Oleh: sbaskoro | Januari 28, 2008

Tipe kabel untuk instalasi rumah

Dari blogstats saya lihat banyak teman-teman yang mencari tahu tipe kabel untuk instalasi rumah. Kabel instalasi rumah yang dipakai adalah jenis kawat tembaga, bukan kabel serabut. Kabel kawat tembaga ini ada beberapa macam, diantara yang umum dipakai adalah tipe kabel NYA, NYM dan NYY. Keterangan masing-masin kabel sebagai berikut:

1. NYA : berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC, untuk instalasi luar/kabel udara. Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru dan hitam. Kabel tipe ini umum dipergunakan di perumahan karena harganya yang relatif murah. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air (NYA adalah tipe kabel udara) dan mudah digigit tikus.

nya-kabel.jpg kabel NYA

Agar aman memakai kabel tipe ini, kabel harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup. Sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang

2. NYM : memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu-abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA). Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam.

nym-kabel.jpg kabel NYM

3. NYY : memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam), ada yang berinti 2, 3 atau 4.  Kabel NYY dieprgunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah), dan memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus.

nyy-kabel.jpg kabel NYY

Semoga membantu.

Baca posting yang terkait:

1. Informasi tambahan listrik di rumah

2. Tips tentang listrik di rumah


Tanggapan

  1. Pak, kalau kabel listrik yang digunakan untul aplikasi Power Line Communication (Internet menggunakan media jaringan listrik) yang mana ya????
    Terima kasih informasinya

    • Klo mau tahu Powerline Communication ada pakarnya tuh…. skr sdh buat perusahaan ISP… beliau dosen saya dulu… web nya http://www.bpi.co.id

  2. Pak, mo nanya tentang kabel RSTN itu apa sih?
    Saya disuruh kantor untuk cari kabel 4 core, sizecore 25 mm2, ama ground cable 2 core, sizecore 25 mm2

    • Pak,setahu saya tidak ada kabel RSTN, tapi RSTN itu adalah singkatan dari masing-masing R ( fasa R ) S(fasa S) T (fasa T) dan N adalah Netral. jadi di tempat kerja bapak pasti daya 3 fasa, makanya di suruh cari kabel 4 core..klo ada yang nambahin silahkan. trims

      • mungkin pak riswan benar,nambah sdikit >untuk ukuran 25mm biasanya memang dipakai untuk 3 phase/380v krn daya sktr 41kva

      • Tolong jelaskan dong kepanjangan dari R, S dan T

    • setuju dengan Pak Riswan…
      Sekedar berbagi dr seorang newbie.. 🙂
      RSTN itu menunjukkan identitas fasa pada daya 3 fasa..
      Dan penggunaan kabel 4 core tidak tertutup hanya pada daya 3 fasa. Banyak juga pemakaian kabel 4 core untuk instalasi listrik 1 fasa terkhusus untuk pengelompokkan (Grouping) yg dimana panel MCBnya jauh dari titik instalasi.

  3. @Intan,
    Yang saya tahu, teknologi PLC ini hampir sama dengan DSL, yaitu memanfaatkan jaringan kabel tembaga yang ada. Untuk di rumah tidak memerlukan kabel khusus, tapi perlu memakai modem untuk PLC. Saya belum dengar ada internet provider yang memanfaatkan teknologi ini. Untuk informasi lebih lanjut ttg PLC salah satunya bisa dilihat di http://www.pua-plc.com/home

    @Adi,
    Kabel RSTN adalah kabel yang dipakai untuk listrik 3 fasa. Biasanya kabel ini dipakai di industri atau pabrik. Pada umumnya yang menggunakan motor 3 fasa.

  4. bagaimana menetukan ukuran kabel untuk instalasi rumah? bisanya kan ada yang 1.5mm dan 2.5mm

    • pake yang 2,5mm karena ketentuannya minimal 2,5mm

    • lihat pemakaianya klo ada pemakaina beban tinggi spt AC makan d lainkan aja dan pakai kable ukuran 2,5
      klo untuk lampu2 pake aja ukuran 1.5 sebab lampu ngak memakai bebantinggi

      • betul mas bro

  5. @rido,
    yang saya tahu ukuran yang lebih besar 2.5mm untuk yang akan dipakai dengan beban yang lebih besar. Untuk pencabangan biasanya (yang masuk ke stop kontak) dipakai 1.5 mm.

  6. Apakah benar/harus untuk instalasi listrik rumah, api/stroom pada kabel warna hitam ? karena saat saya menggunakan kabel warna biru sbg strum kabel kuning sbg ground dan kabel hitam sbg negatifnya di anggap salah oleh pihak konsuil dari PLN.

    • @djunaedi’
      berdasarkan standar PUIL, fasa (yang anda sebut api/stroom) bisa merah,kuning maupun hitam. warna biru hanya untuk Netral sedangkan ground ( pentanahan ) berwarna kuning/hijau (baca :kuning strep hijau). sedikit info KONSUIL bukanlah PLN begitu juga AKLI tetapi mereka adalah Rekanan PLN. trims

    • Klo diperusahaan tambang multinasional biasanya,untuk motor2 listrik
      menggunakan 3 phase,menggunakan kabel 4 core ,R(merah), S(biru atao kuning,T(hitam) sedangkan kuning strep hijau untuk Ground,.tidak dipakai untuk netral.

  7. @djunaedi,
    menurut SPLN 42-2:1992 sbb:
    Kabel hijau-kuning hanya untuk pembumian (ground), warna biru muda untuk pengantar netral (0) dan warna hitam untuk inti fase (stroom, life).

  8. Terima kasih banyak atas informasinya Pak,

  9. kalo kabel NYF dan NYFGBY itu apa pak? mohon informasinya…

  10. @manuh artana,
    informasi yang saya dapat sbb:
    Kabel tanah berisolasi dan berselubung PVC berperisai kawat baja atau aluminium 0,6/1 kV (NYFGbY/NAYFGbY/NYRGbY/NYRY/NAYRY)

    ini menurut SNI 04-2700-1999

    • pak g’ mna crax bisa m’ndpat kan kabel nyf

  11. Cara pembuatan kabel nfygby

  12. Amrin,
    terus terang saya nggak tahu. Mungkin bisa ditanyakan ke pabrik, bisa check di website ini http://www.sikabel.com/1index.php

  13. saya akan instalasi lampu di kamar mandi, terdapat 4 warna kabel yaitu hitam,hijau,merah dan putih. Sedangkan lampu yang akan diinstal hanya menggunakan 2 kabel saja. warna apa yang saya pilih ?

    • @swiguna’
      saya sepakat dngn penjelasan pk sbaskoro, sebaiknya kita mengikuti standar yang ada tetapi klo kabel2 yang mas swiguna telah terpasang dengan instalasi jadi mesti di cek kembali yang mana fasa,netral maupun ground. anda bisa menggunakan tespen dan klo mau akurat pakai voltmeter.

  14. @swiguna,
    banyak sekali jenis kabel yang ada di pasaran. Yang terpenting adalah mengikuti standar untuk instalasi rumah (bukan untuk yag dihubungkan ke peralatan). Ini untuk memudahkan sewaktu kita trouble-shooting sewaktu ada permasalahan.
    Apakah kabel yang Anda maksud sudah terhubung ke instalasi/jala-jal listrik yang ada? Kalau sudah, perlu di cek kabel warna apa tehubung ke netral dan warna apa yang terhubung ke stroom/api/inti fase.
    Kalau belum, bisa Anda pakai warna hitam sebagai netral dan merah sebagai inti fase.

  15. Mo nanya pak, 1. gimana ground yg baik(mungkin penghitunganya) untuk ups komputer. 2. saat menggunakan voip kadang derau/noise sangat jelas, kadang terdengar seperti suara radio, apakah ada hubungannya dengan ground pada modem yang tidak terpasang ?. trima kasih.

  16. pak..mau tanya..kalo kabel toefur itu apa ya pak?

  17. Yutika,
    sampai sekarang saya belum menemukan apa itu kabel toefur itu. Mungkin tahu dipakai untuk apa kabel ini?

  18. pak saya mau tanya, kabel yang di gunakan untuk lampu penyeberamgan dan trafik ligh kabel apa ya pak??

  19. kalau boleh mau nanya nih?
    untuk rumah baru, instalasinya memakai kabel ukuran berapa. ada yg bilang 1,5mm sudah aman, tapi saya lihat yg dari PLN 2,5mm. gimana biar aman?
    misal untuk kulkas, mesin cuci dan komputer?

  20. gitpur,
    pada umumnya 1,5 mm biasanya untuk daya sekitar 1.500VA dan 2,5 mm untuk daya sekitar 2.500VA. ini daya total untuk keseluruhan (satu rumah).

    • mengikuti perkembangan zaman, banyak peralatan-peralatan elektronik. daya 450 VA seakan tidak cukup. secara teori semakin besar beban (Peralatan listrik) maka penghantarnya harus besar pula, jadi klo yang anda maksud kabel induk 1,5 mm, ya ga sesuai standar. minimal 2,5 mm. klo ga salah begitu yang sy pernah baca di PUIL maupun SPLN

  21. pak mau nanya…
    saya masih bingung bedanya ground dengan netral…

    kalau di lihat di instalasi rumah, kan biasanya ada fasa, netral, dan ground….
    nah bedanya di mana???
    Apakah hanya fungsinya???

    kemudian jika instalasi di rumah tidak ada ground apakah bisa???

    • @erto
      ground adalah kabel pngaman untuk manusia maupun peralatan sedangkn netral adalah kabel negatif untuk siklus AC ( bolak-balik ) yang bekerja bersama dengan fasa. instlasi listrik tanpa netral ( hanya fasa) maka peralatan tidak bisa hidup tetapi jika tanpa ground listrik tetap bisa hidup. sistem PLN adalah PNP ( pembumian netral pengaman) dimana netral dan ground sama-sama di tanahkan. mgkn begitu tambahan saya

  22. erto,
    secara sederhana fasa dan netral di arus AC, seperti halnya positif and negatif di arus DC. Jadi fasa dan netral harus terhubung ke peralatan listrik.
    Sedangkan ground (pembunian) adalah fungsinya sebagai pengaman untuk membuang arus induksi. Apabila ada arus induksi, kita akan terasa kesengat listik (kesetrum). Contohnya adalah ketika kita memegang body lemari es, kadang terasa kesetrum, hal ini karena tidak adanya pembumian atau pembumian yang kurang bagus.

  23. kabel sekrg ini memang bermanfaat guna mencegah terjadinya kebakaran yang diakibatkan oleh kurang baiknya jenis penghantar yang kian marak di lapangan/konsumen….

  24. mediator , bagi yg berminat beli besi tembaga dapat hub saya irwan / mediator : 0411-2353235
    * Lokasi makassar.
    *jumlah tembaga : 1100 ton
    *Harga : harga tertinggi \
    *sistem pembayaran : di makassar
    trims.

  25. pak apa bedanya pelajaran listrk industri dgn instalasi listik

    • karena saya pnah kuliah di jurusan tek listrik jdi sy coba jawab .he.he..Listrik industri biasanya membahas mngenai motor-motor listrik, generator, PLC, rangkaian kontrol n pengendali .sedangkn instalasi listrik hanya mngenai instalsi rumah,gedung, kabel2 standar dll

  26. Pak, saya akan memasang instalasi fire alarm, pada spesifikasi dikatakan menggunakan kabel toefur 7C x 1.5 mm2.

    saya mau tanya kabel toefur yang dimaksud, kabel apa ya pak?

    Thanks

  27. aan,
    saya nggak menemukan apa itu kabel toefur 7C x 1.5 mm2.
    Mungkin untuk type kabel yang dipakai utk fire alarm utk jelasnya bisa dilihat di:
    http://cableorganizer.com/cables/fire-alarm-cables.htm
    http://www.hometech.com/security/smoke.html

  28. permisi pak mau ikut nyoret2 nih
    pa mau tanya nih,boleh kan?
    grounding itu ga nyatu dengan netral ya?
    kalau pasang nya di satuin ama netral terus di tanem juga di bumi gi mana pak?
    ada fungsi nya gak nih ground nya?atau netral nya?
    kedalaman berapa meter nih cara nanem ground ? iya udah segitu aja dulu pertanyaan nya, di tunggu jawaban nya pak,
    terima kasih pak,

    by awi

  29. Pak mau tanya…
    Instalasi perumahan menggunakan kabel tanam
    Total daya listrik 15000 watt (untuk 11 rumah)
    Jenis kabel dan ukurannya berapa yang dipilih?
    terima kasih

  30. Pak mau tnya..
    arti/kepanjangan dari NYA pada kabel NYA itu apa ?
    terimakasih.

  31. mw nany pak apa perbedaan isolasi dan osilasi, n pa ja bhan2 isolator. apa juga pengertian osilator

  32. Saya mau tanya
    Tentang semua Jenis Kabel yang digunakan untuk instalasi listrik, baik untuk jaringa maupun instalasi rumah lengkap????

    Terima Kasih Sebelumnya

  33. Mohammad,
    wah sorry saya nggak bisa bantu yang ini. Bisa di check di website pabrik kabel yang pernah saya cantumkan dulu.

  34. @ari,
    isolasi adalah material untuk melindungi agar kabel tidak terjadi hubungan singkat dan juga untuk keamanan.
    Sedangkan osilasi adalah semacam kejadian yang berulang-ulang, seperti misalnya getaran pegas. Dalam electronika biasanya ini berhubungan dengan alat penghasil sinyal listrik baik berbentuk sinus atau square (persegi) yang disebut osilator.
    Jadi jaush sekali pengertian antara isolasi dan osilasi.

  35. Aku mau tanya nyari data tentang tipe-tipe kabel (seperti diameter, KHA) dimana ya?
    da yang bisa bantu

    • cari di PUIL ato SPLN

  36. pak knapa gag dijelasin beda kabel tembaga ama srabut???

    • JUunk_ndaa
      mas ju unk, kabel tembaga ma kabel serabut itu lain jenis, klo mau di bedain kabel tembaga ma kabel aluminium ato kabel serabut ma kabl tunggal. klo kabel tembaga daya hantarnya baik di banding aluminium tapi harganya mahal, sedangkn kabel serabut adlah kabel yang memiliki banyak inti. penggunaan kabel serabut dan tunggal memiliki fungsi masing2. kalau anda kurang jelas silahkan browing cari tentang kabel2 listrik.trims

  37. pak apa itu nomenklatur kabel, kalau ada tolong kirim ya.. seelumnya terima kasih

  38. pagi bapak2,

    menarik sekali baca tentang instalasi2 di atas.
    just fyi, buat rekan2 yang ingin purchase kabel (electric, power, communication,Fiber Optik dll) bisa saya bantu. Thx

    • kantor saya menyediakan jasa listrik untuk industri dan butuh kabel-kabel yang kadang2 agak susah tuk di carinya, mohon email ke saya alamat toko dan no hp yg bsa di hubungi ke akbar.admteknik@gmail.com

      terima kasih

      Chalik

  39. Pak, boleh tanya?
    Kami ingin tahu batasan masa pakai untuk kabel NYY. Mohon ditunjukkan referensinya juga jika ada. Sebelumnya kami ucapkan terima kasih.

    Joko & Heru.

  40. Mau tanya pak kalau ada kabel NYY 4 X 6 itu artinya apa ya pak, maklum orang awam bukan dari kelistrikan

  41. pak saya mau tanya…kabel thermocouple itu apa ya? thanx pak

  42. bapak, bisa disharing alamat untuk download PUIL 2000?
    terus terang saya kesulitan untk download di SNI. trims bapak infonya

  43. haris,
    kabel NYY 4×6 itu artinya kabel dengan 4 inti yang masing-masing inti berpenampang 6 mm2. Bisa dilihat di sini http://www.gamakabel.com/prod14.htm

    puji astuti,
    kable thermocouple adalah sensor panas yang terdiri dua kawat berbeda material. Akurasinya kurang bagus untuk temperatur rendah, karena itu aplikasinya di industri yang memakai panas tinggi. Seperti di pabrik pengecoran besi dll. Lihat referensi di sini :
    http://www.omega.com/prodinfo/thermocouplewire.html
    http://en.wikipedia.org/wiki/Thermocouple

    aan waee,
    kable nomenklatur, maksdunya adalah tata cara pengkodean kabel.

    Juunk,
    Cable tembaga yang saya maksud adalah yang pejal/solid, sedangkan serabut adalah stranded kabel. Kabel serabut biasanya lebih fleksibel (mudah dibentuk) daripada kabel pejal.

    Joko,
    saya coba cari tapi nggak ketemu. Tapi saya pernah baca minimum instalasi rumah perlu check 10 tahun sekali. Coba check disini:

    Klik untuk mengakses 3_fold_guide_periodic_inspection.pdf

    ifhan,
    Apakah ini yang kamu maksud? Lihat:
    http://www.geocities.com/dtmcbride/home_garden/wire.html#lowvoltage

    rahardi,
    Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) 2000 kelihatannya harus beli bukunya. Saya coba cari untuk download nggak ketemu.

    Maaf kalau baru bisa jawab sekarang. Forecasting time, ditambah crisis time, banyak yang harus dikerjakan.

  44. Pak saya mau tanya standart kode warna dari puil? Makasih ya pak

  45. Pak saya mau tanya kode warna standart dari PUIL. Makasih ya pak

  46. kebetulan lagi surfing di net, nemu blog listrik.

    ***Tentang kabel toefoer alias betawinya “kabel TUPUR”, setau saya org pln biasa bilang : kabel penghubung dari meteran ke MCB. Rata2 orang pake tipe kabel NYY.

    Untuk kabel yang bagus yakni kemurnian tembaga 99.99% dan PVC kualitas nomor 1 rata2 merk 5 besar nasional (Jembo [jembo tbk], Supreme [sucaco], Metal [gt kabel], lindo [kabelindo murni]
    , tranka [tranka kabel].
    Spek dari kelima merk kabel tsb hampir sama (SNI, SPLN, IEC).

    kebetulan itu produk utama perusahaan saya.
    http://sites.google.com/site/mkecables
    http://www.mke-cables.com

    Kalo untuk rumah, biasanya rumah2 mewah, rumah pejabat, karena merk kabel tsb dijamin 5 th oleh pabrik-nya. Anda beli dr saya, kalau smp ada yg meledak krn kabel, ada tim pabrik lgs ke lapangan.
    pvc meleleh, kembalikan lgs, saya buat ‘retur’ ke pabrik, penggantian lgs 1 to 1. (Dalam setahun saya jualan (2008) hanya ada 2 retur ke pabrik.)

    Kalo cuman standar SPLN doang, ada eterna, federal, citra, dll…

    ***sekedar tambahan (penggunaan umum untuk awam)

    NYFGbY = khusus buat ditanam langsung dlm tanah maupun tembok padat karena ada pelindung mekanis “steel wire armor”.
    NYA = kabel berinti tunggal – rata2 pake utk grounding / alternatif dari kabel telanjang {BCC : Bare Copper Conductor}
    NYAF = Berinti tunggal Serabut , sama kaya’ NYA hanya struktur tembaganya dipilin serabut tembaga. lebih mahal sedikit dari NYA karena kualitasnya lebih bagus.
    NYY = Kabel power umum utk jaringan listrik (tupur / pengumpan), pemakaian tdk utk ditanam (hanya outdoor). Size Paling besar s/d 630mm2.
    NYM = rata2 utk aplikasi ke outlet tegangan rendah spt lampu, komputer, tv, radio, dll.

    salam 2009. hilmy rachman hasanuddin

  47. Salam kenal pa.
    pa saya masang installasi listrik dengan daya 10A pada meter luar(instalasi rumah).
    yang saya tanyakan berapa sebaiknya daya MCB yang saya pasang pada installasi bagian dalam & berapa buah? ( alat-alat rumah tangga)
    apakah bagus kalu saya menggunakan MCB dengan kapasitas yang sama dgn istalasi luar ( 10A X 2)?
    Terimakasih sebelumnya?

    • ^^Agus:
      10 A berarti 2200 VA, berarti anda bisa bagi jadi 4 group dmna grup 1-3 masing2 2 A sedangkan grup 4 = 4 A atau klo mau di bagi 3 bleh jadi 4A+4A+2A= 10 A.
      tetapi ini juga harus di dukung instalasi listrik anda. trims

    • saran saya, seluruh pembagian jalur pengunan , amannya, NCB nya di bagi sesuai pengunan saja mbk. contohnya yang sering dibedakan NCB untuk ac atau kulkas, lebih amannya, NCB nya bi bedakan saja. 08122577915

  48. pak salam kenal, mau tanya.. tipe kabel apa yg cocok untuk ditanam dalam cor (dak) sebab rumah kami baru lantai 1,rencananya mau dua lantai, jadi sementara rumah kami beratapkan dak/cor, maksud saya agar instalasi terlihat rapi dan aman, trima kasih atas jawabannya..

  49. siang pak
    maaf pak saya mau tanya kalau sambungan kabel dalam kotak sambung maksimalnya berapa sambungan dalam suatu instalasi,menurut PUIL.
    terimakasih

  50. siang ‘pa
    salm knal pak, mav ‘pa saya lagi cari kabel
    NYY 4×300=250 meter
    kalo boleh tahu type seperti itu dijual berapa atau bapak ad referensi buat saya supplier or pabrik pembuat…
    maksih..

  51. Salam kenal semuanya,

    Saya sudah mengenal istilah merk 5 besar nasional (sama seperti yang disebutkan pak Hilmy). Kira-2 ada yang tau tidak yang memberikan istilah 5 besar itu siapa? Kan semua produsen kabel pasti ingin disebut yang terbaik.

    Terus urutan terbaik sampai yang terburuk dari 5 besar itu gimana? Apakah Supreme, Jembo, Metal, Lindo, Tranka atau gimana?

    Terus istilah 10 besar itu ada tidak ya?

    Makasih atas informasinya.

  52. To. Pak Baskoro

    Terima kasih sudah memberikan media komunikasi ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

  53. ada yang tau ngak tentang sistem pembumian energi listrik dan buku yang berkaitan dengan pembumian tersebut

  54. pak mw tanya,….
    dlm sistem distribusi listrik ada yang namanya SR itu apa ya??trus,…sambungan mulai dari tiang sampai ke rumah itu peralatanya apa aj y?….
    tengkyu,…..

    • dani”
      SR itu singkatan dari sambungan Rumah, kabel yang biasa di pakai adalah kabel TC ( twisted cable) dan di pasang dengan yang namanya tap connector ( piercing connector) trus dari kabel itu langsng masuk deh.. ke APP ( Alat pengukur dan pembatas), mngkin begitu ya !!!

  55. pak maaf sy minta bantuannya,bgmana langkah pertama untuk belajar tentang intalasi listrik tanpa kursus,sedangkan sy gak ada basic sama skali soal arus besar ini.sbelumnya sy ucapkan trimakasih.

  56. berapa ukuran dan jenis kabel yang cocok untuk instalasi motor pompa air dirumah?

  57. Salam kenal Pak Baskoro.
    saya Agustinus, saya ingin memasang lampu tl untuk di toko setinggi 3m panjang 14m dan lebar 5m.yang menjadi pertanyaan saya adalah bagaimana memasang lampu tl tersebut supaya kelihatan terang dari luar.kira2 perlu berapa lampu tl 40watt, jarak antara 1 lampu tl dengan lampu tl yang lain berapa?

    Terima kasih atas perhatiannya

  58. met siang ikutan nimbrung nih, kalo untuk pompa air dirumah bisa dipakai kabel NYM 3 x 2,5 mm itu dah cukup, thanks ya

  59. PAK PENGERTIAN KABEL NYAF GIMANA PAK ???
    PENGGUNAANNYA DIMANA SJA,NOMEN KLATUR APA PAK???

  60. Pak Baskoro YTH,

    Mau tanya nih, kalau nyambung kabel dari rumah ke kandang ayam saya dengan jarak 300m, itu bagusnya pake kabel apa yah? kabel SR ? atau kabel tembaga (NYA/NYY)? soalnya saya nyambung pake SR sampai sekarang nggak nyala, kata tukangnya KWH nya masalah, tapi pas minta tolong chek ke orang yg tau listrik juga KWH nya gak ada masalah. Jadi binun.

    Thx

  61. blog walking pak..

    kebetulan ni lagi mo membangun rumah ukuran +/- 10x10m, kira – kira berapa daya listrik ideal yang nantinya harus saya pasang ? plus kabel standar yang harus saya pakai yang berapa mm..
    kalau saya boleh tahu email bapak, saya mo kirim gambar denah sebagai lampirannya..?

    trims sebelum dan sesudahnya bapak..

  62. Saya mau tanya apa perbedaan kabel tunggal dan serabut
    terima kasih

  63. Saya mo tanya pak.
    ada gk referensi web site produsen kabel 5 besar tsb buat melihat spesifikasinya? dan kalo ada referensi produsen kabel eterna?
    Terimakasih.

  64. mlm pak apakah arti kabel kelistrikan dalam suatu mobil

  65. Pak, saya mau tanya tentang kable NYY dan kable NYYHY. Di tempat saya akan dipasang 2 unit pompa dengan kapasitas 7.5kW, dan dipasang bersamaan. Kabel mana yang sebaiknya saya pasang agar pompa bisa jalan? NYY atau NYYHY? thanks.

  66. Pak maaf mau nanya, saya kan berencana menambah daya listrik dari 450 watt ke 1300 watt. masalahnya di rumah kabel yang dipakai jenis NYM 2 x 1,5 mm. Kira-kira kuat ga pak kabel tersebut kalau dialiri daya 1300 watt. terima kasih.

  67. Cobalah metoda belajar dari yang terbaik.

    Untuk bidang instalasi listrik: Schneider Electric – Electrical installation guide 2009.

    Untuk agama Islam: dengarkan alquraan dan hadis melalui radio am 756 khz rodja dan kunjungi http://www.almanhaj.or.id.

    Insyaaa Allah bermanfaat.

  68. pak…mau nanya nih…..soalnya butuh buat skripsi :
    Apa bedanya kabel dengan konduktor berinti tunggal dengan kabel yang berinti serabut?penggunaannya…serta kekurangan dan kelebihan masing-masing?
    mohon petunjuknya…..

  69. Saya punya masalah saat saya mengerjakan instalasi dengan teganagn 3 phase, permasalahannya adalah tegangn Netral terhadap grounding sanagt besar sekali mencapai 10VAC sedangkan normalnya 0 s/d 1 VAC, gimana solusinya pak, thanks sebelumnya

  70. pak Bas, mo nanya, saya mo instalasi listrik di rumah namun kabel yg sudah saya beli adalah kabel NYA 2×2,5 mm(Hitam & Biru), soalnya disuatu rumah terdapat bbrp colokan lalu saya buka, ternyata hanya ada dua kabel yg sama warna. Setibanya dio rumah, ternya ada 3 kabel dari KwH meter yaitu warna Hitam, Biru dan hitamkuning. Dan saya jadi kebingungan. Mohon bantuan pak Bas.
    1. kenapa warna Biru yg nyala oleh tespen
    2. apakah ARDEnya mo dibelikan kabel lagi atau gimana pak Bas. Klo dibelikan, kabel warna apa dan ukuran brp serta disambung kemana. Soalnya colokan hanya ada dua lubang.
    Sebelum dan sesudahnya saya haturkan banyak terima kasih dan GBU

    salam hormat saya,
    hadika

  71. pa jenis kabel bnga ada pa tida???

  72. yaw

    hehehehe bisa jelasin yang lebih lengkap tentang penamaan kabel kabel to biar lebih jelas lagi

  73. makasih inponya,,,bermanfaat bagi saya dan org lain…….
    lumayan kalo saya ulangan ttg kabel bs belajar disini,,,

  74. pak mau tanya untuk rumah dengan daya 3500 w idealnya menggunakan kabel ukuran berapa? ukuran 3x 2,5 mm cukup tidak? trims mohon informasinya

  75. Boleh ikut posting????

    menurut yang saya pelajari luas penampang kawat minimal yg digunakan dalam 1fasa ad rumusnya :

    A >= 2LIcosphi/rho x myu (m kwadrat)
    L = jarak beban
    rho= hambat jenis tembaga
    myu= jatuh tegangan yg di izinkan (%)

    maaf ya kalau nulis rumusnya gak jelaz. heheheheheh
    semoga membantu

  76. pak saya mau tanya.
    1. jelaskan pengertian kabel ?
    2. sebtkan jenis-jenis kabel dan fungsi dr jenis” kabel itu apa saja ? ( NYA, NGA, NYM, NYY, NYMHY)

  77. Pak, saya ada tiga pertanyaan 1. klo listrik 7700VA, harus pake MCB 35 atau 40A y di kwh meternya,,2. perlu ga ya MCB itu dipasang lagi di panel rumah sebelum kwh meter,,jadi ada dua MCB yang sama…dan 3.MCB-MCB pada panel rumah klo dijumlhakan semua, apakah harus sama atau lebih kecil daripada MCB yang ada pada kwh meter…terimakasih Pak atas jawabnnya,,smoga sukses slalu y..

  78. Pak saya mau tanya…apa singkatan dari kode kabel misalnya pada kabel NYM, N itu apa Y itu apa dan M itu apa ? dan ada gak alamat situs web yang menjelaskan tentang arti kode dari kabel tersebut ? terima kasih atas jawabannya….

  79. siang pa’
    saya mau tanya, apakah ada standar yang mengatur mengenai besar temperatur kabel instalasi gedung, atau korelasi antara temperatur dengan gangguan pada instalasi..
    mohon bantuannya trims.

  80. Ada yang tahu kepanjangan dari NYA, NYM, NYV. Trima kasih atas keterangan anda.

  81. […] 2. Tipe kabel untuk instalasi rumah […]

  82. Saya mau Pasang DC PDP dimana MCB menggunakan 63A untuk Kabel supaya aman dan tidak terlalu lebih pakai berpa mm2 mohon petunjuk

  83. pa apa si arti hurup R S T pada listrik 3 fase berasal dari kata apa? terima kasih atas jawabanya.

    • R untuk fasa R (biasanya kabel warna merah atau strip 1)
      S untuk fasa S (biasanya kabel warna kuning atau strip 2)
      T untuk fasa T (biasanya kabel warna hitam atau strip 3)

  84. saya cuma mau meluruskan saja, ada beberapa pertanyaan yg bsa sedikit saya jelaskan !
    begini ada beberapa penanya tentang apa itu kabel teofur mungkin maksud anda adalah tufur / kabel saluraan utama yaitu :
    kabel yg akan menyalurkan listrik dr kwh meter ke instalasi anda ! dimn menurut puil diameternya min harus 4×4 mm.
    mungkin ini yg bsa saya bantu

  85. Pa baskoro saya mau berencana mau membanguna rumah dengan listrik 1300 watt dan karena ragu saya baru beli kabel merk et*rn* uk. 3 x 2,5 tunggal apakah itu cukup atau bagus yang pakai uk. 3 x 1,5 atau 2 x 1,5

    terimakasih

    • kalau instalasi di rumah anda hnya menggunakan daya 1300 watt/6 A,anda cukup menggunakan kabel ukuran 1,5 mm.kalau anda menggunakan daya 2.500 barulah anda menggunakan kabel ukuran 2,5 mm.

  86. kabel tupur ^_^ itu kabel utama, baik itu dari gardu ke panel..atw dari panel ke panel..(main cable)istilah kerennya!!!klo masih keliru dengan senang hati bisa di revisi..tks

  87. kabel diameter 53,3mm kira2 kabelnya yg ukuran brp ya pak..mohon penjelasan..
    Thanks

  88. pak, saya mau nanya..
    maksudnya kabel NYA, NYY, NYM, NYAF, dan lain-lain thu pa ya pak???
    kepanjangan dari masing2 kabel thu pa ya pak???
    ada gk???

    kal PVC thu kepanjangannya apa pak???
    thanks…

  89. aslm.pak saya mau tanya ada ngak syarat-syarat bagi instalasi listrik yang siap digunakan untuk sistem Power line comunication.
    soalnya saya mengambil Poroyek akhir Power line comunication. terima kasih atas info dan atrivle yang bapak posing,,

  90. kalo ac 320watt punya product cina seprti changhong bisa ga ya digunakan pada listrik 450watt?

  91. Pak, salam kenal, blog ini sangat bermanfaat sekali, saya mw tanya:
    Tabel ukuran core kabel (NYY dan N2XSY) dan kapasitas amperenya ?

  92. oke,i like this, banget

  93. pak, bagaimna kalau kabel ground dan nol d pasang secara bersama apa boleh??? trus kedalaman’ berapa meter..

  94. top infonya bosss

  95. Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih atas informasinya.
    saya mau tanya nich pak. Kalau MCB sering mati / Jeglek itu yang salah apanya ya? padahal sudah di tambah daya listrinya,
    dan kalau yang terjadi pada sekreng itu apa sekrengnya yang kurang bagus?
    sebelumnya terimakasih atas jawabannya.

  96. berapah harga kabel listrik NYY 4 x 6 ????

  97. pak aku mau na nya untuk merek mcb yang bagus apa ya… trima kasih atas bantuan nya

  98. bpk sy mau tanya, apa standart warna kabel RST dan ground?

    • @ Bima
      menurut PUIL ( Persyaratan Umum Instalasi Listrik )kabel untuk Fasa R (merah ) S (kuning) T (hitam) dan Netral (hijau/kuning)

      • maaf di Ralat maksud saya bukan Netral tpi ground = hijau kuning

  99. Pak,mau ikut nanya nih.apakah kabel tanah yang di pasang ke kwh meter oleh PLN (kabel warna biru,hitam,kuning dan kuning hijau )apabila ada kerusakan/kebocoran untuk penggantiannya dibebankan ke konsumen.
    Kabel tanah yg kerumah sy ada kerusakan yaitu kabel yg berwarna hitm dan kuning ,dan sekarang yg di pasang ke kwh meter hanya yg warna biru dan kuning hijau(apakah ini berbahaya?) ,itu dilakukan PLN untuk sementara agar listrik nyala.Dan harus diganti dgn kabel baru yg harus di kerjakan oleh kontraktor PLN tetapi biaya menjadi tanggung jawab konsumen.Mohon masukan dr bapak, tks

  100. Mohon bantuan pak Bas,
    Apakah njenengan punya tabel ukuran kabel seperti NYA, NYM, NYY dsb. Kalau ada bolehlah kiranya saya dikirimi via e-mail.
    Maturnuwun ….
    Salam untuk keluarga di Almaty …

  101. Saya sdg mencari kabel 3 phase luas penampang masing2 kabel 35mm2 tahan panas, oil resistan, flexible,rubber isolation, lapisan tengahnya diisi dengan dakron. Digunakan power supply welding dengan robot.
    Tolong bantu saya untuk mendapatkannya, serta minta No Tlp,Hp, dan Alamat lengkap Bapak.
    Salam,

  102. Pak nanya nih… kabel listrik yang dipakai selama ini oleh PLN untuk instalasi rumah, itu kekuatannya berapa lama. Dan kapan konsumen hrs mengganti kabel…

    • biasanya pengantian kabel bisa 6 sampai 7 tahun. tergantung ukuran tipe kabelnya dan keadan kabelnya sudah menjamur atau belum. 08122577915

  103. Pak bas saya mau nanya,
    dimana saya bisa dapat buku jenis jenis kabel dan kekuatan penampangnya??………
    kalau bapak punya tolong kirim via e- mail saya
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih…

    • coba lihat di PUIL

  104. Pak Bas mohon infonya merk kabel apasaja yang diperbolehkan Konsuil, walaupun SNI katanya Konsuil tidak semua kable SNI boleh dipasang.. harus merk ini..dan ini.. terimakasih sebelum nya.. tolong sekalian kirim via email saya…

  105. pak saya mau tanya untuk urutan warna inti kabel itu apa apa saja pak.?

  106. […] adalah kutipan yang saya dapat dari blog Pak Baskoro. Semoga bermanfaat. Kabel instalasi rumah yang dipakai adalah jenis kawat tembaga, bukan kabel […]

  107. gimana sistem kerja dari listrik yang pra bayar…
    tolong di jelasin

  108. saya mau buka toko listrik dipondok gede bekasi.ada yg bisa suply gak.
    bambang
    email,indodayapersada@ymail.com

  109. mau nanya mesin pompa air dg satu kabel fasa dr rumah tetapi negatif nya dr tanah berpengaruh gak dg meteran.

  110. pak kalau untuk alat alat yang dipergunakan dalam pemasangan kabel tanah apa saja pak ? mohon bantuannya….

  111. takel itu apa pak dan kalau boleh saya tahu ada nda situs yang menunjukan mengenai gambar takel

  112. pAK

  113. pak ,.,. saya da tugass ne pakk ,.,., kebell yang biasa si pakai untuk bangunan bertingkatt pa ya pak

  114. pak mau nanya kalo ukuran standar buat kabel tanam berapa?trim

  115. Mau tanya..
    di atap rumah kan ada sambungan kabel yang pakai T-DUS,
    ada g sih yang lebih bagus n simple selain T-dus,ga perlu sosali-solasian karena gampang copot. karena atap rumah saya kabelnya seperti acak2an ga jjelas, jadi saya mau partisi ulang.
    Kalo ada alatnya, nama nya apa n tolong di kirim bentuk/gambarnya seperti apa.
    thx b4.

  116. mas mo tany klo kabel eterna ukuran 3×2,5 2×1,5 bisa ga saya pasang tanpa pakai pipa langsung iku dlm cor coran?

  117. salam sukses…maaf pak…mau nanya…saya punya kabel NYM 2 x 2,5 etena…sebanyak 200m, dan sudah digunakan hampir setahun untuk sambungan ke 2 trafo pengelasan yang masing 1600 watt…saya berencana menggunakan separuhnya untuk menjadi kabel instalasi lampu…APAKAH MASIH BISA DIGUNAKAN ?

  118. pak mau tanya,
    apakah ada peraturan dr LMK, SNI, IEC atau yg lainya yg menjadi panduan PLN, dlm hal ini mengatur mslh umur instalasi utk rumah, gedung / pabrik di himbau untuk di ganti.
    terima kasih.

  119. pak ,mu nanya bagimana pembagian listrik 3 fasa 10600watt untuk kemasing masing bebannya?
    5 ac ,16 pc, 9 printer ,1 mesin potocopy,20 lampu.
    terimakasih sebelumnya

  120. mau tanya kalau kabel NYY dia 4 x 6 mm diameter luarnya berapa ya?

  121. pak mau tanya,,,pak kalo kabel yang tiga phase standartnya berapa aja ya pak????type dan ukrannya ada apa ja ya pak???trimzz

  122. pak saya mau nanya nie….sy mau pasang instalasi listrik dirumah sy yg baru dibangun….nah kebetulan daya ditambahkan jadi 1300 VA ,kira2 bagusnya sy bagi menjadi berapa group (atau berapa MCB) ? 2 atau 3 group ? dan tiap MCB jika dibagi menjadi 3 group kira2 tiap MCB nya kena berapa ampere ? mohon penjelasan nya….

    • kl boleh ngasih saran mas,,,bagusnya di bagi 3.hitunganya.1300 dibagi 220.kenanya sekitar 5A.mas pasang aja 6 amperan 3.buat lampu2 1.buat stop kontak/colokan 1.khusus getpam 1.saya rasa cukup aman.buat instalasi gunakan kabel NYM 3 x 2,5mm.sangat standar.

  123. mo nanya nie ….emmm kalau daya max untuk kabel NYY 2 x 2,5 , apa sudah cukup untuk menyuplai lampu kolam renang dengan daya 300 w , jarak trafo ke lampu 15 m trafo output 12v makasih banget buat jawabannya

  124. semua info tentang kabel dan kegunaan nya bisa didapat di mana ya makasih

  125. pak saya minta daftar.ukuran kabel NYM dan kuat berapa amper.terimakasih

  126. dari 1,5mm sampai 70mm saja pak.plus kuat berapa ampernya ya pak..terimakasih

  127. pak maaf mau nanya kenapa listrik dikantor saya mcbnya selalu turun kalau musim panas sedangkan kalau musim hujan tidak trims

    • lihat dolo beban yang kamu pakai
      bisa aja musim panas kamu pake beban tinggi
      misal ac 4 biji 3 pk mcb baru 32 A pasti loncat

  128. Maaf mengganggu,
    saya mau tanya pak…
    kabel nya 1,5 dan 2,5 mm itu bisa dilewati arus berapa ampere?
    kalau ada tabelnya tolong kasi tau situsnya…
    Terimakasih,

  129. Law tegangan hampir 200kvA dan menggunakan nfb 100 A ,ukuran kabel jenis nyy ideal nya ukuran berapa mm …untuk tegangan 3 pase ..

    • 4x 35 mili

  130. pak, saya mau tanya cari di mana ya untuk mendapatkan kabel nyy 2x4Cx150mm2 soalnya saya cari di mana-mana hanya ada seri nyy 2x4x150mm2

  131. assalam mu’alaikum wr.wb,salam kenal pak dengan putra madura saya mohon petunjuk untuk penggunaan kabel litrik untuk instalasi rumah kabel yang ber “MERK” apa menurut panjennengan yang kwalitasnya terjamin dan terbaik?trim’s info dan bantuannya.

  132. boleh tidak kabel telkom di pakai buat kabel listrik di rumah tegangan 220~240 v. mksh sblumnya ?

  133. pak mo nanya, kalau instalasi rumah pakai kabel nym 3×4 mm apa kerugiannya…?

    • maaf.kok pakai kabel ukuran 3×4 ????. emangnya mau dipakai unuk instalasi jaringan rumahtanga atau pabrik???

  134. apa arti kode ‘Y’ pada kabel listrik atas panjelasan y trimaksih

  135. […] Tipe kabel untuk instalasi rumah | Berbagi untuk kemajuan … […]

  136. […] S. 2008. Tipe Kabel Untuk Instalasi Rumah. Diakses dari https://sbaskoro.wordpress.com/2008/01/28/tipe-kabel-untuk-instalasi-rumah, pada tanggal 28 Februari 2014 pukul […]

  137. Thank you, I have just been searching for info about this subject for a long time and yours is the greatest I’ve found out so far. However, what about the bottom line? Are you positive concerning the supply? edefkegfccgb

  138. […] S. 2008. Tipe Kabel Untuk Instalasi Rumah. Diakses darihttps://sbaskoro.wordpress.com/2008/01/28/tipe-kabel-untuk-instalasi-rumah, pada tanggal 28 Februari 2014 pukul […]

  139. mohon informasi mengenai LMK dalam kelistrikan

  140. saya yakin kalo PLN kususnya di kudus lagi mencari solusi yang baik untuk calon pelangan 08122577915 terimakasih pln

  141. Salam hormat pak bas…
    Sy mau konsultasi pak…
    Kemarin sy baru pasang 2 ac uk. 3/4 pk dgn daya 550 watt…
    Sama tukang ac… Instalasi listriknya di pasang dengan kabel eterna 2 x 1,5… Pakai NCB 1 buah ukuran 10C (merlin gerin)… Dari NCB pakai 1 kabel 2×1,5 tsb sampai di atas plafond… Lalu di atas plafon di buat pararel untuk masing masing disambung dengan 2 AC dengan ukuran kabel 2×1,5 tsb…
    Pertanyaan saya…
    Apakah kabel 2×1,5 tsb kuat/tidak panas/tdk menimbulkan api… khususnya kabel dari NCB ke sambungan pararel… apabila 2 AC tsb menyala 24 jam penuh selama beberapa hari (bila anak2 libur AC bisa nyala terus)…
    Terima kasih pak… Kami sangat menunggu jawaban dari pak bas.

    • Oh ya pak… Ada yang terlupa… Jadi beban listrik terhadap kabel eterna 2×1,5 tersebut dengan 2 AC 3/4 pk adalah 2×550 watt = 1100 watt.

  142. pak, kira2 instalasi dirumah : khusus untuk aliran stopkontak kita gunakan kabel NYA 2.5 dibuat satu aliran menggunakan MCB, pkoknya semua stop kontak dirumah menggunakan NYA 2.5 dibikin satu aliran MCB untuk stop kontak aja. kemudian untuk saklar n lampu menggunakan kabel NYA 1.5 dan dibikin satu aliran MCB khusus untuk saklar n lampu aja, gmana pak apa aman..? trimakasih atas jawabannya,…

  143. saya mau tanya pak, untuk kabel BC atau arde apakah harus ber SNI, karena khan dia hanya tembaga polos tanpa PVC, sehingga kita konsumen tidak tahu apakah produk tersebut ber SNI atau Tidak. terima kasih..

  144. bisa ada yang bantu saya kah…
    harga jasa tanam kabel nym GBY itu sekita berapa ya per meter nya?
    diluar pekerjaan tehnik sipil…
    thanks

  145. Pak mau nanya, kalau kabel 4×6 mm artinya ada 4 inti/core dengan ukuran masing masing 6 M.
    Bagaiman dengan
    N2XSY 3 x 1 x 50 mm2
    NYY 2( 4 X 1 X 185 mm2)
    Maksudnya apa ya?
    Maaf, saya orang awam


Tinggalkan komentar

Kategori