Oleh: sbaskoro | November 21, 2007

Lapangan pekerjaan di industri migas

Ini posting di blog saya yang lain (multiply) beberapa waktu yang lalu, dan dengan sedikit perubahan.

Setelah melihat animo tentang keingin-tahuan lapangan pekerjaan di industri migas (dari blog saudara Priandoyo http://priandoyo.wordpress.com/2007/04/17/gaji-di-perusahaan-minyak-analisa-untung-rugi/#comment-11161 ), saya mencoba untuk bisa memberi informasi masalah itu.

Kebanyakan orang berpikir bahwa kalau bekerja di industri migas maka akan mendapatkan penghasilan yang cukup tinggi dibanding dengan pekerjaan lain diluar sektor migas. Ini tentu saja relatif pekerjaan apa yang diinginkan dan dibandingkan dengan posisi apa di sektor yang lain. Ini tentu saja tidak bisa dibandingkan begitu saja ‘apple to apple’.

Ketika bergabung dengan perusahaan tempat kerja saya sekarang, proses recruitment tidak semudah yang dibayangkan. Beberapa tahap seleksi perlu dilampaui, dan ketika sudah lolos sampai ke training center (waktu itu training center saya di Parma – Italy) bukan jaminan akan menjadi employee.

Ketika itu training dimulai dengan 14 orang dan berakhir hanya dengan 4 orang. Jadi bisa dibayangkan bagaimana kompetisi yang harus dihadapi. Ada beberapa yang keluar karena merasa tidak cocok dengan tipe pekerjaannya, dan ada yang diminta untuk mengundurkan diri karena tidak memenuhi target yang ditentukan waktu mengerjakan beberapa test dan simulasi logging.

Jadi memang benar pendapat bahwa perusahaan yang memberikan kompensasi tinggi tentunya akan menuntut banyak dari karyawannya. Imbalan yang diterima oleh employee sesuai dengan kontribusi yang diberikan kepada company.

Industri migas sangat luas, mulai dari survei prospect reservoir minyak sampai dengan penjualan bensin di SPBU. Dan posisi yang ada bisa diisi oleh mereka yang hanya lulusan SMA/STM sampai dengan yang bergelar PhD, tergantung dari jenis pekerjaan dan tingkat keahlian yang dituntut.

Ketika kita memperdebatkan gaji di industri migas, harus lebih specific untuk posisi yang mana. Misalnya operator di platform, technician di rig, operator di service company hampir memiliki tingkat pendapatan yang sama. Untuk engineer di drilling, logging, well services, well testing, seismic crew dapat digolongkan dalam satu kelompok. Demikian juga untuk para geosaintis (geologist explorationist & development, geophysicist, petroleum engineer, reservoir engineer) merupakan kelompok yang sekarang sangat dicari dan menjadi primadona.

Untuk melihat paket yang ditawarkan kita jangan hanya melihat dari basic salary saja. Banyak komponen lain atau benefit lainnya yang perlu dipakai bahan pertimbangan. Mulai dari sistem bonus, housing allowance, transport allowance, sekolah untuk anak, vacation entitlement, pension plan, discounted stock purchase plan, stock option, training, profit sharing dll. Beberapa benefit tersebut diantaranya baru didapatkan ketika employee pada status expatriate atau international mobile.

Demikian juga ketika akan memilih antara kerja kontrak atau sebagai pegawai penuh. Cash in hand untuk pegawai kontrak pada umumnya lebih tinggi, karena mereka tidak mendapatkan benefit seperti halnya pension plan, profit sharing, dll. Untuk short term, orang banyak memilih sebagai pegawai kontrak. Untuk orang yang memilih karir dan stabilitas, akan memilih sebagai pegawai penuh.

Saya akan memberikan ilustrasi apa yang saya dapatkan, namun nilai nominal tidak akan saya sebutkan. Sewaktu di lapangan selain dari gaji, logging engineer juga mendapat bonus yang merupakan percentage (umumnya 1%) dari service ticket (harga pekerjaanyang harus dibayar klien untuk suatu pekerjaan tertentu). Bonus baru diberikan ketika pekerjaan lancar tanpa ada masalah dan tidak ada komplain dari klien. Besarnya bonus kadang bisa melebihi gaji pokok.

Untuk tingkatan tertentu (setelah tidak dilapangan lagi) bonus dari pekerjaan tidak diberikan, tetapi ada insentif yang merupakan percentage dari gaji pokok selama setahun. Percentage ini dalam kisaran 10% sampai dengan di atas 50% tergantung dari posisinya bahkan bisa lebih, dan kadang juga mendapat stock option. Jadi gaji pokok saja tidak mewakili apa yang sebenarnya didapat oleh mereka yang bekerja di sektor migas. Belum denganbenefit yang saya sebutkan di atas.

Masih tertarik untuk bekerja di sektor migas? Selain website untuk perusahaan-perusahaan yang saya sebutkan di blog saudara Priandoyo, silakan kunjungi website ini http://www.rigzone.com/jobs/   atau  http://www.worldwideworker.com/seeker/index.html?url=/vacancies/Exploration_%2526_Production.html  atau http://www.oilandgasjobsearch.com/default.aspx?ref=yes

Dan selamat untuk membandingkan dengan pekerjaan yang lain. Mau kerja santai dan banyak uang …jadi menantunya konglomerat atau para pejabat yang sudah kelebihan duit🙂

Salam…


Responses

  1. hmmm kalau dikasi bonus sejuta dollar gimana ya ?
    Bonus Masuk Kerja “Sejuta Dollar !!”

  2. Bisa juga dijadikan pilihan. Terutama kalau kita sudah punya pension plan yang vested ….:-)

    Sudah pernah lihat offer-nya pak Rovicky? Menarik juga untuk diintip …

  3. boleh ya saya tidak sesuai tema. saya fress graduated electrical egineering, rasanya saya hampir tidak pernah mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan dari perusahaan tambang untuk yang masih belum punya pengalaman kerja. Hanya Freeport yang punya program untuk itu.yah… hitung-hitung jatah untuk tuan rumah di negeri yang kita cintai ini INDONESIA. ini fakta lho… hidup Freeport

  4. Audy salam kenal.
    Kalau boleh tahu dari Perguruan Tinggi mana?
    Di Schlumberger kita menawarkan vacation training atau internship juga. Dari sini akan lebih mudah untuk mendapatkan kesempatan untuk bekerja. Juga kita menawarkan pekerjaan untuk fresh graduate.
    By the way saya juga electrical engineer by background, di bidang elektronika.
    Kalau tertarik untuk tahu ttg Schlumberger silakan visit:
    http://www.slb.com/content/careers/index.asp?

  5. Mas,mau nanya nih (tlg jawab ya biar gak penasaran),saya sekarang ini lagi kuliah di ITB (bidang science),tapi nggak ada hubungannya kalo kerja di perusahaan minyak,yg mau ditanya nih – ada nggak kesempatan buat kerja di sana melalui semacam training yang diadain oleh sebuah perusahaan minyak?kalo ada biasanya menempati posisi apa?apa bisa nggak ditraining buat di bagian G&G (Geologi dan Geophysicist).Ditunggu jawabannya mas.
    Assallamuallaikum

  6. Baka,
    wa alaikummusallam.
    Bidang sciencenya apa? Kalau di fisika atau matematika, bisa masuk di jalur geophysic nanti kalau sudah ada experience bisa coba ke petrophysic atau geomechanica. Untuk training, coba saja untuk apply internship program.
    Untuk ITB, tentunya tidak akan sulit. Karena banyak perusahaan (oil company dan oil service company) yang menawarkan program ini. Rajin-rajin aja ngintip ke papan pengumuman Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan.
    Selamat mencoba …

  7. Assallamuallaikum,
    Terima kasih banyak atas informasinya mas,ntar mau liat dulu di papan pengumuman FTTM.

  8. Assalammu’alaikum, Om

    Sdkt penasaran ttg cerita: …training dimulai dengan 14 orang dan berakhir hanya dengan 4 orang…

    Saya pernah 1x ikut seleksi SLB di UI (rekruternya P’Dicky beserta 3 org kolega – 1 ce dr irak). Waktu itu doi bilang ga ada kepastian ttg brp org yg dibutuhkan utk calon Field Eng’r, jd kalo ada 20 org memenuhi syarat ya diambil semua dan kalo ga ada 1 pun yg msk kriteria ya tesnya nihil.

    Pertanyaannya:
    misalkan ke-14 org yg ikut training ga ada yg mengundurkan diri dan semua lolos tes masa training, apakah 14 org tsb secara otomatis mjd karyawan?

    Opini Saya:
    Semua berhak mjd Field Eng’r SLB – mohon direnovasi seandainya keliru.

  9. Assallamuallaikum,

    Saya mau nanya lagi (gpp kan mas), saya udah liat program internship yang ada di Schlumberger, dan kebetulan untuk science terapan ternyata ada (saya mengambil yang bagian hidrologinya), tapi yang jadi pertanyaan, apa program internship ini hanya untuk mereka yang udah lulus,karena ada salah satu pertanyaan di form-nya yaitu bulan dan tahun kelulusan.Apa yang masih kuliah belum bisa?.

  10. Assallamuallaikum,

    Saya mau nanya lagi mas (gpp kan mas),saya udah liat yang program internshipnya Schlumberger dan kebetulan semua prodi yang ada di ITB ternyata ada.Yang jadi pertanyaan,apa program internship ini hanya untuk mereka yang udah lulus,karena di salah satu formnya minta data tahun dan bulan kelulusan.Lalu bagaimana yang belum lulus seperti saya?,apa masih ada program magang seperti mas dulu.
    Terimakasih Mas.

  11. reki,
    apabila semua lulus, maka yang berikutnya adalah ditentukan dengan kebutuhan FE di lapangan. Biasanya banyak yang mengundurkan diri karena lokasi assigmentnya di tempat yang tidak disukai, misalnya ada yang nggak mau ke Africa tetapi pada saat itu lokasi yang membutuhkan hanya ada di Africa. Dulu ada teman yang harus menunggu satu tahun untuk bekerja, walaupun dia lulus tarining, ini karena pada saat itu sedang terjadi krisis di industri minyak.
    Tapi seandainya semua cocok (baik dari segi business dan dari sisi FE), maka tentunya semua akan diberikan kesempatan untuk menjadi karyawan.

    Baka,
    internship pada umumnya utk mereka yang belum lulus. Seperti saya dulu waktu ke Thailand, saya masih 1 tahun lagi kuliahnya. Utk informasi ttg internship di Schlumberger lihat di link ini: http://www.slb.com/content/careers/needs/interns.asp?

  12. terima kasih pak dan saudara lainnya atas ilmu dan pengalamannya.

  13. em…gtu ya…
    untuk pekerjaan d sektor migas apakah gender juga masih dpertimbangkan mengingat pekerjaan migas emang pekerjaan yang memerlukan keandalan fisik yang tinggi.. ??

  14. Saya mau tanya pak, refer to comment on Juli 25, 2008. Kalau job based nya Afrika, mgkn butuh pertimbangan yg cukup matang & pengorbanan besar. Nah, masalah kompensasinya gimana tuh pak? Apakah rate di Afrika >>> lokasi lain spt Asia atau Indonesia khususnya? Trims sblmnya…

  15. Mas saya pkerja freeland dibidang perbaikan mesin alat berat,trus saya mau ke migas bagaimana cara ambil sertifikatnya

  16. Salam sejahtera,
    saya Tulus mahasiswa T.Perminyakan ITB 2007 (tingkat 2) berminat untuk mengikuti vacation training di Schlumberger. Hal yang ingin saya tanyakan, apakah tahun ini (2009) masih ada VT ? mengingat ada kabar SLB melakukan pereduksian pegawai. Terima Kasih.

  17. saya masih mahasiswa..
    saya mw tanya kapan schlumberger mengadakan vacation training??dan apa saja syrat2nya..bisa tidak mahasiswa tingkat 2 mengikuti VT ?
    mohon dijawab..trimakasih..
    gbu.

  18. http://pipatubingswagelok.blogspot.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: