About

Orang Indonesia yang bekerja di sebuah perusahaan international di bidang jasa perminyakan. Saya merasa sangat beruntung karena mendapatkan kesempatan untuk bekerja di beberapa negara asing dan melakukan perjalanan (baik dinas ataupun berlibur) ke beberapa benua. Melalui weblog ini saya ingin berbagi berbagai pemikiran, baik yang berhubungan dengan pekerjaan saya dan juga yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Semoga ini nantinya akan bermanfaat bagi kita semua.

Salam,

Susilo Baskoro

Responses

  1. salam kenal Kak…

    senangnya bisa ketemu sama keluarga besar 610-611…

    wah… akan segera saya kabarkan ke Kakak yang lain…

    Salam Pramuka!

    • manis bnget orangnya…/?/

  2. Siwi, salam kenal juga.
    Saya dulu aktif di UK Pramuka, Karate dan Himatektro. Juga dulu ikut kelompok pencinta alam ITS Elektro Kalpataru dan beberapa saat mencoba untuk menjembatani UK Pramuka 610-611 dengan Yayasan Indonesia Hijau yang punya kantor di Trawas.
    Saya dan beberapa teman yang lain dulu mendorong adanya kegiatan Bakti Kampus di ITS, ini masih ada? Salam untuk Kakak-kakak yang lain di ITS. Insya Allah saya bisa mampir ke ITS tahun depan.
    Salam Pramuka!

  3. Selamat,
    Turut bergembira dengan rizki dan keberuntungan serta ujiannya yang hebat,
    Semoga ridho dan berkah Alloh yang didapat,
    Serta juga bagi yang lain menjadi manfaat,

    Salam dari rumahkayubekas yang sangat hangat,

  4. @rumahkayubekas,
    Terima kasih atas komentarnya.
    Saya pun tertarik dengan beberapa design anda.
    Salam hangat dari Almaty.

  5. just wanna say, ‘salam kenal pak’.🙂

    websitenya bagus. thanks untuk informasi dan sharingnya ya.

  6. @chenk,
    Salam kenal juga dan terima kasih atas komentarnya. Silakan pakai informasi yang bermanfaat untuk anda.

  7. Salam Kenal YA Mas
    Kalo Ada lowongan Kerja Di Ln …
    Kasi Info Donk Masa
    Pengen Ni Kayak Mas juga Kerjanya

  8. @birinxqu,
    salam kenal juga.
    Di LN sebenarnya banyak lowongan, hanya saja apakah ada yang sesuai dengan skill dan kompetensi anda, saya nggak tahu. Jadi anda harus ketahui dulu skill dan kompetensi anda, kemudian anda bisa search lowongan di LN.

  9. O gt Mas ya
    Kalo Mas Sendiri di Mana negaranya Mas
    Saya Bentar Lagi Lulus Kul ni Mas
    Jadi Dari Sekarang Saya Pengen mencari2 Tempat Di Mana Akan Saya Bekerja …
    Saya Jurusan Teknik Elektro……
    Terima KAsi Mas …Atas Kenalanya

  10. Saya sekarang di Kazakhstan, dulu saya juga kuliah di teknik elektro. Untuk cari kerjaan yang bagus dan kompetitif membutuhkan IPK/GPA yang cukup, serta pengalaman berkegiatan di organisasi. Baik kegiatan kemahasiswaan atau professi, kalau teknik elektro adalah IEEE.
    Juga untuk kerja praktek, usahakan cari perusahaan yang dijadikan target sebagai tempat kerja nantinya. Dan selama kerja praktek, tunjukkan bahwa anda akan menjadi aset yang berharga bagi perusahaan tsb nantinya.
    Semoga sukses …

  11. Begitu Mas Ya …Saaya Seneng Mas suportnya..dan kebetulan sama2 dari Elektro…oya Mas saya juga Pengen lebih banyak tau tentang elektro..saya ijin ma mas Topik yang ada di blok mas saya tertarik jadi Ijinkan ya saya mengcopy nya untuk pindah ke blog saya..Terima Kasih Mas

    Mas Sub jurusanya Apa Dulu mas??

  12. salam kenal mas bas.saya mau nulis ttg menyesuaikan kapasitas kabel dengan daya listrik pada rumah tinggal. boleh saya kirim beberapa pertanyaan ke email mas? oiya, nantinya akan dimuat di tabloid bintang home.kebetulan deadlinenya rabu tgl 7.kalo mas bersedia jadi narasumber saya sangat berterima kasih. nanti kalo sudah terbit saya kirim ke rumah mas di indonesia.boleh tau email
    nya mas?

  13. adon,
    sejujurnya saya bukan ahli di bidang ini. Saya menulis tsb karena prihatin banyaknya rumah yang kebakaran disebabkan oleh listrik.
    Tapi saya akan usahakan untuk membantu Anda dalam menulis artikel tsb. Anda dapat menghubungi saya di subaskoro@yahoo.com.

  14. salam kenal om baskoro, senang sekali bisa membaca pengalaman hidup om baskoro, terima kasih sudah share dengan kami.

  15. Bismo,
    salam kenal juga. Selamat belajar di negeri orang.
    Semoga berhasil dan sukses selalu.

  16. salam pak…
    salam kenal sebelumnya.
    dan ucapan terima kasih sudah berkunjung ke blog angkatan kami e43

    arul
    e43

  17. Pak Baskoro, Salam kenal…
    Saya lulusan Teknik Mesin UNS Solo sekarang bekerja di salah satu Mining Contractor company sebagai Mechanical Instructor yang menangani Heavy Equipment khususnya Caterpillar Engine/Machine & merek lainnya selama 8 tahun.
    Saya tertarik untuk masuk ke bidang O&G karena saya melihat ada kesempatan untuk Go International dalam meniti karir.
    Saya pengen sharing ke bpk mengenai pengalaman saya apply dengan O&G Service Co. :
    1. Schlumberger : Apply sbg. Mechanical Technician diterima menjadi Junior Mechanical Technician. Saya tolak karena : Benefitnya jauh dari harapan.
    2. Halliburton Yemen: Apply sbg. MT & sempat mendapat offering & roster yang sangat bagus tetapi visa tidak bisa keluar.

    Untuk itu saya mohon pencerahannya dari bapak, apabila ada kesempatan gabung dengan O&G /Serv Co. yg lain mohon info lebih lanjut..

    Karena pengalaman saya pasti “nyaris” terus

    Suwun

  18. Wibisono,
    dengan pengalaman Anda dibidang mesin, bisa dicoba untuk apply di drilling company atau di EPC seperti McDermott, Fluor atau Bechtel. Oil company kadang juga membutuhkan mekanik untuk maintenance mesin-mesin surface facility mereka. Sebagai contoh sbb: http://career.maersk.com/en/Vacancies/JobVacancy.htm?vacancyId=27526

    Semoga bisa membantu.

  19. salam kenal pak Baskoro,
    Sy br aja download tulisan bapak mengenai energi,energi, energi…
    menarik bagi sy untuk memperhatikan dunia energi ini bukan disebabkan latar belakang sy disini tapi karena rasa ingin tahu ttg bagaimana energi itu bisa dimanfaatkan dgn baik untuk kemaslahatan anak2 bangsa kita. latar blkang saya adalah pemuliaan tanaman sjk 2004 sy bergabung di riset pemuliaan kelapa sawit di Puslit Kelapa sawit. sy masih pemula dan harus banyak belajr ttg byk hal. mengenai energi, lebih tepat sy tertarik mencari informasi mengenainya krn didorong oleh pemikiran sepintas sy knapa bisa terjadi krisis ‘energi listrik’ belakangan ini. sy melihat bhw stp rumah tangga memiliki ‘sampah’ yang potensial (barang kali) menurut saya untuk diolah mjd energi (salah satunya ‘listrik’). sy ingin tahu smpai dimana perkembangan pemanfaatan ‘sampah’ sampai bisa menjadi energi listrik untuk sehari2. sampai akhir nya sy menemukan bapak disini…
    disisi lain, sy merasa tertarik dgn pemikiran Bpk Baskoro. ingin sy bs diberikan nasihat2 Bpk mengenai ‘cara berfikir’ dan ‘melihat2 sekeling’ untuk turut serta dalam kepedulian untuk kemajuan bersama. jika Bpk berkenan sy mohon ada sedikit balasan dari Bapak.
    terima kasih…

  20. kunang,
    salam kenal juga.
    tulisan saya ttg energi tsb merupakan bentuk ketidak-mengertian saya, mengapa negeri yang kaya dengan sumber energi ini bisa mengalami krisis energi yang ujung-ujungnya adalah krisis listrik.

    dan ttg pemikiran utk memanfaatkan sampah rumah tangga utk sumber energi dan bahan bakar sudah banyak teknologi utk itu. tapi untuk setiap rumah memanfaatkan sampah-nya sebagai sumber energi jumlah sampah tsb tidak mencukupi. terlebih yang dapat dimanfaatkan pada umumnya adalah sampah organik.

    serta mengenai ‘cara berpikir’ dan ‘melihat sekeliling’ untuk turut serta dalam kepedulian untuk kemajuan bersama, saya pikir saya sendiri pun belum berbuat banyak. apalagi saya bekerja ditempat jauh, interaksi dengan masyarakat di negeri sendiri sangat terbatas. jadi yang saya bisa perbuat adalah sharing melalui blog ini.

    namun pada prinsipnya adalah bagaimana setiap apa yang kita lakukan, akan berguna juga bagi orang lain. sebagaimana pun kecilnya, itu akan lebih bermanfaat daripada tidak berbuat sama sekali.

    we will not achieve anything, when we do nothing.

  21. terima kasih pak.. selamat berkarya semoga sukses sll..

  22. Hi fren…masih ingat saya kan…..teman saat vacation training dulu di ITS? Ikut senang mendengar kabarmu lewat blog ini….semoga tali siraturahmi kita tdk terputus.

    Kabarku sekarang di Bandung pak Bas……Salam utk keluargamu.

    Salam hangat,
    Agung Prasetija

    • Hi Agung,
      Sorry baru bisa balas sekarang, banyak kerjaan nih … ha ha ha sok sibuk.
      Ok, selamat bekerja dan sukses selalu.
      Salam,
      S. Baskoro

  23. dear pak susilo baskoro,

    perkenalkan saya dyah arwinda, dan saya baru saja membaca blog bapak ini yang tidak sengaja saya dapat alamatnya dari google karena saya mencari informasi tentang schlumberger.

    saya belajar di bidang information technology dan ingin sekali untuk bisa internship di slb, namun sangat sedikit informasi yang saya tau tentang intership di slb.

    yang ingin saya tanyakan,
    di bidang IT apakah yang dibutuhkan oleh slb dari seorang intern?

    terima kasih sebelumnya

    salam kenal,
    dyah arwinda

    • dyah, sudah terima reply saya utk website SLB internship?

  24. Terima Kasih atas BLOG ttg Negara2 di daerah Kaspia🙂
    Sangat membantu

  25. apa kabar pak baskoro…saya teman di UK Karate ITS angkt 1986 D3 Fisika…masihkah ingat saya…..ketika kita pulang karate sampeyansering mengantar ke tempat kos saya???

    saya mengajar fisika di SMPN 2 mojokerto karena waktu pindah dari denpasar saya masih D3 sedangkan di jawa u guru SMU harus S1

    saat di denpasar saya sempat bertemu dg aris apa namanya yang kerja di telkom denpasar

    senang bisa mengetahui sampeyan di sini….awalnya saya tahu dari blognya bos isa antariksa…tapi belum sempat kontak dia.

    biasanya saya pake HP minimal GPRS sehingga agak lambat loadingnya

    tulisan sampeyan sangat membuka wawasan aku soal pemanfaatan fisika dalam keseharian

    sukses dan tetap berkarya untuk dunia

    • Hi Eny,
      Kita sudah ketemu lagi FB. Ok selamat mengabdi kepada bangsa dan negara dalam membimbing tunas-tunas muda bangsa.
      Terima kasih atas compliment-nya.

  26. saya adalah seorang mahsiswa d4, apakah saya punya kesempatan untuk bisa bergabung dengan schlumberger ln??. dulu memang tiap tahun ada rekruitmen schlumberger internal di kampus saya, tapi karena suatu kejadian, rekruitment tersebut vakum dulu

    • marifin,
      utk mahasiswa D4 ada kesempatan juga utk bekerja di Schlumberger. Biasanya masuk utk field specialist, technician, maintenance engineer etc. Coba check di website ini:
      http://www.slb.com/content/careers/needs/index.asp?
      Salam.

  27. Mas Baskoro numpang nanya, kalo latihan Bahasa Inggris nya dulu gimana ya?
    Apalagi sekarang Mas dah go internasional, harus Inggris terus2an dong.
    Terima kasih

  28. maap pertanyaannya klasik banget.
    Soalnya saya mau coba ikut tes VT SLB minggu ini

    • nitrosakti,
      Don’t worry ….. saya dulu juga bahasa Inggris nya pas-pasan banget. Tapi tiap hari saya encourage utk terus latihan. Waktu berangkat VT, bahasa Inggris saya at survival level … as long as you know lah … ha ha ha.
      Yang penting waktu interview confident.
      Ok, semoga sukses utk bisa ikut VT. Let me know if you got it OK.

      • nope, I don’t got it. he2..
        gagal di saringan ipk, slb minta minimal 3.5
        dan saya kurang 0.03 HA3…
        Tapi tetep… saya bersyukur jadi tau kaya apa tes masuk.
        well. thanks a lot sir!

  29. Assalammu’alaikum Wr.Wb
    Salam kenal mas….
    Saya tahu Mas Susilo Baskoro,…tapi nggak tahu, mas kenal aku nggak yaaa……?
    Waktu kuliah dulu saya juga sempat ikut UK Pramuka ITS dan sempat bertemu mas beberapa kali. termasuk ketika mas sudah lulus dan sempat mampir ke sanggar.
    Saya seangkatan Susilo (tanpa Baskoro), cuma baru ikut pramukanya tahun 1989 seangkatan Tripuono alias Qepix.
    Sementara sekian dulu kenalannya.
    Wassalam mu’alaikum Wr Wb

  30. Assalamu’alaikum…
    Salam kenal, bisa minta email pak?
    Bisa diskusi?
    Bapak di submersible pump?

    • > M. Zainudin … maaf saya lupa .. insya Allah lain waktu kalau ada reuni Gudep 610-611 bisa datang …
      > Fadli, saya dulu di Wireline dan sekarang di data processing and interpretation. Saya nggak ada experience di ESP.

  31. Salam kenal Pak, saya Yoga, Mahasiswa Teknik Fisika ITB. Saya sebagai Corporate Manager AIESEC Bandung ingin bekerja sama dengen Schlumberger dalam beberapa kegiatan. Boleh saya minta alamat email Bapak untuk membicarakan lebih lanjut? silakan hubungi saya di alamat email ini.

  32. Berarti klo utk mekanik alat berat kemungkinan bisa go internasional ya pak, soalnya saya sebentar lg mw mengikuti khursus basic mechanic alat berat di lembaga swasta, sya jg memperdalam lg b.inggris saya, tp blm punya pengalaman kerja, so sya mulai dari nol dulu, mohon arahan bapak yg sdh expert dlm bidang teknik di oil & gas industry

  33. Maaf pak. Mw share lg, kira2 penghasilan kerja di oil & gas di dlm negri brp pak?
    Dan klo blh tw berapa penghasilan bapak sekarang kerja di luar negeri??? .. Heehehehehe

  34. Salam Pak Baskoro,
    perkenankan saya memperkenalkan diri, Nama saya H.Cecep dari banten, saya mendapat penawaran untuk pembelian pupuk dari banten ke Nigeria., dengan membaca bebreapa artikel tentang Nigeria, sepertinya khawatir benar dengan Nigeria tsb, terutama personal bisnisnya. untuk detail alamat pembeli adalah Lenient C2C hotels dgn alamat worlu street off olu obansanjo port harcourt rivers state nigeria, pertanyaan nya. apakah bapak mengenal daerah tersebut, lebih spesifiknya, untuk hotel tersebut.
    mohon infonya.
    terima kasih
    salam.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: