Oleh: sbaskoro | November 21, 2007

Tips tentang listrik di rumah

Listik bisa menjadi kawan atau lawan, tergantung bagaimana kita mempergunakannya. Ini beberpa tips yang saya ambil dari website PLN Jabar.

Tips Merawat Instalasi Listrik di Rumah

Dalam penyambungan listrik, kabel yang terpasang di Tiang Jaringan Tegangan Rendah (JTR), kabel Sambungan Rumah (SR) sampai ke Alat Pembatas dan Pengukur (APP – terdiri dari KWH Meter dan MCB atau Mini Circulate Breaker) adalah asset milik PLN. Sedangkan rangkaian kabel yang terpasang sebagai Instalasi Listrik rumah/bangunan adalah asset milik pelanggan.

Tips berikut akan membantu Anda untuk ikut peduli dan turut memelihara Instalasi Listrik :

  1. Pastikan Instalasi Listrik di rumah/bangunan milih Anda telah terpasang dengan tepat, benar dan aman serta menggunakan material listrik yang terjamin kualitasnya dan sesuai kapasitasnya.
  2. Lakukan pemeriksaan rutin, minimal setahun sekali untuk memastikan apakah instalasi listrik msaih layak untuk digunakan atau perlu direhabilitasi.
  3. Jika instalasi listrik telah terpasang lebih dari 5 (lima) tahun, sebaiknya perlu untuk direhabilitasi. Hal ini untuk menjaga agar instalasi listrik tetap layak dipergunakan dan mencegah kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
  4. Pergunakan peralatan rumah tangga elektronik yang disesuaikan dengan daya tersambung dan kapasitas/kemampuan kabel instalasi listrik yang terpasang.
  5. Jika ingin memasang, merehabilitasi atau memeriksa instalasi listrik, sebaiknya menggunakan jasa instalatir yang resmi terdaftar sebagai anggota AKLI (Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia). Informasi tentang Instalatir Listrik dapat menghubungi kantor PLN terdekat.

Tips Mencegah Bahaya Listrik

  1. Jangan menumpuk stop kontak pada satu sumber listrik.
  2. Gunakan pemutus arus listrik (Sekering) yang sesuai dengan daya tersambung, jangan dilebihkan atau dikurangi.
  3. Kabel-kabel listrik yang terpasang di rumah jangan dibiarkan ada yang terkelupas atau dibiarkan terbuka.
  4. Jauhkan sumber-sumber listrik seperti stop kontak, saklar dan kabel-kabel listrik dari jangkauan anak-anak.
  5. Biasakan menggunakan material listrik, seperti kabel, saklar, stop kontak, steker (kontak tusuk) yang telah terjamin kualitasnya dan berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia) / LMK (Lembaga Masalah Kelistrikan) / SPLN (Standar PLN).
  6. Pangkaslah pepohonan yang ada di halaman rumah jika sudah mendekati atau menyentuh jaringan listrik.
  7. Hindari pemasangan antene televisi terlalu tinggi sehingga bisa mendekati atau menyentuk jaringan listrik.
  8. Gunakan listrik yang memang haknya, jangan mencoba mencantol listrik, mengutak-atik KWH Meter atau menggunakan listrik secara tidak sah.
  9. Biasakan bersikap hati-hati, waspada dan tidak ceroboh dalam menggunakan listrik.
  10. Jangan bosan-bosan untuk mengingatkan anak-anak kita agar tidak bermain layang-layang di bawah/dekat jaringan listrik.

Bisa ditambahkan disini adalah pemasangan ELCB (earth leakage circuit breaker) yang sekarang telah banyak digantikan dengan GFI (ground fault interrupter) atau RCD (residual-current device). Piranti ini fungsinya untuk memutuskan hubungan apabila ada kebocoran arus listrik atau apabila ada orang yang tersengat listrik. Kebanyakan piranti ini dipasang di kamar mandi (stop kontak untuk hair dryer atau electric shaver/pencukur kumis) atau service room (tempat mesin cuci), yang pada umumnya memiliki lantai basah.

Selain daripada itu, apabila memiliki rumah baru maka lebih baik meminta untuk dipasang instalasi listrik dengan sistem 3 kabel. Karena ini akan memastikan bahwa peralatan listrik anda akan memiliki pembumian/grounding yang benar. Pernahkan anda terasa kesetrum ketika memegang lemari es? Ini kemungkinan karena instalasi listrik di rumah anda tidak memakai sistem 3 kabel.

Baca posting yang terkait:

1. Informasi tambahan listrik di rumah

2. Tipe kabel untuk instalasi rumah

About these ads

Responses

  1. Salam kenal Pak Baskoro,

    Boleh saya pinjam tulisannya ya

  2. [...] renovasi terakhir, apa yang direnovasi dan mengapa direnovasi. Periksa daya dan distribusi dan kondisi kabel listrik. Lihat meterannya, bila rusak anda bisa kena denda dari PLN. Rasakan sirkulasi udara di setiap [...]

  3. Salam kenal juga pak Heru.
    Silakan dipakai apabila dibutuhkan.

  4. listrik dirumah saya tiba2 mati.. seteah dicek sekring dan meteran pln ternyata tidak apa2. saya jadi bingung kenapa ya? kemudian saya cek dengan tespen ke colokoan listriknya. saya kaget ternyata negaif2 keduanya. biasanya kalau diuji dg tespen kan yg nyala hanya negatif saja, tapi kok kutub positifnya berubah jadi negatif. bantuan dong pak..

    • aku mau tanya,sebelumnya nyala and bisa di gunakan tidak?
      kalau bisa berarti bukan salah pamasangan KWHnya,mungkin da rangkaian yang salah cara penyambungan nya.
      kalau seandainya dari pertama sudah begituh,laporan ke pusat PLN instalasi setempat,ok!

    • ijinkan saya menjawab,klau kabel positf & negatif di tespen kedua nyala,berarti kabel negatif pada instalasi rumah anda ada gangguan/putus,silahkan anda mengecek kabel negatif nya.

    • @joniandra,
      maksud anda positif jadi negatif ???
      mgkin mksud anda positif (fasa) negatif (nol). klo salah satunya tidak ada yg mnyala, trus kwh n mcb baik berarti kesalahan ada pada Inslatalasi listrik, coba di periksa n di telusuri

    • BISA JADI KABEL ADA YANG TERSAMBUNG WALAU HANYA SATU SERABUT, ATAU KABEL AKAN PUTUS, ATAU KABEL KENDOR PADA BAGIAN TERMINAL, coba cek kabel-kabelnya, klo perlu ganti aja yang baru.

    • Mungkin maksud anda Positif (nyala) dua-duanya. bila semua titik lampu maupun stop kontak (tempat colokan) tidak ada yang berfungsi, berarti kabel Negatif lepas/putus (tidak tersambung) dari induknya. periksa kabel Negatif yang ada di dalam kotak sekering (caranya bisa sama dengan yang anda lakukan dengan tespen), bila masih nyala, hubungi petugas PLN, karena pasti kabel negatif yg ada di kWh meter/tiang listrik yang lepas/putus, demikian smoga membantu

    • itu terjadi karena ada arus yang menyatu dan harus di pisahkan antara positif dan negatif biasanya terjadi pada lampu anda yang kosleting

    • Jalur listrik di salah satu ruangan rumah saya juga begitu, kedua kutub nya klo pakai tespen dua-duanya nyala, jd jalur listik tsb tidak bisa dipakai. Ada yg bilang salah satu kutub kabel tsb putus, tapi saya binggung, klo putus kok malah jadi nyala dua-duanya. Logikanya klo diuji pake tespen, klo yg putus kutub positifnya pasti kutub negatifnya tetap nyala dan klo yg putus kutub negatif pasti kedua kutub jadi mati dua-duanya. Saya masih bermain logika, soalnya klo harus merunut instalasi kabel tsb pasti saya kewalahan karena harus naik dek, kebetulan bukan rumah saya jd tidak tahu skema kelistrikannya (maklum rumah mertua, hehehe…). Analisa saya kedua kutub konslet (menempel) tp anehnya listrik di rumah tidak turun (konsleting), saya jadi curiga jalur ini nyolong.
      Jikalau bapak2 senior ada yang bisa membantu saya menjelaskan duduk permasalahannya saya ucapkan terimakasih.

    • Sekedar berbagi pengalaman, jika listrik tiba2 mati, kemudian dilakukan mengetesan dengan menggunakan test pen (biasanya pada stop kontak atau kotak kontak) jika kedua kutubnya (fasa dan netral) menyala, sementara sikring/MCB tidak ada yang putus/trip, kondisi ini bisa dipastikan ada salat satu kabel/penghantar yang terputus/longgar sambungannya. Kasus semacam ini sering terjadi (dari pengalaman) umumnya pada titik sambung ditiang listrik (akibat loss contact di tap conector dari kabel Jaringan ke kabel Sambungan Rumah), kemungkinan lain pada titik sambung di terminal papan hubung bagi (panel APP) PLN maupun milik konsumen. Kedua kutub yang ditest ternyata nyala, bisa disebabkan karena induksi atau karena tegangan balik melalui beban, maka untuk memastikannya semua beban harus dilepas atau diposisikan mati. Dalam kondisi tidak ada gangguanpun jika ditest dengan test pen kedua kutub fasa dan netral dua-duanya nyala, ini bisa disebabkan karena adanya ketidakseimbangan beban pada trafo distribusi tiga fasa yang memasok listrik sehingga terdapat perbedaan tegangan antara netral dengan bumi. Demikian semoga bermanfaat, terima kasih

      • betul saya, tespen bukan acuan ada tidak listrik pada tegangan < 24vac pun dia menyala kalau di pikir 24vac itu apa pastilah bias induksi dari alat atau lampu yang masih hidup dan terkoneksi pada jalur nuetral tersebut

  5. informasi yang menarik dan bermanfaat, jadi makin ngarti perihal kelistrikan. thanks banget ya…

  6. Hi pak baskoro. Kalau tidak keberatan saya mau tanya nih pak.
    Untuk anti kilat / petir. Sebaiknya baja pejal yang ditankan ke tanah berapa meter ya pak. apa harus sampai ketemu air ?
    Terima kasih banyak bapak.

    • sorry,gak perlu kali
      panjang temaganya 2m juga cukup,kalau dalam nya kalau bisa untuk menanam anti petir/surja tuh di bawah bangunannya,biar gak terjadi pementalan ke atas,kecuali buat rangkaian rumah sederhana,1m cukup,and bisa di simpan dimana saja yang penting aman,low bisa pengerjaan nya ma orang yang bisa.

    • kalau penanaman kabel arda minimal 3 mtr ke dalam tanah.

    • Maaf pak ksh masukan aja, setahu saya itu tergantung jenis tanah. Ada nilai resistensinya jadi harus diukur dengan baik..hati2 pak . 1 m atau 2 mtr bukan patokan..

    • kalaun setau saya ya ahus diukur bener2 mengunakan alat (earth resistance tester).
      kalu buat anti petir nilaina harus di 0,05 ohm semakin kecil semakin bagus kok….
      biasanya kalau sedudah mendapat air nilainya sudah di 0,05 ohm.
      tapi ada juga yg belum mincapai nilai 0,05 katanya sih kurang zat asamnya.
      saran saya ya memang harus diukur.
      maaf kalau salah…..

      • Terima kasih atas infonya. Iya memang betul, untuk memastikannya dan biar yakin harus diukur dg alat ukur Earth Resistance Tester

        ________________________________

    • untuk penangkal petir harus mendapatkan nilai resistan terkecil yaitu 0.01 ohm agar tidak ada hambatan untuk membuang arus yang cukup besar tersebut ke bumi, tapi sayang untuk melakukan test terseut kita harus mempunyai earth tester yang haga nya juga wow, alhasil jika mau mudah ya harus ketemu dengan air tanah bukan kolam ya untuk jelasnya di http://permatatehnik-gsm.blogspot.com

      • Untuk mengukur tahanan pembumian dapat meminta bantuan KONSUIL (Komite Nasional Keselamatan Untuk Instalasi Listrik) setempat, jadi tidak perlu harus beli alat ukurnya. Besarnya nilai tahanan pembumian akan sangat tergantung selain pada jenis dan ukuran elektroda pembumiannya juga pada tahanan jenis tanahnya, untuk itu dapat dilihat di PUIL 2000 (Persyaratan Umum Instalasi Listrik).

  7. sasti,
    saya perlu cari dulu referensinya, kalau udah ketemu nanti saya jawab.

  8. Utk sdr joniandra saya coba bantu ya, saya pernah ngobrol2 dg orang bgn listrik, kalo yg ditespen keduanya nyala berarti kemungkinan ada kebocoran isolasi antara kabel positif (bukan negatif setahu saya) dan nol. Untuk mengatasinya harus diperiksa kabel instalasi rumah bapak, kalo mau mudah ya diganti dan agar hemat mungkin dapat diisolir instalasi mana yang bermasalah (harus memutuskan instalasi satu2, misalnya instalasi kamar, ruang tamu, dll). Dan untuk baiknya ganti dengan instalasi 3 kabel agar groundingnya lebih baik.

    • sedikit meluruskan, pak Abdullah, ma’af bukan bermaksud menggurui.
      apabila ada kebocoran antara kabel positif dan negatif, maka yang terjadi adanya hubungan arus pendek (short circuit/konsleting). bila sudah demikian, MCB akan turun dan tidak ada arus apabila ditespen (kalo pemasangan MCBnya benar)

  9. Saya setuju bahwa kwalitas peralatan listrik haruslah dipilih yang benar, juga instalatil yang digunakan untuk pembuatan jaringan instalasi harus yang benar2 menguasai, sehingga kita dapat terhindar dari bahaya kesetrum maupun kebakaran.

  10. prinsipnya peralatan listrik hanya butuh 2 kabel, yaitu fasa (yg nyetrum) dan netral. jika jalur kabel netral terputus maka diujung stop kontak / peralatan, kabel netral terdeteksi ada setrumnya kalo ditespen nyala, padahal itu karena akibat induksi dari kine fasa. namun sering kabel netral tdk murni “0″ karena banyaknya beban induktor seperti lemari es/AC/Sanyo, sehingga dalam jangka panjang dpt merusak peralatan, maka diperlukan grounding untuk menetralkan kembali line netral tersebut sehingga listriknya siiip
    yadi_tm@yahoo.co.id

    • yups gua seyuju yu coy,
      lam kenal dari aku,ok!

  11. saya setuju untuk tips2 Tentang listrik dan saya ucapkan terima kasih buat bpk baskoro smoga dpt bermanfaat untuk smuanya

  12. P.Baskoro & bloggers, tks tips-nya, mohon ijin cuplik artikel & tambahan info dari comments.
    Salam,

    http://donyirawan.wordpress.com

  13. Salam kenal Pak Baskoro. mau nanya nich! masalah pembagian group dalam suatu instalasi rumah. Thank’s sebelumnya.

  14. Slm, kenal pak,. Saya mau minta Data-data tentang rangkaian listrik untuk rumah, data-data generator,trafo,motor listrik, ups, tolong kirim ke email saya ya pak, ini email saya : adnyana_cool@yahoo.Com, trimaksi ya pak,

  15. Salam kenal Pak,
    Saya sedang mencari diagram untuk instalasi listrik. Saya berencana memasang sendiri instalasi listrik di rumah saya – soalnya instalasi bawain perumahan amburadul – mau sewa orang kemahalan…

    -Ujang-

  16. Salam kenal Pak
    Tolong saya diberi gambaran/diagram cara instalasi listrik untuk rumah, saya lagi bangun rumah ingin listrik instalasi sendiri, ingin irit karena dana instalasi belum ada

  17. pak tolong dunk saya mau bikin penelitian buat skripsi pembelajaran tentang instalasi listrik dalam rumah tangga tapi saya gak tau seluk beluknya tolong di terangin dari kabel yang ada di tiang listrik berapa tegangannya dsb sampai akhirnya bisa kita pakai
    terimakasih

  18. almahsun@gmail.com

  19. salam kenal,
    Boleh tau untuk tahu arus maksimim untuk ukuran kabel ( ex. 1.5 mm max 10 Ampere) bisa cari dimana?

  20. pagi pak
    mau tanya kalau sambungan kabel listrik didalam satu kotak sambung jumlah nya harus berapa sambungan menurut puil.

  21. pak saya minta isi PUIL soalnya saya mau ujian nich

  22. kalau lowongan pekerjaan sekitar bulan juni ada apa tidak

  23. candra_metzelder@yahoo.com

  24. pak saya siswa smk n teknik listrik blora jateng, tolong dimuat tentang listrik instalasi dan semua yang berkaitan tentang listrik!

  25. aslamualaikum,
    lngsung aj y pak sya pngen tanya dlam instalasi listrik kabel kabeul yg harus d tnam k tnah itu ”0”ato netral?
    antra ”0”dngan netral apa blh dsatukan?soalny sya sring liat instalasi seperti itu pdhal it yg psang orang PLN, klo bisa tlong bls k email sya ya pa

  26. salam kenal pa dari haris,langsung aja pa saya mau tanya tentang warna kabel menurut PUIL itu gimana soalnya say bingung kata orang warna biru itu setrum,warna kuning uuntuk grounding,dan warna hitam untuk netral apa itu benar?

  27. Ass,wr wb…

    Untuk semua kawan-kawan yg suka dgn kemajuan listrik Indonesia.
    Khususnya wat Pak Baskoro…
    Mdh2an amalnya lanjut ampe akhirat…amien……
    Saya petugas Pencatat Meter PLN (rekanan PLN),

    Saya sering ketika bertugas keliling kampung suka mendapatkan omelan,cacian, dll, tentang rekening listrik mahal.

    Dan kambing hitamnya ya…pasti saya krn saya yg tiap bulan mengecek listriknya jd kalau bayar rekening listriknya mahal ya kesalahan petugas catatnya…”

    Saya cuma mau kasih info, jika rumah ibu/bpk di kunci dan petugas catat tdk dapat angka KWH Meter, maka dgn otomatis komputer PLN akan merata-rata pemakaian listrik konsumen tsb dan biasanya lebih mahal dr biasanya, bukanya petugas catat yg main tembak…aturan tawarin KOPI lg cape-cape habis muterin kampung orang, kan enak sambil ngobrol silatrahmi…

    Wass… wr wb…

    • yah itu lah bagian resiko dari kerjaan pak di nikmatin aja bawa hepy salam kenal dari orang senasib,,hehehehe

  28. Permisi Pak Baskoro, salam kenal.
    Mohon ijin meminjam tulisannya. Informasi yang sangat berguna untuk disebarluaskan. Sumber dari blog ini akan saya tampilkan.
    Terimakasih sebelumnya Pak

  29. posisi netral dalam stop kontak dimana ya ?

  30. salam kenal pak,
    saya mau bertanya..beberapa hari ini rumah saya sering turun listriknya,tetapi kalo turun..hagger tidak ada yang turun.udh di cek sana sini tapi masih sering turun juga..malah ncb meteran sudah diganti yang baru.tapi tetap aja turun terus..kemaren sempet ada petir dan listrik rumah saya langsung mati..tapi bisa dinyalakan kembali.mohon sarannya..kira2 bagian mana yang harus diperbaiki atau bagaimana mencarinya.terimakasi

    • kalau turun seperti itu si pak biasanya kelebihan pemakaian pak

  31. Pak.tlong ksih pnjelasan cara2 pasang listrik rumah.intinya saja jg tdk apa2.thanks

  32. NOL DARI LISTRIK PLN DI GABUNG LANGSUNG DENGAN ARDE BOLEH GK PAK,, N APAKAH ADA FAEDAHNYA TUK PERBAIKI VOLT BIAR AGAK STABIL ,,MOHON PENCERAHANYA,,, {APA PERLU KAMI TAMBAH LAGI ARDE RUMAH KAMI SEPERTI /YG MAU DI BUAT PANANGKAL PETIR} TRIMA KASIH

  33. pak..elcb tu ada yg pke 15-30ma..cara ngukurnya gimana,kok bs tau 30ma.?pke tester biasa bs gak pak?

    • Harus diukur pakai mili ampere meter dgn skala 0 – 100 mili Ampere

  34. Salam kenal Pak Bas.
    Tanya nech. Listrik kadang mati tanpa turun sekring. Pernah cek kabel arde dan pos kok bisa utk nyalain lampu? harusnya kan min dan pos. Apakah ada kebocoran?. Bahayanya apa. kalo didiamkan saja?. Kalo mu perbaiki bgmn crnya?
    Apakah ada alat utk cek dmn kebocoran tepatnya
    Terimakasih n salam

  35. slm knl pak,
    saya mau tanya nich apa sih yang nyebapin listrik dirumah rumah padha boros padahal alat elektroniknya sedikit?
    mohon di jawab

    • Boleh bantu jawab ya?
      Listrik boros, disebabkan :1. Daya alat listrik tinggi-tinggi(besar-besar) 2. sering dimatihidupkan alat-alat tersebut,

  36. hallo,

    apa kbr semuannya para pecnta listrik Indonesia….wabil khsus wat Pak Baskoro…
    saya Agus 31,petugas pencatat listrik atau sekarang foto meter. sy sering ditanya konsumen;

    Knp PLN sering mati lampu…?

    sy jwb: ga tau?

    Mohon Pak Bas or yg lain bs jwb….

    • bilang aja lagi istrahat dulu PLN nya lagi ngopi hehehehe

  37. mohon tanya ni om baskoro . .
    kalau anda tw knapa ya om bulan” ni sering turun listrik apakah ada masalah dari panel . .

  38. pak, saudara saya punya rumah mo pasang baru ke PLN tapi ko sampainya di PLN mesti, ke loket Konsuil. saya cari info tentang konsuil si situs web susah sekali.
    bisa bantu pak untuk infonya.
    thanks

  39. ikut baca2 pak

  40. pak gimana cara itung penampang kabel yang pas buat suatu instalasi

  41. pa,thanks untuk layanan ini,sangat membantu……….
    kalau boleh usul pa saya minta di lampirin satuam” listrik,termasuk KV,KVA,A,PK dan lainnya………

  42. Pak, saya mau tanya, mohon bantuannya…..
    Kira-kira sudah 2 minggu ini setiap saya menyalakan AC, maka setelah 5 – 10 menit listrik tiba-tiba padam, padahal dulu ga pernah. Kata teman sih mungkin AC nya rusak, tapi bila semua dimatikan dan AC menyala listrik ga padam.
    mohon bantuannya pak, apa yg harus saya lakukan ?? thanks

  43. .thx yaa…..

    .tgas q ttg instalasi rumah tangga jd selesai….

    .GBU

  44. Pak, bagaimana kalau listrik di rumah saya sering jatuh?????????? apa penyebabnya??? atas perhatian bapak, saya ucapkan trimakasi.

    • waaah hati hati pak kalu gitu rumah bapak ada hantunya

  45. Bwt pa Henky.sepertinya instalasi grounding bapak sudah tidak sebagus dulu lagi.hal bisa bisa menjadi penyebab.soalnya peralatan elektronik yang menyedot daya listrik dengan besarnya,dalam hal ini AC menghasilkan induksi ggl listrik.seharusnya induksi ggl ini tersalurkan ke jaringan grounding…ke bumi.bisa jadi dalam hal ini .batang elektroda yg ditanamkan ke dalam bumi sudah karatan..sehingga daya distribusi grounding nya dah gak bagus lagi….coba deh dicek batang elektrodanya……

  46. Bwt Mba AMi.Kalo kasusnya begitu.kemungkinan ada 2 hal.Pertama kabel arde dan netralnya di gabungkan,sehingga jalur arde dan netral sama.Kedua instalasi arde di tanam cukup dalam hingga ketemu air..sehingga walaupun netralnya putus arde bisa berperan sebagai netral.Tapi berdasarkan pengalaman saya bagusnya arde ditanam cukup dalam hingga tahanan tanah max 5 ohm.dan d panel mcb jalur arde dan netral dihubungkan..Kenapa??Agar bila ada arus berlebih dari jalur PLN bisa langsung di salurkan ke bumi.dan bila banyak perangkat elektronik dengan daya besar…distribusi listrik bisa bersih dari GGl induksi karena di salurkan ke bumi lewat arde…

  47. Sebelumnya sy ucapkan terima ksh byk.sy pengen tau ttg instalasi kwh meter yg bener.kl bisa tolong sertai jg dgn skemanya??tolong email ke sy.

  48. Dear Rekan-rekan & Pak Baskoro,
    Bagi-bagi info saja, bahwa kebakaran akbibat listrik lebih dari 60% bukan diakibatkan oleh kesalahan proteksi keamanan peralatan listrik tetapi diakibatkan oleh kegagalan isolasi akibat pemilihan bahan-bahan listrik bermutu rendah.
    Hati-hati! dan belilah bahan listrik yang berkualitas untuk rumah anda.
    Untuk teknik, murah belum tentu ekonomis.
    Boleh tanya nggak? bagaimana caranya bergabung/menjadi anggota AKLI,

  49. salam kenal.. pak
    wah bisa saling tukar pengalaman di bidang instalasi industri nih…..

  50. As’slmlkm wrhmtllah wbrktu
    saya mau bertanya tentang cara memasang lampu donwn ligth pada gedung . . .
    mohon bantuannya ya . . .
    wslm

  51. siang pa saya mau tanya kabel 2,5 mm max untuk arus beapa watt dan ukuran lainnya? saya tunggu ya pa trimakasih.

    • ada beberapa macam ukuran kabel, yang berinti dua dan tiga antara lain adalah
      kabel berukuran 1,5 mm KHA (kemampuan hantar arus ) adalah 18,5 A, mcb 10 A
      2,5 mm = 25 A maksimal pengaman yang digunakan sikring / mcb 20 A
      4 mm = 32 A mcb 25 A
      6 mm = 42 A Mcb35 A
      10 mm = 50 A mcb 40 A
      16 mm = 80 A MCB 63 A
      25 mm = 105 A mcb 83 A
      dan seterusnya

  52. bagus…
    tapi lebih berisi

  53. Salam buat pak Baskoro,mengenai pemasangan elektroda bumi, yang paling penting itu adalah nilai tahanan elektroda bumi tersebut semakin kecil nilai tahanannya semakin bagus, untuk menghasilkan nilai tahanan elektroda bumi yang baik bukan hanya tergantung pada panjangnya elektroda bumi juga tergantung dari tahanan jenis tanahnya, yang paling bagus tahanan jenisnya adalah tanah rawa.

  54. dimana pak,bisa dapat referensi tenteng pemasnagan grounding/pembumian utk intalasi listrik rumah? mungkin Bpk punya makalah/artikel yng bisa di bagi. triamkasih. semoga semakin bermanfaat.

    • referensi tentang pemasangan grounding/pembumian utk instalasi rumah barangkali bisa dilihat di buku PUIL 2000.

  55. pak’ knpa d’rmh saya kdang tganganx tdak stbil

  56. pak’ knpa d’rmh saya kdang tganganx tdak stabil

  57. Pak. lampu taman saya tiba-tiba mati. Kabel ditanam di dalam tembok dan di bawah tanah. Bagaimana cara mencari penyebabnya dan bagaimana memperbaikinya?
    Apa anda punay kenalan di sidoarjo yang bisa memperbaiki listrik?

    • coba bpk cek menggunakan tespen dulu kabel power dan netralnya,kalo msh bagus mungkin ballas lampunya

      • sedikit menambahkan, lampu tamanya pakai rellay nggak (foto cell, timer, dsb) kalo pakai cek rellay tersebut terlebih dahulu

  58. gunakan listrik sckupyah..

    x aja ptus / ggnguan aja sprti kbkran.

    heheheh

  59. [...] 2. Tips tentang listrik di rumah [...]

  60. Apaka? Cara instalasi lebih mudahnya gimana.

  61. Pak lampu plc dan sensor sy tiba tiba mati ,itu mengakibatkan apaka?

  62. maaf tulisan nya aku pinjam ya….

  63. tulisan yang sangat bermanfaat pak,terima kasih
    saya hanya ingin berbagi dan mohon di koreksi jika saya yang kurang betul
    menurut tulisan bapak, instalasi listrik yang sudah berumur 5 tahun sebaiknya di rehabilitasi, seingat saya dulu wkt masih sekolah, menurut PUIL (tahun puil berapa saya lupa), instalasi rumah tinggal dengan kabel standart bisa bertahan 20 tahun pak. Setelah itu perlu di ganti , mohon pencerahan nya pak

  64. salam,,, pak mw tanyak klo lampu tiba2 meledak ,, itu biasa pengaruh listrikx kenapa ya??? thx

  65. Sekedar berbagi pengalaman, utk sdr. Jaken, benar bahwa sebenarnya instlasi listrik yg dipasang/dipakai bisa tahan s/d 20 tahun (asal masangnya benar & materialnya standar & memakainya sesuai), namun tdk ada salahnya kalau setiap 5 thn dicek ulang, minimal utk mengetahui ada tidaknya penurunan kwalitas isolasinya.

  66. Apakah instalasi di rumah anda Layak Operasi?

  67. numpang tanya. kenapa listrik dirumah saya kalau menyalakan salah satu alat, baik lampu atau elektronik kadang2 seperti kurang arus ( lampu remang2 atau kipas putarannya lemah) utk infonya saya ucapkan trims..

  68. menyalakan
    salah satu alat menyebabkan kadang2 seperti kurang arus atau barangkali
    voltage agak drop, bisa disebabkan 3 kemungkinan a.l : ada sambungan
    kabel yang longgar, ukuran kabel terlalu kecil atau alat listriknya
    terlalu menyerap arus. Coba periksakan Instalasi Listrik di rumah anda ke KONSUIL (Komite Nasional Keselamatan Untuk Instalasi Listrik).

  69. Dear pak Baskoro, saya mau tanya tentang konsleting listrik d rumah saya, mulanya saya mendapati satu colokan terbakar, dan meyebabkan listrik dirumah turun/mati. Setelah kejadian tersebut listrik d rumah saya selalu turun, padahal saya hanya menyalakan 2 peralatan elektronik sprti AC dan televisi, padahal sebelumnya walaupun saya menyalakan AC dan Mesin Air keadaany baik2 saja, namun tdk stlh kejadian itu. Mohon bantuannya ya pak, sbg informasi colokan listrik yang terbakar telah d perbaiki, namun tetap msh bermasalah sprti sebelum diperbaiki, dan listrik daya listrik d rumah saya 1300. Atas perhatian dan bantuan bapak saya ucapkan terimakasih.

    • Sebaiknya coba diperiksa instalasinya, ada kemungkinan terjadi loss contact pada sambungan kabel atau terminal kabel sehingga terjadi hambatan listrik di instalasi yang mengakibatkan tegangan menjadi drop. Cepat-cepat saja daripada nanti terjadi kebakaran.

  70. Jalur listrik di salah satu ruangan rumah saya juga begitu, kedua kutub nya klo pakai tespen dua-duanya nyala, jd jalur listik tsb tidak bisa dipakai. Ada yg bilang salah satu kutub kabel tsb putus, tapi saya binggung, klo putus kok malah jadi nyala dua-duanya. Logikanya klo diuji pake tespen, klo yg putus kutub positifnya pasti kutub negatifnya tetap nyala dan klo yg putus kutub negatif pasti kedua kutub jadi mati dua-duanya. Saya masih bermain logika, soalnya klo harus merunut instalasi kabel tsb pasti saya kewalahan karena harus naik dek, kebetulan bukan rumah saya jd tidak tahu skema kelistrikannya (maklum rumah mertua, hehehe…). Analisa saya kedua kutub konslet (menempel) tp anehnya listrik di rumah tidak turun (konsleting), saya jadi curiga jalur ini nyolong.
    Jikalau bapak2 senior terutama pak Admin terhormat bisa membantu saya menjelaskan duduk permasalahannya saya ucapkan terimakasih.

  71. Smlm sy kesetrum pas mo colokin cas laptop dkamar, wktu sy peggank laptop sy alirannya smpai k laptop, pas sy cb cas d ruangan yg lain gk setrum, mhon share pnyebabnya apa?

    • Utk Sdr. Nanda, kemungkinan tempat colokan listrik (kotak kontak/stop kontak) dirumah anda, antara ruang yg satu dengan yg lainnya berbeda polaritas. Yang saya tahu pada kabel power supply laptop ada tiga saluran (fasa, netral dan grounding). Kemungkinan lain karena pengaruh ketidak seimbangan beban dari gardu yang memasok listrik dirumah anda sementara grounding/pembumiannya tdk berfungsi shg saluran netralnyapun ikut bertegangan. Utk keselamtan, keamanan dan kenyamanan anda, lakukan pemeriksaan instalasi listrik dirumah anda melalui Lembaga Inspeksi Teknik yang ada. dmkn agar maklum.

  72. Smlm sy kesetrum pas mo colokin cas laptop dkamar, wktu sy peggank laptop sy alirannya smpai k laptop, pas sy cb cas d ruangan yg lain gk setrum, mhon share pnyebabnya apa? Trims


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: