berlabuh ke Filipina, Jepang, China, Thailand, Vietnam, Singapura dan kembali ke Indonesia. Setelah kembali ke Indonesia, kapal akan di tempatkan di Museum Majapahit di Mojokerto, Jawa Timur. Beberapa berita ttg ekspedisi adalah sbb:

http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/newsvideo/2010/07/10/108826/Kapal-Spirit-of-Majapahit-Berlabuh

http://www.spiritmajapahit.com/

Yang kedua adalah team Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Maritime Challenge yang berangkat ke Kanada. Mereka akan mengikuti event Atlantic Challenge International yang berlangsung pd tgl. 24-31 Juli di Midland – Canada.

Di event 2 tahunan ini team ITS telah mengikutinya sejak tahun 2002, dan di tahun ini mereka akan mempergunakan kapal Garuda Nusantara yang mereka buat sendiri. Kapal ini merupakan kelanjutan dari kapal Merdeka-1 yang dipergunakan pada event yg sama di Finlandia tahun 2008.

Team ini tidak hanya mewakili ITS, tetapi Indonesia. Bahkan bisa dikatakan mereka mewakili Asia-Pacific, karena dari region tsb hanya Indonesia yang mengikuti event ini sampai sekarang.

Selamat berjuang adik-adikku dan capailah hasil yang terbaik demi Indonesia …

http://www.antarajatim.com/lihat/berita/37277/lihat/kategori/15/Hukum

http://www.its.ac.id/berita.php?nomer=7146

http://www.atlanticchallenge.org/member.html


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: